Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Penjelasan Fungsi Manajemen Proyek Padat dan Jelas

Managemen merupakan hal penting yang harus dimiliki oleh instansi atau apapun yang memerlukan keteraturan. Agar tujuan yang di inginkan bisa tercapai dengan sempurna.

Fungsi Manajemen Proyek Beserta Penjelasannya

Fungsi Manajemen Proyek Beserta Penjelasannya


Berikut ini artikel yang membahas pengertian lengkap mengenai Manajemen Proyek :

Pengertian Manajemen

Manajemen adalah suatu ilmu, seni, profesi, sistem, dan proses yang berfungsi menjembatani suksesnya suatu tujuan tertentu. Manajemen memang hal yang tidak patut disepelekan karena abai terhadap manajemen bisa mengakibatkan rancu bahkan gagalnya suatu pekerjaan.

Secara singkat, pengertian manajemen adalah ilmu untuk mengatur sumberdaya yang tersedia untuk tujuan-tujuan tertentu.

Pengertian Proyek

Pengertian proyek adalah suatu kegiatan yang pengerjaannya telah diatur sedemikian rupa sesuai waktu yang telah ditentukan. Ciri dari suatu proyek ialah adanya pengaturan waktu, anggaran, bahan yang dibutuhkan dan keperluan lainnya secara rinci. Adapun contoh proyek yaitu pembuatan gedung perkantoran, pembuatan fasilitas umum, pembuatan saluran air, pembuatan taman kota dan lain sebagainya. 


Pengertian Manajemen Proyek

Dua pengertian diatas sebenarnya sudah menjelaskan apa itu manajemen proyek. Untuk lebih jelasnya pengertian manajemen proyek adalah disiplin ilmu untuk mengorganisir, mengelola, dan merencanakan suatu proyek agar menghasilkan tujuan-tujuan yang diinginkan.

Manajemen proyek harus ada dan diterapkan didalam proyek agar ketika dilapangan tidak terjadi kerancuan pembagian tugas dan pengelolaan. Ilmu manajemen proyek wajib dimiliki oleh para CEO, kontrakor ataupun pekerja sekalipun, agar langkah kerja mereka terencana dengan baik.


Pengertian Manajemen Proyek Konstruksi

Manajemen Proyek Konstruksi adalah suatu tata kelola kontruksi yang dibuat secara sistematis, agar mengahsilkan bangunan yang kokoh dan tahan lama sesuai yang menjadi tujuannya. Perlu diketahui beberapa hal yang harus diperhatikan didalam manajemen proyek konstruksi, yaitu

1. Sebagai Quality Control

Artinya proyek yang berjalan harus terkontrol dengan baik, apakah sesuai dengan pa yang sudah direncanakan atau belum

2. Antisipasi Hal Diluar Perkiraan

Artinya manajemen proyek kontruksi bisa memonitoring perubahan apasaja yang tidak muncul direncana awal. Jika hal ini cepat diketahui maka hal buruk yang diakibatkan bisa diminimalisir.

3. Memudahkan Pembuatan Laporan

Artinya ketika kita akan membuat laporan, entah itu laporan harian, mingguan, bulanan atau tahunan maka akan lebih mudah ikerjakan.

4. Bahan Acuan

Hasil dari evaluasi yang dididapat dapat dijadikan tindakan untuk pengambilan keputusan.

5. Bahan Analisa

Artinya hasil analisa dari manajemen proyek dapat dijadikan penentu performa baik buruknya keadaan suatu proyek


Demikian tadi artikel tentang Fungsi Manajemen Proyek Beserta Penjelasannya. Semoga bermanfaat.

Jangan lupa lengkapi pengetahuanmu tentang dunia proyek disini.