Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

4 Peran Stakeholder Didalam Proyek Yang Wajib Dimengerti

Suatu perusahaan akan berjalan dengan sempurna jika seluruh elemen yang terlibat didalamnya melakukan tugasnya dengan baik. Baik itu tugas sekecil apapun seorang stakeholder wajib mempertimbangkannya.

Oleh karena seorang stakeholder memiliki tugas dan tanggung jawab proyek atau perusahaan yang sangat besar, maka akan kami paparkan beberapa peran stakeholder beserta penjelasannya secara lengkap.

4 Peran Stakeholder Didalam Proyek Yang Wajib Dimengerti


4 Peran Stakeholder Didalam Proyek

1. Pengambil Keputusan

Peran stakeholder adalah memutuskan seluruh hal yang berhubungan dengan proyek dengan mengadakan rapat mulai dari jajaran eksekutif, direktur dan lainnya. Didalam peran ini stakeholder harus merangkul dan mengatur banyaknya lembaga atau kepentingan agar sesuai dengan visi misi perusahaan, jika hal ini dilakukan dengan baik, kedepan perusahaan atau proyek akan berjalan dengan baik dan cepat mengalami kemajuan.

Peran seorang stakeholder juga bisa memecat CEO yang memiliki kinerja kurang baik. Peran ini yang menjadikan baik buruknya kualitas pekerja didalam proyek dengan cara diseleksi dengan cermat oleh stakeholder.

2. Pengelolaan Secara Langsung

Stakeholder memang dituntut untuk jeli dan bertindak secara tepat agar supaya masyarakat proyek bekerja secara profesional, hal ini karena pengawasan seorang stakeholder dilakukan secara langsung. Dengan demikian kejelian membaca situasi didalam proyek atau perusahaan harus wajib dimiliki seorang stakeholder.

Di perusahaan memang tidak semua stakeholder bisa terlibat secara langsung didalamnya, seringkali diperusahaan swasta stakeholder bisa berperan langsung. Disini pentingnya memilih investor dan individu atau kelompok yang akan ikut berpartisipasi didalam proyek, dikarenakan pentingnya peran stakeholder dalam hal ini.

3. Sebagai Investor

Peranan stakeholder yang tidak kalah penting adalah sebagai pengadaan dana suatu perusahaan. Artinya stakeholder menjadi investor yang perannya bisa menambah atau mengurangi jumlah investasi mereka.

Seperti yang telah dijelaskan diatas, peran stakeholder memang sangat penting maka pilihlah investor dengan cermat, sesuaikan dengan tujuan utama perusahaan. Jika memiliki tujuan yang sama maka perusahaan dengan leluasa bertindak dan dengan mudah mendapatkan dana-dana tambahan.

4. Bertanggung Jawab Dimata Sosial

Artinya seorang stakeholder dituntut dimata sosial agar bisa menyeimbangan seluruh elemen yang terlibat didalam perusahaan. Hal ini bisa dilakukan dengan para investor, lembaga, distributor karyawan sampai konsumen.

Keseimbangan ini pada akhirnya akan membuat seorang stakeholder dapat dengan tepat menentukan keputusannya. Lain cerita jika stakeholder gagap untuk merangkul seluruh elemen ini, bisa-bisa akan terjadi protes dikalangan tertentu yang dikarenakan tidak adilnya sebuah keputusan stakeholder.


Jenis-jenis Stakeholder

Didalam perusahaan atau proyek peranan stakeholder bermacam-macam sesuai dengan posisi dan kekuatannya. Oleh karena itu stakeholder dibagi kedalam beberapa jenis yaitu

1. Stakeholder Primer

Stakeholder primer yaitu mereka yang memunya peranan untuk menentukan keputusan yang sangat berpengaruh terhadap kesehatan dan masa depan proyek. Keputusan ini diambil dari keadaan yang ada dilapangan, kesesuaian antara keputusan dan keadaan lapangan adalah faktor penting untuk dijadikan sumber keputusan seorang stakeholder.

Adapun stakeholder primer terdiri dari direktur, investor, tokoh masyarakat, masyarakat yang terlibat dan lainya.

2. Stakeholder Pendukung (Sekunder)

Stakeholder sekunder yaitu mereka yang keterlibatannya tidak begitu berpengaruh didalam proyek namun keberadaannya sebagai pendukung. Artinya mereka memang oleh perusahaan dari awal tidak dilibatkan namun mereka secara empati ingin ikut terlibat untuk mengontrol keberlangsungan suatu proyek.

Adapun stakeholder sekunder bisa terdiri dari lembaga pemerintah baik pusat atau daerah, LSM atau Lembaga Swadaya Masyarakat yang memperjuangakan lingkungan karena dampak perusahaan, perguruan tinggi atau kelompok akademisi yang bertugas mengontrol keputusan perusahaan dan pemerintah.

3. Stakeholder Kunci

Stakeholder kunci adalah mereka yang memiliki kewenangan resmi ketika mengambil keputusan didalam proyek. Mereka terdiri dari lembaga atau invidu seperti pemerintah daerah, DPRD kabupaten dan dinas terkait yang ada didaerah.


Kesimpulan

Dari artikel diatas bisa kita simpulkan bahwa stakeholder memiliki pernana yang sangat penting didalm keberlangsungan suatu proyek. Dengan kita mengetahui pernana ini diharapkan bisa membawa perusahan kearah yang lebih baik, anda juga bisa mencari tau tips mengelola perusaan disini

Demikian artikel menganai peran stakeholder semoga bermanfaat.