Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Daftar Perusahaan Kontruksi Yang Ada Di Indonesia

Daftar Perusahaan Kontruksi Yang Ada Di Indonesia, Umumnya perusahaan kontruksi paling besar di Indonesia sudah tertera di Bursa Indonesia (BEI) alias go khalayak.


daftar perusahaan kontruksi
Daftar Perusahaan Kontruksi

Mayoritas perusahaan kontruksi di miliki oleh Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Tidaklah aneh kalau perusahaan kontruksi itu sudah profesional karena portofolio proyeknya menyebar di mana saja.


Untuk kamu yang ingin tahu, baca lengkap artikel daftar perusahaan kontruksi kontraktor paling besar di Indonesia. Data itu diproses dari beberapa sumber serta transparansi info BEI.


Apa itu kontraktor perusahaan? Kontraktor ialah Penyuplai Jasa Konstruksi. Kontraktor ialah perseorangan atau tubuh hukum yang dikontrak atau dicarter oleh pemilik project untuk melakukan tugas sesuai kesepakatan kontrak yang sudah disetujui dan sesuai kepiawaiannya.


Ruang Lingkup Perusahaan Kontruksi

Tulisan ini akan mengulas berkenaan kontraktor, apakah itu pemahaman kontraktor , apa apa pekerjaannya, adakah kategorisasinya sampai berapakah upahnya jika bekerja di perusahaan kontraktori.


Jika menyaksikan dari kamus bahasa Indonesia, kontraktor disimpulkan sebagai pemborong. Tetapi di atas lapangan, pemahaman kontraktor dari kamus rasanya terlampau simpel sekali.


Pemahaman Kontraktor

Kontraktor itu apa sih? Pemahaman kontraktor sebagai pemborong tidak mengambarkan keseluruhnya seperti apakah itu kontraktor sebetulnya.


Menurut penilaian kami pemahaman kontraktor ialah sebuah faksi (dapat perseorangan atau tubuh hukum CV PT) yang diberi tugas dan tanggung-jawab untuk membuat bangunan oleh pemilik bangunan dengan syarat dan keadaan yang sudah disetujui antara ke-2 nya.

Periode tanggung-jawab tetap jalan kepada pihak kontraktor, sampai periode garansi bangunan usai.


Apa pekerjaan kontraktor yang paling penting?

Jasa kontraktor itu apa? pekerjaan kontraktor yang khusus adalah menuntaskan pembangunan dari pemilik tugas, sesuai kualitas, biaya dan waktu yang sudah disetujui awalnya.


Pemilik tugas dapat berbentuk individu perseorangan, tubuh hukum sampai negara. Kontraktor bisa juga berbentuk individu perseorangan atau tubuh hukum.


Pengertian Grade Atau Sub Kontraktor

Apa yang dimaksud dengan subkontraktor? grade atau sub kontraktor sebagai istilah lain dari kwalifikasi kontraktor. Penggolongan grade kontraktor atau kwalifikasi kontraktor berdasar kekuatan yang kontraktor kerjakan.


Grade kontraktor bervariatif dari kontraktor grade kecil (2,3,4), kontraktor grade menengeah (5) dan kontraktor grade besar (6,7).


Kontraktor kontraktor besar yang terhitung dalam kelompok 7 memiliki hak untuk kerjakan tugas dengan nilai tugas dari 10 milyar sampai tugas dengan nilai tak terbatas. Kontraktor dengan kelas ini mampu kerjakan tugas dimulai dari: gedung tingkat tinggi, bendungan raksasa, jembatan panjang, terowong dan lain-lain.


Kwalifikasi grade kontraktor umumnya jadi syarat jika kontraktor ingin turut dalam tender pembangunan. Pemilik project pembangunan pasti ingin pastikan jika peserta tender sebagai faksi pihak yang memiliki kemahiran untuk kerjanya.


General Kontraktor atau Kontraktor Umum

Apa yang dimaksud kontraktor umum? secara harfiah general kontraktor memiliki arti kontraktor umum. Pemahaman general kontraktor ialah kontraktor yang dipilih langsung oleh pemilik project untuk membuat bangunan.


General kontraktor mendapatkan amanat langsung dari pemilik bangunan. General kontraktor memiliki arti kontraktor khusus project atau main contractor proyek.


Apakah itu sub kontraktor? menyambung paragaf awalnya, general kontraktor bisa menunjuk kontraktor lain untuk kerjakan sisi tugas sama sesuai spesialisnya.


Kontraktor pertama sebagai general kontraktor sedang kontraktor ke-2 sebagai sub kontraktor . Maka sub kontraktor ialah kontraktor yang dipilih general kontraktor untuk kerjakan sisi tugas sama sesuai kepiawaiannya.


Sektor tugas yang umumnya sebagai cakupan tugas sub kontraktor diantaranya: sub kontraktor fondasi, sub kontraktor listrik, sub kontraktor plafon, sub kontraktor atap, sub kontraktor kolam renang, sub kontraktor interior dan ada banyak kembali.


Kenapa general kontraktor memerlukan sub kontraktor ? General kontraktor memerlukan kontribusi dari sub kontraktor karena tugas general kontraktor terlampau besar ruang cakupnya dan sulit untuk dituntaskan sendiri.


Tugas besar general kontraktor pasti lebih gampang jika tugas itu terpecah jadi beberapa tugas kecil. Hingga general kontraktor dapat membagikan tugas pembikinan kolam renang ke sub kontraktor kolam renang, dapat membagikan tugas ac ke sub kontraktor ac, dapat membagikan tugas listrik ke sub kontraktor listrik.


Hingga keseluruhannya tugas general kontraktor semakin lebih simpel dan cuman untuk sektor yang mereka kuasai seutuhnya saja.


Gaji Kontraktor

Berapa gaji seorang kontraktor? Upah karyawan kontraktor dari seorang yang baru lulus sekitar di antara 4-6 Juta /bulan. Seperti tingkatan karier di perusahaan sektor lain, kwalifikasi seorang terhitung di dalamnya tingkat ketrampilan, sertifikasi dan pengalaman yang tetap semakin bertambah bisa menjadi pemikiran untuk peningkatan tingkatan karier dan upah bekerja di perusahaan konstruksi.


Daftar Perusahaan Kontruksi

Apa saja perusahaan konstruksi? berikut daftarnya:

  • Wijaya Kreasi

Siapakah yang tidak mengenal PT Wijaya Kreasi (Persero) Tbk?


Perseroan yang udah dikenali di golongan khalayak ini awalannya yakni N.V. Vis en Co serta PN Widjaja Karja. Perusahaan dengan code saham WIKA turut serta dalam project penting infrastruktur dari pemerintahan.


Wika pula miliki anak upaya salah satunya PT WIKA Beton, PT WIKA Industri Konstruksi, PT WIKA Bitumen, PT WIKA Gedung, PT WIKA Eksperimen Konstruksi, PT WIKA Realty, serta PT WIKA Serang Panimbang.


Di 2020, Waskita mendapat penghargaan The Most Outstanding Company in Indonesia - Construction Sector dari Asiamoney Asia's Outstanding Companies Poll. Keseluruhan asset perseroan tertera senilai Rp62,11 triliun.


  • Waskita Kreasi

PT Waskita Kreasi (Persero) Tbk., yaitu satu diantara perusahaan konstruksi paling besar di Indonesia yang lain. Perusahaan kontruksi plat merah ini pula acapkali turut serta dalam project penting pemerintahan.


Waskita berperan dalam pembangunan lapangan terbang, apartemen, rusun, kondominium, jalan tol, sampai bendungan. Dilansir Kontan, keseluruhan asset perusahaan gapai Rp137,24 triliun.


  • Adhi Kreasi

Perusahaan kontraktor paling besar di Indonesia ini awalannya punya Belanda. Lewat proses yang tidak sekejap, perusahaan kontruksi paling besar ini pada akhirannya jadi PT Adhi Kreasi (Persero) Tbk.


Adhi Kreasi sah melantai di BEI di 2004 dengan code saham ADHI. Sampai sekarang, perusahaan ini masuk pada daftar perusahaan kontruksi paling besar di Indonesia ini miliki anak-anak perusahaan.


Sejumlah salah satunya ialah Adhi Persada Beton, Adhi Persada Gedung, serta Adhi Persada Property. ADHI sudah menyelesaikan sejumlah project yang menyebar di Indonesia.

Sampai sekarang, keseluruhan asetnya gapai Rp37 triliun.


daftar perusahaan kontruksi
Daftar Perusahaan Kontruksi


  • PT PP

PT PP (Persero) Tbk., telah tidak asing kembali di dunia kontruksi. Perusahaan kontraktor paling besar serta terbaik Indonesia ini udah dikenali melaksanakan beberapa project prestise.


Sejumlah salah satunya yakni Hotel Indonesia, Bali Beach Hotel, Ambarukmo Palace Hotel, serta Samudera Beach Hotel. Sekarang, PT PP jadi perusahaan kontruksi raja tanah air yang memperlebar sayapnya ke sektor property.


PT PP miliki beberapa anak upaya ialah PT PP Property, PT PP Infrastruktur, PT PP Energi, PT PP Urban, serta PT PP Akurat.


Keseluruhan asset perseroan di BEI tertera Rp53,47 triliun.


  • Hutama Kreasi

Perusahaan kontraktor paling besar yang lain yakni PT Hutama Kreasi (Persero). Perusahaan ini pula sudah lakukan varietas serta pemekaran upaya di luar negeri.


Tidak hanya itu, bangun infrastruktur dengan konstruksi berteknologi tinggi berbentuk jembatan rentang panjang sebagaimana pada Jembatan Ampera, Palembang. Hutama Kreasi pula menyelesaikan project infrastruktur lain seperti gedung tinggi, jalan tol, serta property.


Perusahaan plat merah lindungan BUMN ini miliki anak perusahaan ialah PT Hutama Kreasi Infrastruktur, PT HK Realtindo, serta PT Hakaaston. Dilansir medcom, keseluruhan asset Hutama Kreasi tertera Rp91,6 triliun.


  • Amarta Kreasi

PT Amarta Kreasi termasuk ke perusahaan kontraktor paling besar di Indonesia. Amarta Kreasi lantas sebagai peninggalan Belanda.


Saat ini, perusahaan plat merah ini termasuk sektor bisnis konstruksi sektor sipil, elektrikal, serta mekanikal. Beberapa project sudah ditangani Amarta Kreasi di antaranya lapangan terbang, jembatan tol, terminal cargo, dan seterusnya.


Belumlah diketahui berapakah keseluruhan asset Amarta Kreasi bukan perusahaan khalayak.


  • Brantas Abipraya

Setelah itu PT Brantas Abipraya.

Perusahaan kontraktor punya BUMN ini awalannya dari project induk peningkatan Sungai Brantas. Brantas Abipraya lalu berkembang di bagian industri konstruksi.


Abipraya menyelesaikan sektor lain seperti jalan serta jembatan, prasarana perhubungan, bangunan gedung, industri property, serta yang lain. Dilansir Usaha, perusahaan yang dibuat di 1980 ini miliki asset Rp5,3 triliun.


  • Leighton Contractors Indonesia

Tidak cuman BUMN, perusahaan kontraktor paling besar pula dipunyai swasta. Perusahaan kontraktor asal Hong Kong ini dikenali tangani beberapa proyek arsitektur serta sipil.


Dibuat di 1975, perusahaan kontraktor ini sebagai sisi dari Group CIMIC Ltd. Portofolio proyeknya termasuk beberapa pembangunan.


  • Nindya Kreasi

Perusahaan plat merah ini beroperasi di bagian upaya jasa konstruksi, engineering procurement construction (EPC), property, serta investasi. Portofolio proyeknya menyebar dimulai dari Hotel Horison Nindya di Semarang, Stadion Patriot Bekasi, bangunan industri serta EPC, bendungan serta irigasi, sampai jalan layang serta jembatan.


Perusahaan ini memperlebar sayapnya dengan membangun PT Nindya Beton jadi varietas usaha di bagian beton pracetak.


  • PT Tjahja Rimba Kentjana

Perusahaan kontraktor berikut nama awal mula PT Tjahja Rimba Kentjana ini, dibuat di 4 September 1970. Perusahaan itu berubah nama jadi seperti saat ini di 1981 serta beroperasi di bagian bangunan serta konstruksi.


PT Tjahja Rimba Kentjana Tbk., sudah go khalayak di 2006 dengan code saham TOTL. Portofolio proyeknya mencakup layanan umum, gedung kantor, rumah sakit, tempat beribadah, hotel, mal, wilayah industri, permukiman bertingkat, serta pengajaran.


Sejumlah salah satunya yakni JIEXPO Convention and Theatre, ICE BSD, Astra Tower, Kompas Tower, BRI BSD Tower Building, BSD Junction, dan seterusnya.

Keseluruhan asset perseroan tertera Rp2,96 triliun.


Demikian artikel mengenai Daftar Perusahaan Kontruksi, semoga bermanfaat. Jangan lupa kunjungi artikel lainnya di bacahape.com, salam sukses.