Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Nasib Proyek Kereta Cepat Jakarta - Bandung Saat Ini

Proyek kereta cepat Jakarta Bandung dibawah naungan kereta api indonesia sedang hangat diperbincangkan akhir-akhir ini karena kasus pencurian rell kereta yang jumlahnya jika di rupiahkan mencapai 1 M. Beruntung para pelakunya segera diringkus oleh pihak kepolisian.

Menurut kepolisian pencurian rell kereta pada proyek kereta cepat Jakarta - Bandung sudah berlangsung selama enam bulan. Selama enam bulan para pelaku sudah menggasak rell kereta seberat 111 ton besi proyek

Ada-ada saja ya nasib proyek ini, belum juga selesai perihal dibatalkannya kerjasama dengan Jepang dan di ganti dengan Cina sekarang palah semakin ramai dengan keputusan presiden Joko Widodo menggunakan APBN untuk menyuntik anggaran proyek ini.

Apasih yang sebenarnya terjadi dengan kereta api indonesia ? simak artikelnya

Nasib Proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung Saat Ini

Kereta Cepat Indonesia Cina atau disingkat KCIC merupakan proyek besar pemerintah untuk mempermulus laju ekonomi dan kesejahteraan.

Proyek ini di komandoni oleh, Dwiyana Slamet Riyadi, sebagai direktur utama KCIC dimulai sejak berdirinya proyek ini pada tahun 2016 sampai sekarang.

Dirut KCIC mengatakan proyek kereta cepat Jakarta-Bandung tahun ini genap memasuki usia ke 6 dan ditargetkan selesai pada tahun 2022.

Selama perjalanan 6 tahun KCIC banyak sekali pro kontra oleh berbagai kalangan. Prokontra itu meliputi pembatalan kerjasama proyek KCIC yang semula menggandeng Jepang dan pada akhirnya Cina masuk menggantikan posisi Jepang pada proyek ini, selanjutnya janji presiden yang semula tidak akan menggunakan dana APBN dalam proyek ini dan pada akhirnya janji itu dibatalkan sendiri.

Perjalanan KCIC  yang semula dipegang olel PT WIKA sekarang beralih ke PT Kereta Api Indonesia (KAI). Peralihan ini dikarenakan presiden meralat struktur konsorsium agar suntikan dana melalui penyertaan modal negara bisa dikucurkan guna mempercepat penyelesaian proyek KCIC.

Bukan hanya pemberian modal negara saja, pemerintah juga mengizinkan PT KAI atau kereta api indonesia untuk menerbitkan surat hutang guna percepatan penyelesaian proyek ini.

Lalu bagaimana kelanjutan nasib proyek besar ini kedepannya?

Yang jelas kita sebagai masyarakat harus terus memantau proyek Kereta Cepat di bawah naungan kereta api indonesia ini agar berjalan sesuai rencana dan kita harapkan bersama agar anggaran besar proyek ini ini tidak di gelapkan oleh oknum-oknum jahat.

Simak info kereta api indonesia disini

Simak artikel tentang dunia proyek disini