Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

7 Manfaat Batubara Bagi Umat Manusia

7 Manfaat Batubara Bagi Umat Manusia, Batubara pada kehidupan manusia hari ini tidak bisa di pisahkan karena pentingnya batubara sebagai sumber energi bagi laju gerak aktifitas umat manusia.


7 Manfaat Batubara Bagi Umat Manusia
7 Manfaat Batubara Bagi Umat Manusia


Batubara yang ratusan taun silam sudah digunakan masih saja berkontribusi untuk umat manusia bahkan konsumsi batubara dari tahun ke tahun mengalami peningkatan yang signifikan.
Dikutip dari Kementrian ESDM untuk kebutuhan batubara beberapa tahun ke depan sampai tahun 2050 masih akan tinggi sekitar 425 juta ton.


Wow besar ya, apakah besarnya konsumsi batubara dengan pencegahan dampak lingkungannya bisa seimbang? Ayo kita pantau terus si emas hitam ini! 😎



Walaupun dulu pernah terdengar desas desus batubara sebagai sumber pencemaran lingkungan bukan berarti penggunaan batubara berkurang loh. Apalagi di buatnya tekhnologi mutakhir yang berkembang semakin canggih untuk meminimalisir dampak buruk batubara bagi lingkungan. Jelas penggunaan batubara makin hari makin semakin besar.


Pembangkit listrik merupakan dalang dari besarnya konsumsi batubara di dunia.Tercatat 39 % seluruh listrik di dunia di hasilkan oleh emas hitam ini.



Lalu apakah batubara hanya bisa digunakan sebagai pembangkit listrik ? jawabannya TIDAK, ada banyak manfaat batubara bagi umat manusia lainnya. Lalu apasajakah manfaat batubara lainnya? Simak bahasan dibawah ini.


Apa manfaat dari batu bara? Manfaat batubara telah dikenal sejak ratusan tahun yang lalu. Kebermanfaatnya semakin hari juga semakin meluas seiring berkembangnya tekhnologi.



Berikut 7 Manfaat Batubara Bagi Kehidupan Manusia

  • Bahan untuk membuat obat kumur
Ya Obat kumur yang sering kamu gunakan agar mulutmu bersih. Penggunaan batubara untuk bahan membuat obat kumur karena batubara mengandung Fenol yang bisa digunaka sebagai antiseptik.


  • Untuk mengawetkan vaksin
Seperti vaksin untuk penyakit pneumonia, vaksin untuk meningitis, vaksin cacar dan vaksin polio.


  • Sebagai bahan pembuat sabun karbol
Sahabat bisa cek ricek komposisi sabun karbol milik sobat di kamar mandi.


  • Sebagai pengganti bahan bakar yang murah.
Jika kamu kehabisan gas di rumah, kamu bisa mengganti bahan bakarnya menggunakan batubara.


  • Untuk mencegah dan mengobati kuku  Cantengan.
Penggunaan batubara untuk obat cantengan harus di ekstrak dulu menjadi trichloroacetic acid  (TCA)

Perlu diperhatikan juga disamping batubara banyak sekali manfaafnya bagi kehidupan manusia ternyata dampak buruknya juga tidak kalah banyak. Lalu apasaja sih dampak buruk penggunaan batubara bagi kehidupan manusia? Berikut penjelasannya


Dampak Buruk Batubara Bagi Manusia


Selain dari dampak ekplorasi tambang batubara, mulai dari proses penambangan, pemrosesan sampai pembakaran, hulu sampai hilir aktifitas pengolahan batu bara terdapat dampak buruk yang sangat signifikan bagi kita semua, dampak buruknya yaitu


Krisis Iklim

Batubara di tuding bertanggung jawab sebagai biangkeladi dari perubahan iklim di muka bumi. Proses pembakaran batubara yang menghasilkan karbondioksida dituding yang menjadi penyebab ozon bumi kita terkikis.


Hujan Asam

Proses pembakaran batubara menghasilkan polusi udara yang menyebabkan terjadinya hujan asam.

Pencemaran Lingkungan

Hal ini dikarenakan limbah yang dihasilkan batubara mengandung merkuri yang menyebabkan kualitas tanah menjadi buruk. Jika tanah sudah buruk maka tumbuhan dan hewan akan menghilang bahkan manusia.



Bencana Alam

Jika galian tambang batubara yang sudah selesai penambangan tidak dilakukan reklamasi maka akan menyebabkan bencana alam seperti tanah longsor, banjir bandang dan bencana alam lainnya.


Demikian artikel mengenai manfaat batubara bagi umat manusia semoga menjadi pelajaran kita semua. Untuk kamu yang ingin memanfaatkan batubara alangkah baiknya mempertimbangkan dampak buruknya. Agar pemanfaat batubara yang ramah lingkungan bisa terwujud.

Salam Sukses

Terimakasih