Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Masuk Kerja Pertambangan !? Berikut Triknya

Untuk sahabat yang ingin bekerja di pertambangan sebaiknya simak artike ini agar tidak salah dalam menentukan pilihan untuk bekerja di pertambangan.

Bekerja di pertambangan akhir-akhir ini memang mulai ramai kembali di perbincangkan. Mungkin karena efek pandemi yang mengakibatkan banyaknya pekerja yang di PKH. Bagi generasi milenial sendiri bekerja di pertambangan juga menjadi salah satu fokus mereka karena bekerja di pertambangan bergaji cukup besar.

Cara Masuk Kerja Pertambangan ?! Berikut Triknya

Bekerja di pertambangan sebenarnya bukan menjadi hal yang asing, karena pertambangan di Indonesia sudah ada sejak lama di negara tercinta kita ini. Bekerja di pertambangan walaupun suatu profesi yang lumrah untuk saat ini namun masih banyak masyarakat yang belum mengetahui bagaimana cara agar dapat masuk di pertambangan.

Cara Masuk Kerja Pertambangan Ternyata Mudah ya

Persiapan yang harus di ketahui bagi para calon pekerja tambang sebenarnya cukup mudah. Simak ya apa saja yang perlu diketahui sebelum bekerja di pertambangan.

Persiapan dan hal-hal yang perlu diketahui sebelum masuk di pertambangan.

Hal yang paling awal ketika ingin bekerja di pertambangan ialah mencari tahu rekam jejak perusahaan yang sahabat akan masuki. Mengetahui hal ini sangat penting agar sahabat tidak tertipu dengan iming-iming gaji besar. Perusahaan-perusahaan tambang memang sudah banyak sekali di Indonesia, maka bijak dalam memilih perusahaan yang mana merupakan hal yang wajib.

Pilihlah perusahaan tambang yang sudah di akui pemerintah dan sudah berdiri sejak lama. Rekam jejak yang bagus sebuah perusahaan bisa kita jadikan alasan untuk bekerja di perusahaan tersebut.

Setelah itu, yang harus di perhatikan memilih tambang apa. Jenis-jenis pertambangan kan banyak. Mulai dari pertambangan minyak bumi,  batu bara, emas, timah, lalu bijih besi, hingga tembaga. Sahabat tentukan di pertambangan apa dulu, hendaknya mencaritahu dulu mengenai jenis perusahaan tambang apa yang ingin dimasuki.

Dari dua hal di atas, sahabat cari tahu informasinya dengan detai. Agar sahabat dengan mudah mencari tahu hal yang penting di dalamnya. Pemilihan lokasi perusahaan tambang juga harus di perhatikan ya sob,pilihlah lokasi perusahaan tambang yang tingkat kesejahteraannya terjamin.

Jangan tergiur gaji besar namun tempat kerjanya pedalaman yang terpencil. Lokasi perusahaan tambang ini juga mempengaruhi kisaran gaji yang akan sahabat terima.

Jika sahabat tidak mencari tahu hal-hal di atas maka besar kemungkinan sahabat akan keliru yang menyebabkan kerja sahabat di pertambangan akan kurang maksimal.

Setelah mencari tahu dan menentukan hal di atas hal pertama yang sahabat harus persiapkan yaitu CV dan Resume sahabat. Buatlah CV yang maksimal agar sahabat cepat diterima di perushaan yang akan sahabat daftari. CV ini wajib di miliki ya dalam mendaftar. Sahabat pasti akan diminta untuk diampirkan adalah CV dan resume. Inilah yang akan menjadi pertimbangan.Dalam mempersiapkan CV dan resume lakukan dengan maksimal agar ketika sahabat mempresentasikannya dapat meluluhkan hati HRD. hehehe

Saya sarankan untuk sahabat yang ingin membuat CV buatlah sebuah CV dan resume yang menjelaskan keterampilan-keterampilan yang sahabat miliki dan sesuai dengan kerta di pertambangan tersebut. Untuk CV nya sendiri bikin dalam bentuk soft dan hard ya, agar ketika di minta file-filenya sahabat sudah siap memberikannya.

Setelah itu agar skil dan keterampilan yang dimiliki sahabat sesuai dengan kerja-kerja di pertambangan alangkah baiknya sahabat mengikuti pelatihan. Untuk tahapan ini sebenarnya untuk memaksimalkan CV dan resume sahabat.

Dalam mengikuti peatihan ini pilihlah jasa pelatihan yang sudah di akui pemerintah agar sahabat mendapat sertifikat kelayakan untuk bekerja di pertambangan. Kualitas jasa pelatihan itu bisa di lihat seberapa banyak lulusan yang telah mengikuti pelatihan di tempat itu lalu diterima di banyak perusahaan tambang.

Persiapan selanjutnya yaitu memiliki SIM A dan SIM C

Namun tidak semua posisi di perusahaan pertambangan yang menuntuk untuk memiliki SIM A dan SIM C. Namun alangkah baiknya di persiapakan. Cari tau dahulu sebelum akan menghadap HRD atau akanmulai bekerja di perushaan tambang tersebut, apakah harus memiliki SIM A dan SIM C atau tidak. Kedua SIM ini sebenarnya untuk melihat apakah sahabat mampu mengendarai kendaraan roda dua dan roda empat. Jika sahabat bisa mengendarai kendaraan tersebut akan menjadi nilai lebih untuk sahabat di hadapan HRD.

Cara membuat SIM A dan C klik disini

Dan yang terahir setelah sahabat memasukkan surat lamaran kerja, jangan lupa sahabat mengecek rutin pengumuman-pengumuman dari perusahaan tambang yang sahabat daftari.Pengumuman-pengumuman ini bisa di cek di WEB perusahan atau sahabat bisa menelefon langsung perusahaanya. Agar sahabar bisa tahu diterima atau tidak. Jika di terima ya syukur jika tidak diterima cari tahu apa penyebabnya.

Baca juga tentang dunia protek disini.

Mungkin itu saja artikel tentang info pertambangan dan cara masuk di perusahaan pertambangan. Semoga artikelnya bermanfaat. Salam Sukses

Jangan Lupa klik iklannya ya hehee