Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Salah Satu Contoh Kegiatan Produksi Yaitu? Jawaban Dan Penjelasannya Secara Complete

Daftar Isi [Lihat]

Salah satu contoh kegiatan produksi yaitu - Pada artikel ini akan kami sajikan jawaban dari apa yang kamu cari beserta penjelasan lengkapnya. Untuk itu mari simak artikel ini agar jawabannya bisa kamu dapatkan, yuks lets go.


Salah Satu Contoh Kegiatan Produksi Yaitu
Salah Satu Contoh Kegiatan Produksi Yaitu


Salah satu contoh kegiatan produksi yaitu?

  • a. mesin digunakan untuk membuat pakaian 
  • b. kain yang sudah menjadi pakaian 
  • c. mobil untuk bepergian 
  • d. rumah untuk tempat tinggal ​


Jawaban: B. kain yang sudah menjadi pakaian


Tahukah kamu jika tiap barang sudah lewat proses panjang hingga kemudian sampai pada tangan untuk dimakan? Semua bermula dari kegiatan produksi. Tanpa tingkatan ini, dapat sehingga kamu akan kesusahan mendapat barang.


Lalu, apakah yang dimaksud produksi dalam usaha? Yok, baca penuturannya di bawah ini.


Tags: kegiatan produksi adalah, kegiatan distribusi adalah, contoh kegiatan distribusi, contoh kegiatan produksi adalah, 10 contoh kegiatan produksi distribusi dan konsumsi, 5 contoh kegiatan distribusi, 3 contoh kegiatan produksi distribusi dan konsumsi, contoh kegiatan ekonomi


Apa Itu Kegiatan Produksi?

Bacahape.com ~ Apa yang dilakukan pada kegiatan produksi? Kegiatan produksi adalah Serangkaian kegiatan yang melahirkan produk atau nilai produk disebutkan proses produksi. Sebuah usaha lakukan proses ini supaya bisa mendapatkan keuntungan atau keuntungan. Dalam kata lain, produksi berperanan menambahkan atau membuat nilai buat barang.


Saat tambahan daya buat benda dilaksanakan tanpa perubahan wujud, karena itu disebutkan produksi jasa. Sementara, saat tambahan daya buat benda melalui proses perubahan karakter dan wujud, proses itu dikenali sebagai produksi barang.


Tujuan utama dari kegiatan produksi adalah penuhi keperluan manusia. Saat jumlah stok barang dan jasa memenuhi, manusia sanggup capai kemakmuran. Tersebut kenapa kegiatan produksi ambil peran penting di kehidupan manusia.


Selanjutnya salah satu contoh kegiatan produksi yaitu tanggungjawab dari pemilik usaha, ya operasional produksi barang dan jasa jadi tanggung-jawab pemilik usaha. Selainnya jaga kebutuhan manusia pada umumnya, pemilik usaha mendapat keuntungan keuangan berkaitan peranannya sebagai produsen.


Bila tidak ada proses produksi, nasi yang tiap hari kita makan cuma bisa menjadi padi di sawah. Bila tidak ada proses produksi, karena itu pakaian yang kita gunakan cuma tetap jadi kapas atau bambu. Tidak ada mobil dan sepeda motor lalu lalang disekitaran kita tanpa pemrosesan besi dan logam yang lain.


Dengan begitu, produksi ialah sebuah proses yang sudah dilakukan untuk membuat atau menambahkan nilai buat dari barang atau jasa. Bila bertambahnya nilai buat dilaksanakan tanpa mengubah wujud produk, karena itu dikatakan sebagai produksi jasa seperti jasa konseling, jasa les pelajaran, jasa konselor keuangan, dan lain-lain.


Sementara bertambahnya nilai buat yang dituruti dengan peralihan wujud produk disebutkan produksi barang. Contoh produksi barang ialah seperti berikut membuat rumah, membuat sepatu, mengolah nasi, dan lain-lainnya.


Dengan begitu, produksi memiliki dua nilai dasar. Yang pertama untuk membuat nilai buat barang atau jasa. Ke-2 , menambahkan nilai buat barang atau jasa.


Barang atau jasa hasil produksi ada yang dapat dipakai langsung atau tidak langsung. Umumnya hasil produksi yang tidak langsung bisa dipakai diproses kembali menjadi produk yang lain mempunyai nilai plus tinggi.


Pada hakekatnya, produksi ialah proses pembuatan ada tambahan nilai buat dari barang atau jasa wujud yang dituruti oleh tambahan faedah, wujud, waktu, tempat atas beberapa faktor produksi hingga dari produksi itu mempunyai kekuatan semakin tinggi dalam penuhi keperluan penggunanya.


Secara umum, produksi dari pemikiran perusahaan mempunyai tujuan untuk mendapat keuntungan yang optimal. Maka dari itu,saat sebelum produksi dilaksanakan, perlu dilaksanakan penyiapan dan management yang jeli.



saat sebelum produksi dilaksanakan, perlu dilaksanakan penyiapan dan management yang jeli


Jenis-Jenis Produksi

Apa saja jenis jenis produksi? Berdasar produk yang dibuat produksi terdiri jadi beberapa macam berikut ini, yaitu:


  • Produksi Ekstraktif

Produksi ini lakukan eksploitasi sumber daya alam tanpa mengganti karakter dan wujud apa saja. Hasil ekstraksi selanjutnya diberikan ke perusahaan lain untuk diproses selanjutnya jadi barang baru yang mempunyai nilai buat semakin tinggi.


Contoh: penambangan bahan tambang, penangkapan ikan di laut, dan pengeboran minyak bumi.


  • Produk Agraris

Salah satu contoh kegiatan produksi yaitu produk agraris. Produksi tipe ini memproses alam dan manfaatkan tanah agar hasilkan sumber daya alam yang berbentuk barang 1/2 jadi atau barang selesai. Ini bukan hanya meliputi pertanian saja, tetapi peternakan.


Contoh: padi, sayur-sayuran, buah-buahan, susu, telur, jagung, dan sebagainya.


  • Produksi Industri

Produksi tipe ini memproses bahan mentah atau bahan baku jadi barang 1/2 jadi atau barang selesai. Produksi tipe ini menambahkan nilai buat agar digunakan oleh manusia dengan pendayagunaan yang lebih bagus kembali.


Contoh: baju, sepeda motor, mobil, pesawat terbang, pakan ternak, obat, alat kesehatan, minuman dan makanan, hijab, mesin, alat electronic, dan sebagainya.


  • Produksi Perdagangan

Produksi tipe ini bergerak dengan menyambungkan di antara produsen dengan customer supaya barang yang dibuat bisa tersebar luas di pasar. Pendistribusian barang dari produsen ke customer terdiri jadi beberapa macam, yaitu:


  • 1). Langsung dari produsen ke customer

Perdagangan langsung dilaksanakan sendiri oleh produsen. Umumnya produksi semacam ini dilaksanakan oleh pengusaha-pengusaha rasio kecil atau perusahaan besar yang mempunyai mekanisme pemasaran ritel.


Contoh: pembikin pentol jual langsung ke customer bakso.


  • 2). Semi langsung

Perdagangan ini lewat mediator. Customer beli barang tidak langsung ke produsen, tetapi ke pedagang ketengan . Maka, produsen jual barang ke pedagang ketengan.


Contoh: reseller, warung, toko, minimarket, dan supermarket.


  • 3) Tidak langsung

Perdagangan ini dilaksanakan dengan posisi produsen- pedagang grosir/agen/ distributor- pedagang ketengan- customer.


  • e. Produksi Jasa

Produksi jasa sebagai produksi yang hasilkan produk bukan berbentuk barang, tetapi berbentuk jasa. Saat lakukan produksi ini diperlukan ketrampilan tertentu. Dari hasil produksi jasa berbentuk tidak nyata, tidak nyata, dan tidak dapat digenggam, tetapi kehadirannya bisa dirasa faedahnya.


Factor Kegiatan Produksi

Proses tambahan nilai buat satu barang tidak sukses bila tidak ada support beberapa faktor ini.


Segala hal yang disiapkan alam dapat berperan sebagai bahan baku atau bahan mentah proses produksi. Masuk ke kelompok ini ialah hewan dan tumbuhan, udara, air, tanah, dan cahaya matahari, dan mineral dan beragam bahan tambang.


Semua kekuatan atau usaha manusia secara rohani dan jasmani yang digunakan buat tingkatkan nilai faedah barang. Ada dua pembagian barisan ini, yaitu:


SDM menurut kualitas

  1. Tenaga kerja terdidik. Perlu pengajaran resmi supaya bisa jalankan pekerjaannya, seperti arsitek, dokter, dan psikiater.
  2. Tenaga kerja trampil. Perlu ketrampilan khusus agar dapat menyelesaikan kerjanya, contoh penjahit, supir, dan penata dandan.
  3. Tenaga kerja tidak resmi (tidak terdidik dan tidak terbiasa). Tanpa pengajaran atau training khusus masih tetap dapat bekerja, seperti kuli bangunan dan petugas kebersihan.
  4. SDM menurut karakter tugas
  5. Tenaga kerja jasmani, memercayakan tenaga fisik dalam bekerja. Contoh, kuli panggul dan nelayan.
  6. Tenaga kerja rohani, mengikutsertakan semakin banyak perasaan dan pikiran saat bekerja. Misalkan, guru, psikiater, dokter, dan seniman.
  7. Modal seperti "bahan bakar" untuk produsen untuk jalankan roda produksi satu usaha. Pengelompokkan modal dilaksanakan menurut factor ini.

Karakter

  • Modal masih tetap, dapat digunakan berkali-kali.
  • Modal lancar, habis dalam satu masa produksi.
  • Sumber
  • Modal sendiri, datang dari pemilik perusahaan sendiri.
  • Modal asing, mengambil sumber dari faksi external atau luar perusahaan.
  • Pemilikan
  • Modal pribadi, berbentuk modal perseorangan yang hasilnya jadi sumber penghasilan pemilik modal.
  • Modal khalayak, dapat mengambil sumber dari pemerintahan dan hasil digunakan untuk kebutuhan umum.
  • Wujud
  • Modal abstrak, tidak kelihatan riil tapi mempunyai arti khusus, seperti hak paten, ijin beredar, dan sertifikasi halal.
  • Modal nyata, kelihatan riil dengan bentuk fisik, contoh mesin, kendaraan, dan bangunan.


Kegiatan produksi dapat berjalan mulus saat pribadi memiliki ketrampilan dan ketrampilan buat mengurus factor produksi yang disebutkan barusan. Misalnya, ketrampilan dalam rencana, koordinasi, pemantauan, dan pendorongan.


Diawali dari cari tahu trend pasar, keperluan customer, sampai data konsumen setia, semua akan memberikan dukungan jalannya produksi. Didukung oleh perkembangan tehnologi info, kamu akan gampang memperoleh beragam data penting agar proses produksi lebih maksimal.


Contoh Kegiatan Produksi

Beberapa contoh kegiatan produksi dapat kamu baca dari sekitar lingkungan, seperti salah satu contoh kegiatan produksi yaitu:


  • Nelayan tangkap ikan untuk selanjutnya dipasarkan pada tempat pelelangan ikan.
  • Petani menanam dan memproses sawah untuk produksi padi.
  • Industri rumah tangga memproses singkong dan dibungkus jadi keripik singkong pedas untuk dipasarkan di toko oleh-olehan.
  • Pabrik konveksi menghasilkan kaos beragam mode yang selanjutnya dipasarkan di departemen toko.
  • Perusahaan menghasilkan beragam barang keperluan rumah tangga, seperti detergent, sabun mandi, sabun pembersih piring, dan pewangi baju.
  • Psikiater buka agen diskusi yang layani recruitment dan asesmen pegawai.
  • Sutradara menghasilkan film bersama artis, artis, dan crew film.


Pahami kegiatan produksi akan menolong kamu dalam pengaturan taktik distribusi barang dan jasa nanti. Produksi jadi sisi pokok saat kamu jalankan sebuah usaha. Karena itu, semua faktor berkaitan management proses produksi penting diingat agar usaha ini dapat jalan maksimal dan memberikan keuntungan optimal.


Bangun Dana Sekalian Beri Kontributor Untuk Ekonomi Nasional dengan Lakukan Permodalan Untuk UKM Bersama Akseleran!


Untuk kamu yang ingin menolong meningkatkan usaha kecil dan menengah di Indonesia, P2P Lending dari Akseleran ialah tempatnya. Sebagai basis peningkatan dana yang maksimal dengan bunga sampai 21% /tahun kamu bisa mengawalinya cukup dengan Rp100 ribu saja.


Mempersoalkan kegiatan dalam permasalahan ekonomi kekinian dan classic akan senantiasanya terkait dengan bagaimana produk bisa sampai dipasar selanjutnya dibeli dan dimakan customer pasti membutuhkan ulasan yang panjang. Karena kegiatan ekonomi itu bukan saja sekitar berapakah harga produk untuk dapat diperoleh atau dimakan customer tetapi lebih dari itu.


Kita perlu menyelisik lebih dalam berkenaan sebuah produk terhitung bagaimana kegiatan produksi, distribusi dan konsumsinya. Oleh karena itu dalam tulisan ini tidak mempersoalkan bagaimana dan berapakah harga sebuah produk di pasar tetapi kegiatan produksi, distribusi dan konsumsi yang terjadi dalam masyarakat.


Awalnya, perlu dikenal jika kegiatan produksi, distribusi dan konsumsi sebagai hal yang lain. Tiga hal itu mempunyai pengertian dan ketentuan dan peranan yang lain dalam kegiatan ekonomi. Oleh karena itu akan diterangkan satu-satu terkait dengan kegiatan produksi, distribusi dan konsumsi.


Perbedaan Produksi, Distribusi, dan Konsumsi

Produksi sebagai satu kegiatan yang ditangani untuk menambahkan nilai buat satu berbeda terhitung membuat benda baru (kreasi) sebagai wujud pengembangan produk hingga semakin lebih berguna dalam penuhi tuntutan hidup. Proses produksi sebagai tingkatan awalan yang perlu dilalui sebuah produk saat sebelum didistribusi atau sampai pada tangan customer.


Biasanya, proses produksi ini membutuhkan saat yang berbeda bergantung pada tipe dan produk yang dibuat. Contoh saja menghasilkan sebuah peralatan untuk membuat pesawat terbang pasti habiskan waktu yang lain saat menghasilkan produk mie instant.


Oleh karena itu proses produksi berdasar langkah dan lamanya dikelompokkan dalam empat jenis yaitu proses produksi pendek, proses produksi panjang, proses terus-menetus atau terus-menerus dan proses produksi berselingan atau intermitten.


Faksi yang jalankan satu kegiatan atau usaha produksi disebutkan produsen, kegiatan produksi ini diperuntukkan untuk penuhi keperluan manusia buat terbentuknya keadaan makmur dan sejahtera dalam kehidupan.


Untuk kelancaran sebuah kegiatan produksi, ada faktor-faktor yang penting jadi perhatian meliputi; factor sumber daya alam, sumber daya manusia (tenaga kerja), sumber daya modal dan ketrampilan atau kekuatan kewiraswastaan.


Sementara buat mengoptimalkan proses produksi satu produk, ada banyak bidang yang penting jadi perhatian, salah satunya ialah:


Seterusnya tingkatan yang dibutuhkan supaya sebuah produk bisa dimakan oleh customer, dibutuhkan tahapan kelanjutan sesudah kegiatan produksi yaitu kegiatan distribusi. Distibusi ialah satu proses pengutaraan produk atau jasa yang dari produsen sampai pada customer.


Distribusi bukan saja mencakup sebuah proses penyalurah produk supaya sampai di pasar atau pada tangan customer, tetapi berisi sebuah usaha inovatif buat pasarkan sebuah produk hingga memiliki kandungan nilai atau citra dari sebuah produk yang diperlukan customer.


Lewat nilai sosial atau citra produk itu, diharap customer akan inginkan dan konsumsi produk itu.


Wujud usaha distribusi yang bisa dilaksanakan buat menyokong marketing produk salah satunya berbentuk promo, pengutaraan info tentang manfaat dan faedah produk, status produk terhitung pemilikan atau langkah pembayaran produk itu. Adapun arah yang diharap proses dari distribusi salah satunya ialah:


Jaga keberlangsungan perusahaan, lewat distribusi produk yang lancar dan baik, sebuah perusahaan segera dapat bertahan karena produk yang dibuat bisa diterima di pasar dan hasilkan keuntungan hingga terbentuk keberlanjutan dalam produksi barang dan jasa dengan perusahaan. Dengan terjaganya keberlanjutan itu pasti terjaga juga kualitas dan nilai barang produksi yang dibuat oleh perusahaan.


Pemerataan dalam pemenuhan customer di beberapa wilayah atau menghindar kelangkaan. Distribusi produk bukan saja bermanfaa untuk perusahaan tetapi untuk warga yang membutuhkan produk itu atau jadikan produk yang ditawarkan sebagai produk primer dalam pemenuhan hidupnya.


Dengan memperhitungkan warga dari kelangkaan lewat pemerataan pemenuhan customer akan berpengaruh baik di harga yaitu harga jadi konstan dan bisa dicapai oleh warga umum.


Tahapan seterusnya sesudah barang terbagi secara baik selanjutnya dibeli atau diganti oleh customer ialah konsumsi. Konsumsi sebagai kegiatan yang mempunyai tujuan untuk kurangi atau habiskan daya buat satu benda, berbentuk produk barang atau jasa baik secara perlahan-lahan atau sekalian.


Menurut N.Gregory Mankiw, konsumsi disimpulkan sebagai kegiatan pembelajaan barang dan jasa oleh rumah tangga, mencakup: peralatan, kendaraan, dan barang yang tidak kuat lama seperti makanan dan baju. Sementara pembelajaan jasa yang diartikan ialah barang yang tidak berbentuk nyata seperti pengajaran. Faksi yang habiskan daya buat produk atau menggunakan produk itu disebutkan dengan customer.


Jika produk dibeli tidak untuk dikonsumen sendiri tetapi dipasarkan atau diproses kembali karena itu faksi itu disebutkan retail atau distributor. Oleh karena itu tipe konsumsi dipisah jadi dua yaitu konsumsi langsung yang faksinya disebutkan customer dan konsumsi tidak langsung yang faksinya disebutkan distributor atau retail.


Arah dari kegiatan konsumsi itu tidak lain untuk penyukupan kebutuhan rohani dan jasmani hingga customer atau distributor bisa menggunakan atau jual nilai buat satu barang sekalian atau perlahan-lahan (setahap).


Selanjutnya buat membandingkan kegiatan konsumsi harus dipahami beberapa ciri kegiatan konsumsi yang mencakup:


  1. Dilaksanakan langsung untuk penuhi keperluan dan kepuasan hidup manusia
  2. Produk yang dimakan mempunyai nilai dan faedah untuk manusia
  3. Produk baik berbentuk barang atau jasa yang dipakai bisa menyusut atau habis, dan
  4. Produk yang dimakan sebagai barang ekonomi yang didapatkan dengan pengorbanan seperti diganti atau dibeli


Contoh Kegiatan Produksi, Distribusi, dan Konsumsi

Sesudah pahami pengertian dan kegiatan berkaitan produksi, distribusi dan konsumsi atas, buat ketahui praktek produksi, distribusi dan konsumsi dalam masyarakat. Beberapa contoh kegiatan yang berada di warga salah satu contoh kegiatan produksi yaitu:


  • Petani mengurus sawah untuk hasilkan pagi sebagai wujud produksi
  • Ada seseorang yang membudidayakan Jamur Tiram sebagai produksi yang sisi dibanding kenaikan ekonomi atas penghasilan yang dipunyainya.
  • Sebuah pabrik menghasilkan sepatu untuk dipasarkan di toko sepatu
  • Sebuah pabrik membenahi barang electronic yang hancur supaya jadi pantas dipakai untuk selanjutnya dipasarkan
  • Ibu rumah-tangga memproses bahan yang dibelinya di pasar jadi masakan untuk dipasarkan di tepi jalan
  • Perusahaan menghasilkan peralatan pesawat terbang
  • Perusahaan menghasilkan mie instant
  • Penjual bakso jual makanannya ke customer di tepi jalan
  • Perusahaan mie instant pasarkan produk mie instant ke minimarket di semua Indonesia
  • Sebuah perusahaan mie instant pasarkan produk mie instant ke pasar
  • Sebuah perusahaan furniture jual produk furniturenya ke beragam pulau di Indonesia
  • Pabrik tekstik jual produknya berbentuk pakaian ke department toko
  • Penjual sayur lakukan pemasaran sayur keliling dengan memakai gerobak
  • Penjual jamu jual jamunya keliling dusun dengan dibakul
  • Penjual balon berkeliling-keliling perumahan memakai sepeda motor jual balonnya
  • Seorang anak makan makanan ringan yang ditawarkan di dekat sekolahnya
  • Naik angkot untuk pergi ke sekolah sebagai wujud konsumsi layanan transportasi
  • Pergi ke dokter sebagai wujud konsumsi service kesehatan
  • Seorang anak beli nasi kuning di tepi jalan untuk dimakan saat istirahat di sekolah
  • Seorang pengendara sepeda motor beli premum untuk kendaraannya
  • Seorang remaja berkunjung department toko untuk beli pakaian untuk dikenainya saat acara pesta tahun baru


Tahapan Dalam Produksi

Dalam produksi terdiri dari beberapa tahapan yang  harus dilalui, apa saja itu berikut tahapan produksi khususnya yang berbentuk barang:


  • Konsep produk
  • Riset
  • Pembuatan dan pengembangan desain produk
  • Fiksasi desain
  • Pembuatan prototype
  • Uji dan validasi prototype
  • Produksi massal
  • Perakitan
  • Feedback dan pengujian
  • Pengembangan produk
  • Produk akhir


Demikian tadi pembahasan mengenai " Salah Satu Contoh Kegiatan Produksi Yaitu " semoga artikel ini dapat membantu kamu yang sedang mengerjakan soal. Terimakasih telah berkunjung ke bacahape, salam sukses selalu.


Tags: kegiatan distribusi adalah, kegiatan produksi adalah, contoh kegiatan produksi adalah, contoh kegiatan distribusi, 5 contoh kegiatan distribusi, contoh kegiatan ekonomi