Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tenaga Helper Adalah: Penjelasan Dan Gaji Yang Fantastic

Daftar Isi [Lihat]

Tenaga helper adalah sesorang yang melaksanakan tugas membantu seseorang atau perusahaan. Umumnya tugas sesorang helper itu berada pada perusahaan industri manufaktur, namun kebutuhan akan helper juga terdapat pada perusahaan retail seperti helper alfamart, indomart dan lain-lain, untuk lebih jelasnya mari simak artikel ini sampai selesai.


Tenaga Helper Adalah
Tenaga Helper Adalah


Tenaga helper adalah seorang karyawan yang relatif tidak mempunyai ketrampilan detil tetapi bekerja menolong beberapa karyawan trampil atau pakar dengan tugas manual.


Dalam sebuah industri, biasanya tenaga helper adalah berada pada gudang untuk membongkar, memindah dan banyak lagi kegiatan yang berada pada gudang. Maka dari itu, biasanya dikenali istilah warehouse helper.



Dikutip Betterteam, warehouse helper atau tenaga helper adalah mereka yang berada digudang sebagai karyawan yang bertanggungjawab terima barang masuk dan mempersiapkan barang keluar untuk proses pengangkutan atau marketing. Helper melakukan tindakan untuk proses pemuatan barang dan atur penyimpanan barang produksi dan jaga kedisiplinan tempat penyimpanan gudang pada umumnya.


Di dunia kerja, helper adalah seorang yang bekerja menolong pegawai lain (rekanan kerja atau atasan) menuntaskan kerjanya. Selainnya menolong, helper biasanya bertanggungjawab jadi tenaga cadangan jika pelaksana eksekusi khusus ada halangan atau mungkin tidak sanggup menuntaskan tanggung jawabannya.


Perusahaan manufacturing jadi perusahaan yang tersering memakai helper. Karena, umumnya helper bekerja pada bagian gudang untuk pastikan loading produk berjalan baik.


Namun, helper diperlukan di beberapa industri, seperti konstruksi, pertambangan, distribusi, retail, dan cemacamnya.


Tags: apa itu helper, gaji helper, helper ekspedisi adalah, helper produksi adalah, helper toko adalah, helper gudang adalah, tugas helper gudang, helper produksi tugasnya


Tanggungjawab Seorang Helper

Seorang helper di ranah industri manufacturing atau produksi barang biasanya mempunyai pekerjaan dan tanggung-jawab sekitar gudang dan penyimpanan barang. Adapun beberapa pekerjaan dan tanggung-jawab helper adalah seperti berikut.


  • Mengurus perputaran barang di gudang

Helper pada umumnya bekerja untuk mengurus barang produksi sama sesuai pesanan dari sisi marketing. Helper mempunyai peran dalam menyiapkan dan menuntaskan pesanan untuk pengangkutan atau ambil barang sama sesuai agenda yang sudah ditetapkan. Kehadiran helper bisa tingkatkan dan percepat proses perputaran barang di gudang dengan teratur.


  • Terima dan mengolah stock

Peranan helper di gudang mencakup akseptasi dan pemrosesan stock barang di gudang dari waktu ke waktu. Peralihan barang dalam suatu industri manufacturing atau produksi barang biasanya sangat cepat, dan ini membutuhkan peranan helper untuk proses akseptasi dan pemrosesan stock bahan baku ke sisi produksi.


  • Kontrol inventaris gudang

Pekerjaan dan tanggung-jawab helper mencakup kontrol inventaris gudang dan pastikan jika inventaris-inventaris gudang ini penuhi standard kualitas. Kehadiran helper dapat memberikan dukungan pemenuhan kualitas tinggi pada inventaris gudang di saat dilaksanakan audit.


  • Membuat laporan perpindahan atau perubahan barang

Helper biasanya melakukan tindakan untuk pengujian barang hancur ke supervisor dan bertanggungjawab pada laporan kegiatan perubahan barang dari dan ke arah gudang. Pendataan jumlah bahan diterima dan dikirimkan ini bisa mempermudah proses operasional dan pendataan umum di bagian produksi dan marketing.


Syarat Untuk Menjadi Tenaga Helper Adalah Sebagai Berikut

Adapun beberapa persyaratan yang dibutuhkan menjadi seorang tenaga helper adalah sebagai berikut.


  • Sehat rohani dan jasmani
  • Umur tidak lebih dari 40 tahun saat melamar
  • Mempunyai fisik kuat
  • Mempunyai SIM B1 dan lancar berkendara truk untuk kepentingan perubahan di gudang
  • Biasanya diprioritaskan lelaki
  • Rumah tidak jauh dari perusahaan
  • Siap bekerja lembur
  • Mempunyai kemahiran dalam sektor laporan
  • Minimum alumnus SMA/sederajat


Jenis-Jenis Tenaga Helper Adalah Sebagai Berikut

Bila kamu pernah dengar status helper gudang, rupanya itu bukan salah satu tipe helper loh. Ada beberapa tipe helper bernama yang disamakan dengan perusahaan. Berikut keterangan beberapa jenis helper dan tanggung jawabannya:


  • Helper Operator

Helper operator bekerja untuk menolong operator untuk menyiapkan barang produksi. Durasi waktu kerja helper tipe sampai ialah 8 jam dan selalu harus stand by di muka mesin agar dapat lakukan pengawasan dengan optimal.


Helper operator mempunyai tanggung-jawab untuk menulis barang untuk selanjutnya dikirimkan ke seksi lain.


  • Helper Welder

Sama sesuai namanya, helper welder akan menolong untuk lakukan pengelasan pada perlengkapan perusahaan atau dari client. Beberapa barang yang dilas umumnya ialah tabung gas atau perlengkapan berat lain sesuai yang dipunyai perusahaan atau keinginan client.


  • Helper Gudang

Helper gudang adalah pegawai yang bekerja untuk pastikan keadaan alat berat pada bagian gudang masih berjalan baik.


Disamping itu, helper gudang bertanggungjawab untuk mengusung dan menempatkan barang produksi dari gudang ke arah kendaraan pengangkut distributor sampai lakukan pendataan stock barang.


  • Helper Painting

Bila kamu berpikiran helper painting bekerja menjadi pendamping seorang pelukis, karena itu kamu salah. Helper painting mempunyai pekerjaan untuk lakukan pembersihan karat di tubuh kapal saat sebelum dilaksanakan pengecatan atau pengecatan ulangi.


Pembersihan ini dilaksanakan agar hasil catnya bagus dan tidak gampang terkupas.


  • Helper Driver/Pengantar

Pengantar pengantar barang atau makanan dikatakan sebagai helper delivery. Umumnya, helper ini akan bekerja di perusahaan yang beroperasi di sektor jasa atau restaurant.


  • Helper Administrasi

Pekerjaan helper administrasi ialah menolong pengaturan dan pengujian administrasi, seperti memeriksa faktur dan tanda terima barang, mengecek invoice, sampai ambil rekening koran di bank pada bagian keuangan.


  • Helper Medical

Helper medical umumnya bekerja untuk lakukan data input pasien di klinik rumah sakit. Helper ini benar-benar diperlukan ketika peristiwa hebat seperti wabah Covid-19 dengan tanggung-jawab untuk memeriksa temperatur sampai bersihkan semua tempat rumah sakit agar steril.


Gaji Helper

Nominal gaji dari tenaga helper adalah ditetapkan dari tipe helper yang kamu tentukan. Tidak itu saja, domisili perusahaan membuat nominal upah helper berbeda.


Terendah, seorang helper akan dibayar sejumlah Rp1.500.000 sampai Rp2.500.000 bila kamu bekerja sebagai helper di perusahaan yang bekerja di Jawa tengah.


Untuk perusahaan yang ada di beberapa kota besar, seperti Jakarta, Jawa Barat, sampai Jawa Timur, bentang upah helper ialah Rp2.500.000 sampai Rp4.500.000. Beberapa macam helper seperti helper driver atau medical biasanya kerap lakukan overtime, hingga bisa mendapatkan uang lembur juga.


Demikian artikel mengenai "tenaga helper adalah" dan info seputara dunia helper. Semoga artikelnya bermanfaat, terimakasih telah berkunjung, sukses selalum jangan lupa berdoa.


Tags: apa itu helper, helper ekspedisi adalah, gaji helper, helper toko adalah, helper gudang adalah, helper produksi adalah