Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tugas Cook Helper Restoran: Tanggungjawab Dan Gajinya Yang Amazing

Daftar Isi [Lihat]

Tugas cook helper restoran. Pendamping koki atau cook helper adalah sisi dari departemen kitchen yang menolong tugas atasan atau pendamping cook. Karier ini lebih banyak dicari dan diperlukan oleh hotel atau restoran. Karier ini termasuk sangatlah penting karena tanpa cook helper beberapa chef akan berasa kewalahan dalam layani konsumen. Anda pasti ingin tahu apa tugas cook helper dan berapakah range upahnya.


Tugas Cook Helper Restoran
Tugas Cook Helper Restoran


Apa tugas dari cook Helper? Cook helper ialah seorang yang bekerja untuk menolong tugas atasannya atau yang lebih dekat disebutkan dengan pendamping koki.


Disamping itu cook helper harus juga mempunyai knowledge base sekitar bahan makanan dan bagaimanakah cara pemrosesan yang benar dan baik hingga dapat mempermudah tugas si juru masak (chef) dalam menyuguhkan sajian yang spesial.


Cook Helper Menurut Beberapa Pakar

Cook Helper ialah pegawai yang belum pernah bekerja di dapur dan tugas cook helper restoran berpindah dari 1 seksi lainnya dalam kurun waktu tertentu supaya pegawai pemula ini bisa mengenali dan meresapi tugas di masing - masing seksi saat sebelum mereka ditetapkan bekerja di sebuah seksi sesuai kekuatannya.


Menurut Adjab Subagjo (2007 :11). Cook helper ialah menolong beberapa tugas atasannya atau pendamping cook.


Saat sebelum kita mengulas lebih jauh mengenai apa dan tugas dari cook helper, jika ingin mendaftarkan untuk karier ini anda harus mempunyai kekuatan mengolah yang bagus.


Tugas Cook helper restoran sebagai sisi dalam department kitchen/dapur yang mempunyai tugas dan tangung jawab cukup penting dalam soal penyuguhan makanan dalam suatu hotel atau restoran berbintang.


Untuk menjadi seorang cook helper tentu saja harus mempunyai pengalaman, karena tugas cook helper/pendamping koki ini pada umumnya akan menolong si koki terutamanya dalam menyiapkan beberapa bahan makanan yang hendak diproses.




Tugas Cook Helper

Walau cook helper tidak mempunyai tugas khusus jadi orang yang mengolah makanan namun tanpa kekuatan masak yang bagus akan susah jalani tanggung-jawab ini. Berikut beberapa tugas khusus dari cook helper yang penting buat anda kenali.


  • Mempersiapkan Alat Masak

Tugas cook helper restoran yang pertama ialah menolong untuk mempersiapkan perlengkapan masak yang dipakai oleh chef. Mempersiapkan perlengkapan tidak berarti cuma mengambil alat yang hendak dipakai saja, tapi juga menjaga perlengkapan itu dan membersihkan jika sudah dipakai.


Jika perlengkapan telah usai dipakai mengolah, helper harus selekasnya membersihkan tanpa perlu ditujukan karena nanti perlengkapan masak itu akan dipakai kembali atau diletakkan untuk dipakai keesokan hari.


  • Menyiapkan Bahan untuk Mengolah

Tugas cook helper restoran yang selanjutnya ialah menyiapkan beberapa bahan yang hendak diolah. Seorang cook helper seharusnya ketahui perlengkapan apa yang diperlukan oleh koki dan bahan apa yang perlu di siapkan berdasar resep.


Sangat penting untuk seorang cook helper untuk ketahui resep makanan supaya bisa bekerja cepat. Seterusnya jika sudah keluarkan bahan mentah dari area untuk menyimpan, cook helper harus selekasnya bersihkan dan menggunting menggunting bahan itu hingga siap untuk diolah.


Kekuatan menggunting bahan makanan harus juga terkuasai oleh cook helper. Ada bahan makanan yang perlu dipotong dengan tehnik tertentu. Cook helper makin kompeten akan makin mempunyai kekuatan menggunting bahan makanan yang professional.


  • Bersihkan dan Simpan Alat Masak

Jika semua aktivitas mengolah sudah usai dilaksanakan, pasti ada banyak perlengkapan yang perlu dibikin bersih.Tugas bersihkan alat masak sebagai tanggung-jawab dari cook Helper. Seterusnya sesudah barang bersih, cook helper harus simpan dan menempatkan beberapa barang dan perlengkapan mengolah di tempatnya.


Umumnya yang bersihkan perlengkapan masak tidak cuma cook helper saja namun banyak karyawan dapur yang turut melakukan. Cook helper benar-benar berperanan penting dalam membuat menu makanan yang nikmat dan jaga kebersihan dari dapur dan perlengkapan masak.


  • Menolong Koki Mengolah

Tugas cook helper yang selanjutnya yakni menolong chef atau head cook untuk mengolah menu makanan. Saat koki sedang repot mengolah makanan, cook helper harus juga cepat dan cepat responsif memberi apa yang diperlukan oleh koki atau chef.


Seorang cook helper dituntut untuk mempunyai kesiapan dan kecermatan yang tinggi dalam menolong koki untuk membikin beragam jenis menu makanan. Seorang cook helper makin lama bisa menjadi seorang yang professional hingga banyak pula yang selanjutnya jadi kepala koki dalam suatu restoran atau hotel.


Tags: gaji cook helper restoran, syarat menjadi cook helper, tugas cook restoran, apa itu cook helper, pengertian cook helper dan tugasnya, pengalaman kerja sebagai cook helper, contoh tugas akhir cook helper, tugas helper cafe


Gaji Cook Helper

Seorang cook helper mempunyai tanggung-jawab yang penting dalam membuat menu makanan yang sedap di restoran atau di hotel. Tugas seorang cook helper memang sebagai seorang pendamping koki. 


Berapa gaji cook helper adalah? Range gaji cook helper ialah sekitaran 2 juta-an. Namun range upah itu benar-benar bergantung dengan peraturan tempat anda bekerja dan di mana lokasi Anda bekerja.


Jika seorang cook helper bekerja di restoran besar atau hotel eksklusif pasti upahnya dapat semakin besar dari prediksi yang disebut sebelumnya.


Bekerja jadi seorang cook helper ialah suatu hal yang memikat untuk mereka yang suka dengan beberapa hal yang terkait dengan masakan. Pertama kali dari beberapa koki terkenal atau chef professional banyak yang bermula dari karier ini.


Bicara berkenaan upah seorang cook helper benar-benar sangat bervariatif khususnya tergantung di mana dia bekerja. Misalnya saja di Kota Jakarta untuk upah cook helper di Restoran Gardensea Mandarin dapat capai Rp. 3.800.000 - Rp. 4.500.000.


Dan di Surabaya, upah seorang cook helper di restoran terpenting dapat capai Rp. 167.000 / 8 jam kerja. Dengan deskripsi itu dapat disebutkan bahawa tugas sebagai cook helper dapat paling prospektif di masa datang.


Syarat Menjadi Cook Helper

Menjadi seorang cook helper, umumnya dalam sebuah lowongan pekerjaan akan berisi syarat-syarat atau kwalifikasi yang perlu dipunyai calon pelamar. Adapun syarat umum jadi cook helper yakni :


  1. Wanita dan Lelaki
  2. Umur optimal 18-35 tahun
  3. Pengajaran minimum SMA
  4. Memiliki pengalaman bekerja sebagai cook helper (lebih di utamakan)
  5. Pahami cold dan hot preparation
  6. Sanggup memakai perlengkapan dapur secara baik
  7. Kekuatan berdiri untuk saat lama
  8. Mempunyai kesetiaan tinggi
  9. Sanggup berbicara secara baik
  10. Bertanggungjawab dan disiplin


Demikian artikel mengenai tugas cook helper restoran. Semoga artikel bacahape.com bermanfaat untuk Kamu yang akan melamar menjadi seorang cook helper pada suatu restoran, semoga sukses selalu dan jangan lupa berdoa.