Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Apa Saja Prosedur Pembuatan Konstruksi Miniatur Jembatan

Apa saja prosedur pembuatan konstruksi miniatur jembatan ~ Dalam artikel ini akan kami jelaskan prosedur-prosedur didalam pembuatan miniatur jembatan, simak lengkap artikelnya.


Apa Saja Prosedur Pembuatan Konstruksi Miniatur Jembatan

Apa Saja Prosedur Pembuatan Konstruksi Miniatur Jembatan


Keyword: prosedur pembuatan konstruksi miniatur jembatan dimulai dari tahap, konstruksi miniatur jembatan, proses terakhir dalam pembuatan miniatur jembatan disebut, sebutkan prosedur pembuatan konstruksi miniatur jembatan, prosedur pembuatan konstruksi miniatur jembatan, jelaskan prosedur pembuatan konstruksi miniatur jembatan


Membuat Perancangan Konstruksi Miniatur Jembatan

Prosedur pembuatan konstruksi miniatur jembatan diawali dari tahapan pembuatan perancangan atau disain. Tahapan perancangan ini berperan sebagai gambaran singkat dan dasar seorang dalam hasilkan sebuah kreasi atau produk. Disain atau perancangan yang perlu dibikin mencakup perancangan wujud/sketsa dan perancangan proses pembuatan.


Perancangan Sketsa

Perancangan wujud atau sketsa sebuah deskripsi bagaimana wujud jembatan yang hendak dibikin. Oleh karenanya, tuang saja semua daya kreasi kita supaya perancangan yang dibikin jadi terlihat cantik. Gambar sketsa bisa dibikin dengan manual atau memakai tehnologi computer.


Perancangan Proses Pembuatan

Sesudah membuat perancangan wujud atau sketsa, setelah itu tahapan membuat proses pembuatan. Membuat proses pembuatan ini dibutuhkan supaya pembuatan konstruksi miniatur jembatan jadi lebih terukur.


Perancangan proses pembuatan mencakup perancangan (pilih dan tentukan) alat dan bahan yang hendak dipakai dan cara kerja pembuatan konstruksi miniatur jembatan yang hendak dibikin.


Setelah kita mengetahui apa saja prosedur pembuatan konstruksi miniatur jembatan. Selanjutnya kita akan membahas produk atau alat dan bahan pembuatan konstruksi miniatur jembatan.


Alat dan Bahan Pembuatan Konstruksi Miniatur Jembatan

Apa saja produk pembuatan konstruksi miniatur jembatan? berikut ini beberapa produk alat dan bahan untuk membuat konstruksi miniatur jembatan.

  • Stik es cream
  • Gunting
  • Cutter
  • Penggaris
  • Cat Warna
  • Lem/Perekat dan Kuas
  • Kertas Karton
  • Selotip


Prosedur Pembuatan Miniatur Jembatan

  • Bikinlah sketsa atau gambar skema tiang dan jalan sama ukuran tertentu di atas kertas karton. Lantas potong skema itu dengan memakai cutter supaya hasilnya lebih rapi.
  • Hubungkan pola-pola itu dengan memakai selotip.
  • Pasangkanlah stik es cream sebagai tiang dan fondasi pada skema yang sudah dihubungkan dengan memakai perekat lem.
  • Berilah warna dengan mengecat semua sisi sesuai warna yang sudah diperkirakan awalnya. Pakailah cat air karena bahan dibuat dari kertas. Bila bahan intinya dari kayu atau tripleks karena itu pengecatan bisa memakai cat tembok.
  • Konstruksi miniatur jembatan usai dan siap dikasih hiasan.
  • Tahapan finising, gunakanlah konstruksi miniatur jembatan di atas alas karton dan berilah hiasan tambahan seperti pohon, lampu jalan, mobil, dan lain-lain supaya jadi lebih menarik.


Tehnik Pembuatan Miniatur Jembatan

Beberapa tehnik dasar yang dipakai untuk membuat suatu miniatur jembatan ialah tehnik persambungan dan tehnik pengokohan.


Tehnik Persambungan

Tehnik persambungan ialah tehnik yang dipakai untuk menghubungkan atau menyatukan 2 buah benda atau lebih.


Tehnik Pengokohan

Tehnik pengokohan sebagai tehnik yang dipakai untuk perkuat sebuah bangunan. Kemampuan konstruksi miniatur jembatan dikuasai oleh bahan yang dipakai dan tehnik pembuatan.


Pada intinya, satu benda sanggup meredam beban dengan mempunyai kemampuan optimal tertentu. Berdasar Hukum Newton III, jika style tindakan yang diberi di suatu benda akan hasilkan style reaksi yang serupa.


Saat style tindakan yang diberi kurang atau sama dengan kemampuan optimal satu benda, karena itu benda bisa meredam beban itu. Tetapi, saat style tindakan yang diberi lebih dari kemampuan optimal, karena itu benda itu bisa alami peralihan wujud atau ambruk.


Benda bisa meredam beban jika benda mempunyai sandaran yang menyalurkan style reaksi karena style tindakan pada beban. Titik pijak itu bisa ditempatkan pada setiap segi benda.


Berdasar pemikiran itu, bisa diambil kesimpulan jika titik pijak yang ditempatkan pas di ujung lebih kurang kuat dalam meredam beban dibanding titik pijak yang ditempatkan nyaris di ujung.


Untuk perkuat titik pijak konstruksi miniatur jembatan , kamu bisa memakai tehnik bracing. Bracing sebagai salah satunya tehnik untuk mengamankan supaya titik pijak lebih kaku hingga sanggup untuk meredam beban lebih bagus. Bracing ialah komposisi batang-batang kaku yang berperan untuk perkuat susunan satu bangunan.


Demikian artikel mengenai apa saja prosedur pembuatan konstruksi miniatur jembatan. Semoga bermanfaat, salam suskes.