Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Istilah Pertambangan Batubara Yang Wajib Tau Agar Tidak Gagal Paham

Istilah pertambangan merupakan hal yang akhir-akhir ini sering dicari oleh banyak orang karena kemarin viral harga tambang batubara telah naik kembali, mungkin juga Anda salah satu yang mencarinya. Bagi yang kesehariaannya berada di pertambangan mungkin istilah-istilah pertambangan sudah hafal diluar kepala.

Namun untuk mereka yang mau mendaftarkan diri kedalam proyek pertambangan khususnya batubara wajib menghafalkannya karena pada saat tes, biasanya si HRD akan mengetes calon pekerja pekerja dengan memberikan pertanyaan tentang istilah yang ada di pertambangan.

Istilah Pertambangan Batubara
Pertambangan Batubara

1001 Istilah Pertambangan Batubara Yang Harus Kamu Tau


Istilah pertambangan sebenarnya banyak sekali dan susah dihafal karena sebagian menggunakan bahasa Inggris. Namun, jika kita terus berlatih menghafal dan sering mempergunakannya pasti lama kelamaan akan terbiasa dan hafal.


Berikut kami sajikan untuk  Anda beberapa Istilah Pertambangan yang sering dipergunakan diarea tambang: 

1. OB

Istilah pertambangan yang pertama adalah OB ( Over burden ) artinya bukan Ofice Boy loh ya,he. Namun, Overburden adalah suatu lapisan tanah penutup yang menghalangi maretial tambang, lapisan ini yang menutupi bahan galian, biasanya lapisan ini terdiri dari : Top Soil, Sub Soil dan lapisan tanah inti dari galian tambang tersebut.


2. Top Soil

Top Soil adalah istilah pertambangan yang artinya suatu lapisan tanah yang berada dipermukaan. Top Soil ini biasanya terdiri banyak jenis namun yang sering dijumpai dalam pertambangan yaitu jenis humus yang  memiliki ketebalan sekitar 1-1.5 m atau bahkan lebih hal ini tergantung letak geografis perttambangan batubara itu berada.


3. Sub Soil

Sub Soil merupakan istilah pertambangan yang bermakna lapisan pada tanah yang berada diantara top soil dan overburden (lapisan tanah paling inti). 


4. Clay

Clay dalam bahasa inggris bermakna tanah lempung, dipertambangan juga kata ini sering muncul pada saat penggalian.


5. Sandstone

Sand stone adalah batu pasir.


6. Mud

Mud yaitu lumpur.


7. IB (Inter burden)

IB (Inter burden) merupakan suatu lapisan tanah penutup yang letaknya diantara dua lapisan batubara dan bahan galian.


8. BCM (Bank Cubic Meter)

BCM ( Bank Cubic Meter ) merupakan satuan meter kubik tanah insitu atau asli.


9. LCM ( Loose Cubic Meter )

LCM (Loose Cubic Meter) merupakan satuan meter dalam ukuran kubik pada tanah gembur.


10. PIT

PIT yaitu lokasi dimana pertambangan itu berada.


11. Ripping

Istilah pertambangan selanjutnya adalah Ripping yang artinya adalah penggaruan, Loosening material. Biasanya proses ini mengunakan alat Berat yang tugas ini dilakukan oleh OB.


12. Loading

Loading dalam istilah pertambangan artinya pemuatan. Yang di muat di sini yaitu OB atau Coal.


13. Hauling

Hauling yaitu pengangkutan. Pengangkutan ini menggunakan truk yang berjenis truck haul atau truck hauling dan muatan yang di angkut yaitu OB atau Coal.


14. Digging

Digging artinya penggalian.


15. Direct

Direct yaitu proses penggalian secara langsung tanpa di adanya ripping.


16. Front Loading

Front Loading yaitu tempat dimana titik lokasi pengambilan OB atau batubara siap untuk dimuat ke dalam Dump Truck atau alat haluing.


17. Disposal

Disposal yaitu sebuah lokasi yang dirancang dan direncanakan untuk di jadikan penampungan material buangan overburden dari tambang.


18. Frame

Frame Disposal yaitu suatu bagian diluar dari tiap level disposal. Fungsi Frame itu untuk meng-counter bagian tengah disposal.


19. Frame Seleksi Material

Frame Seleksi Material adalah istilah pertambanganyang artinya suatu proses pemilahan material yang akan di buang di disposal.


20. Land Clearing

Land Clearing yaitu proses pembersihan area yang menggunakan A2B dari semak belukar atau pohon – pohon yang berdiameter kecil sampai besar. Proses ini merupakan awal dari proses persiapan penambangan.


21. Produksi

Istilah ini sangat familiar bagi kita namun artinya berbeda pada istilah pertambangan. Di dunia pertambangan arti dari produksi yaitu hasil kerja unit persatuan waktu atau per shift/perhari/perbulan.


22. Productivity

Productivity yaitu sebuah kapasitas produksi unit satuan per jam.


23. Hauling Road

Hauling Road yaitu sebuah jalan untuk mengangkut OB dan Batubara. Jalurnya dari OB ke disposal, batubara ke port site.


24. Cycle Time

Cycle Time yaitu jumlah waktu yang diperlukan oleh suatu unit untuk melakukan satu siklus atau perputaran kerja.


25. SR (Strpping Ratio )

SR (Strpping Ratio ) rasio yang digunakan untuk menentukan hasil dari overburden dengan bahan galian seperti coal dan lainnya.

26. Daily Production Report

Daily Production Report yaitu sebuah laporan harian yang dikerjakan secara manual yang isinya pencapaian dari hasil kerja harian (weather condition, production, equipment performance, dan problem- problem).


Nah itu beberapa istilah pertambangan yang ada diarea pertambangan. Selanjutnya kita akan membahas istilah tentang batubaranya. Apa saja istilah yang terdapat di area pertambangan batubara? Berikut ini akan kami paparkan:


Istilah Tentang COAL atau Batubara


➤ Expose

Adalah suatu keadaan batubara yang telah terbuka dikarenakan proses pengupasan saat overburden, pengupasan ini bisa keatah atas maupun samping.


➤ Fines Coal pada batubara

Fines Coal pada batubara artinya batubaranya berukuran sangat kecil, ukuran ini dikarenakan oleh terjadinya penghancuran oleh suatu proses pada unit yang bekerja di atas lapisan batubara.


➤ Dirty Coal

Suatu keadaan yang telah tercampur oleh bahan lain maupun sisipan.


➤ Cleaning Coal

Cleaning Coal yaitu suatu kegiatan pembersihan permukaan pada lapisan batubara, mulai dari material  overburden, sisipan, dirty coal, fines coal dan material lain non batubara lainnya.


➤ Coal Getting

Coal Getting adalah suatu proses pengerukan batubara yang kemudian berpindah pada proses loading.


➤ Crusher Pada Batubara

Crusher adalah mesin yang rancang khusus untuk menghancurkan batubara agar berbentus sesuai kebutuhan pasar.


➤ ROM (Run of Mine )

ROM (Run of Mine ) yaitu tempat penyetokan batubara yang belum dimasukkan ke tempat crusher atau mesin penghancur batubara


➤ Spontaneous Combustion

Spontaneous Combustion adalah proses terbakarnya batubara baik dalam kondisi insitu atupun dalam stock ROM. Proses ini dikarenakan adanya kondisi yang lembab atau panas.


➤ Fine Coal

Fine Coal Trap ialah tempat untuk menampung dan memisahkan antara batubara yang halus dengan air.


➤ ROM Stockpiling

ROM Stockpiling ialah dimana batubara ditumpuk sedemikian rupa sesuai dengan bentuk dan kualitasnya.

➤ Dilusi Batubara

Dilusi batubara ialah batubara yang tercampur overburden atau kotoran benda asing.


➤ Inspeksi Kontaminasi

Inspeksi Kontaminasi artinya proses terencana untuk memeriksa alat produksi yang beraktivitas di batubara untuk memastikan bahwa unit tersebut bebas dari suatu kontaminan material yang non batubara yang terangkut bersamaan dengan batubara.


➤ Kontaminasi

Kontaminasi Adalah terbawanya material-material non batubara ke Crushing Plant.


➤ Inspeksi Awal

Inspeksi Awal adalah suatu inspeksi kontaminasi sebelum melakukan aktivitas yaitu pada awal shift atau unit yang  selesai perbaikan.


Berikut tadi istilah pertambangan batubara, untuk sahabat yang sedang dan ingin bekerja di batubara istilah di atas sebaiknya di hafal agar dalam bekerja sahabat tidak kebingungan dan untuk sahabat yang ingin bekerja di pertambangan batubara ini beberapa daftar perusahaan batubara di Indonesia (klik disini).

Semoga artikel ini bermanfaat untuk sahabat semua. Oiya, untuk sahabat yang ingin mencari tau tentang dunia proyek bisa klik disini ya. Eh siapa tau sahabat ingin juga bekerja di dunia proyek.

Salam Sukses

Terimakasih