Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Helper Restoran Adalah: Pengertian Dan Info Gaji Yang Fantastic

Daftar Isi [Lihat]

Helper restoran adalah mereka yang bekerja didalam restoran untuk membantu seorang juru masak atau koki. Mereka bukan orang yang sembarangan karena didalam pekerjaannya dituntut untuk tau persis mengenai dunia masak, untuk kamu yang ingin menjadi seorang helper restoran alangkah baiknya menyimak artikel ini dengan lengkap.


Helper Restoran Adalah
Helper Restoran Adalah


Helper restoran adalah seorang yang bekerja untuk menolong semua kegiatan di dapur terhitung menyiapkan, mengepak, membereskan, bersihkan, dan simpan kembali bahan masakan yang pantas dan buang yang tidak penuhi standard pangan.


Sebuah restoran harus bisa memberi servis yang optimal untuk membikin beberapa tamu berasa senang dan suka. Salah satunya departemen yang berperanan utama di restoran adalah cook helper atau pendamping koki. 


Helper restoran adalah sisi dari departemen dapur yang tidak bisa dianggap remeh keberadaannya. Seringkali seorang yang ingin jadi chef professional memulai kariernya sebagai cook helper atau helper restoran.


Tags: gaji helper restoran, tugas helper restoran, syarat menjadi cook helper, pengertian cook helper dan tugasnya, pengalaman kerja sebagai cook helper, tugas cook restoran, tugas helper cafe, tugas cook helper pastry



Pengertian Helper Restoran

Sesudah pahami apakah itu helper restoran atau cook helper mari kita cari info lebih dalam berkaitan pekerjaan dan tanggung jawabannya. Peranan cook helper dapat disebut cukup penting dalam mendukung efektivitas dan efektivitas tugas di dapur.


Cook Helper atau helper restoran adalah seseorang yang mempunyai bermacam pekerjaan dan tanggung-jawab. Cook helper harus menyiapkan beberapa bahan makanan yang hendak diproses. Pekerjaan pendamping juru masak atau cook helper lebih detilnya adalah seperti berikut:


Job Deskripsi Helper Restoran

  • Mempersiapkan perlengkapan mengolah yang hendak dipakai.
  • Mempersiapkan bahan mentah yang hendak diproses
  • Bersihkan dan simpan perlengkapan yang sudah dipakai.
  • Menolong chef dalam memproses makanan.
  • Memakai perlengkapan dapur sesuai perannya.
  • Bersihkan dan simpan perlengkapan dapur sesuai watak masing-masing alat.
  • Memakai bumbu dapur sesuai keperluan secara tepat.
  • Pilih dan mengolah sayur sesuai keperluan dan proses yang betul.
  • Tentukan dan mengolah daging, itik, ikan dan telur sesuai proses yang betul.
  • Mengolah makanan yang dibuat dari pasta dan mie sesuai proses yang betul.
  • Mempersiapkan dan mengolah makanan untuk breakfast, lunch, dan dinner, atau ala-ala carte.


Kwalifikasi Helper Restoran

  1. Ijazah sekolah menengah atas.
  2. Pengalaman yang bisa dibuktikan menolong dalam penataan dapur.
  3. Lisensi food handler.
  4. Kekuatan berdiri untuk waktu lama.
  5. Kekuatan untuk memakai perlengkapan dan perlengkapan dapur dengan aman.
  6. Pengetahuan yang bagus mengenai standard dan proses keamanan pangan.
  7. Ketrampilan komunikasi yang kuat.
  8. Ketrampilan berorganisasi yang baik sekali.


Prosedur Kerja Helper Restoran

Berikut adalah contoh proses kerja seorang cook helper dalam penyuguhan sajian lunch dan dinner di Sheraton Surabaya Hotel and Towers. Perlu Anda kenali jika di hotel itu jam lunch akan dibuka jam 12.00 - 14.00 sementara jam dinner akan dibuka jam 18.00 - 23.00 dengan mengangkat topik buffet.


  • Saat sebelum membuka lunch/dinner

  1. Menyaksikan menu harian
  2. Menyiapkan alat yang hendak dipakai
  3. Menyiapkan bahan makanan yang diperlukan
  4. Membagikan makanan ke buffet
  5. Lakukan Setting tempat masak


  • Saat pengatasan lunch/dinner

Saat pengatasan berjalan, cook helper akan jaga stand live cooking dan jaga buffet untuk memerhatikan sajian yang mana habis untuk di re-fill. Umumnya makanan itu akan disiapkan oleh chef pada hot box untuk mengawasinya supaya masih tetap hangat.


  • Penutupan Lunch/dinner

  1. Lakukan clear up
  2. Simpan makanan yang tersisa dalam tempat chiller
  3. Prepare untuk menu esok


Gaji Helper Restoran

Bicara berkenaan gaji seorang cook helper benar-benar sangat bervariatif khususnya tergantung di mana dia bekerja. Misalnya saja di Kota Jakarta untuk gaji cook helper di Restoran Gardensea Mandarin dapat capai Rp. 3.800.000 - Rp. 4.500.000.


Dan di Surabaya, gaji seorang cook helper di restoran terpenting dapat capai Rp. 167.000 / 8 jam kerja. Dengan deskripsi itu dapat disebutkan bahawa tugas sebagai cook helper dapat paling prospektif di masa datang.


Demikian artikel mengenai "Helper Restoran Adalah". Semoga artikel ini bisa membantu Anda untuk memberikan gambaran ketika mau bekerja pada bidang pekerjaan ini, terimakasih telah berkunjung, salam sukses selalu.


Tags: tugas helper restoran, gaji helper restoran, syarat menjadi cook helper, pengertian cook helper dan tugasnya, pastry helper adalah, tugas helper cafe