Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pekerjaan Operator Produksi: Gaji Besar Dan Tanggungjawab Yang Berat

Daftar Isi [Lihat]

Pekerjaan Operator Produksi: Gaji Besar Dan Tanggungjawab Yang Berat - Di dunia industri operator produksi atau production operator sebagai status yang sanggup memuat banyak karyawan. Namun perlu diketahui, kalau pekerjaan ini membutuhkan skil yang mumpuni dibuktikan dengan ijasah atau sertifikat, simak lengkap mengenai tugas kerja operator produksi.


Pekerjaan Operator Produksi
Pekerjaan Operator Produksi


Status ini menggenggam peranan yang paling penting dalam tentukan keproduktifan satu perusahaan, mereka yang hendak tentukan hasil produk perusahaan. Dalam mengawali sebuah produksi, pekerjaan operator produksi sebagai status yang menghandle semua kerja produksi dimulai dari proses menyiapkan material produksi sampai finising.


Seorang operator ialah karyawan yang bekerja menjalankan sebuah mesin yang memproses bahan baku jadi bahan menjadi yang siap dibungkus atau diproses dan ditawarkan atau disuplai konsumen.


Setiap sisi dari perusahaan tentu saja mempunyai pekerjaan dan tanggung jawabannya masing-masing. Sama seperti yang telah di terangkan di atas, Pekerjaan operator produksi di pabrik sebagai seorang yang punyai peranan sentra dalam kegiatan produksi pada sebuah pabrik.


Pasalnya mereka penanggung jawab yang pastikan produksi jalan sama sesuai gagasan. Di dalam perusahaan industri, seorang operator pabrik mempunyai pekerjaan yang serupa, tetapi secara detil tiap industri mempunyai langkah kerja yang berbeda.


Pekerjaan dan tanggung-jawab antara karyawan pekerjaan operator produksi pabrik berbeda, bergantung tempatnya di pabrik itu. Lalu apa sebagai pekerjaan dan tanggung-jawab operator produksi adalah?


Pekerjaan dan jobdesk operator produksi untuk lakukan tiap cara pada proses produksi secara benar dan aman. Beberapa orang dibalik operator produksi berkewajiban untuk patuhi dasar keselamatan setiap waktu dan pastikan jika hasil produk penuhi standard kualitas.



Tags: operator produksi astra, tugas operator produksi di pt mayora, operator produksi gaji, pekerjaan operator adalah, tugas operator produksi pt epson, loker operator produksi, operator produksi pertamina, skill yang harus dimiliki oleh operator produksi


Tugas Operator Produksi

Walau pekerjaan operator produksi di setiap perusahaan berlainan, ada banyak hal biasa sebagai pekerjaan dan tanggung-jawab operator produksi. Salah satunya ialah:


  • Briefing dan Menyiapkan Material

Jobdesk operator produksi yang pertama ialah mendatangi briefing dan menyiapkan material produksi. Seorang operator produksi berkewajiban untuk datang setiap briefing di awal kerja menjadi tutorial dalam menuntaskan pekerjaan hari itu.


Disamping itu, jobdesk operator produksi untuk menyiapkan material. Ini dilaksanakan untuk memberikan dukungan proses produksi di tempat mesin produksi atau tempat produksi yang lain.


  • Menjalankan Mesin

Jobdesk operator produksi setelah itu untuk menjalankan mesin. Sesudah mendatangi briefing, karena itu tiap pegawai operator produksi langsung ke arah ke arah tempat kerja mereka atau ke arah mesin yang hendak dioperasionalkan masing-masing.


Aktivitas ini diawali dengan hidupkan mesin, jalankan mesin, sampai paling akhir mematikan mesin produksi. Kekeliruan atau keteledoran dalam menjalankan mesin dan yang lain bisa menjadi tanggung-jawab dari operator itu.


  • Seting Program Mesin Produksi

Salah satunya jobdesk operator produksi untuk lakukan seting program mesin produksi. Tentu saja ini perlu dilaksanakan sama sesuai standard atau spesifikasi dari mesin untuk menghindar kerusakan dan kekeliruan dalam mengoperkanasikannya.


Maka dari itu, seorang operator produksi harus juga mempunyai pengetahuan untuk menjalankan mesin. Disamping itu, memantau keadaan mesin agar bisa dipakai secara baik sebagai salah satunya jobdesk operator produksi.


  • Jaga Keproduktifan

Bukan hanya menjalankan mesin yang digenggamnya, jobdesk operator produksi untuk jaga keproduktifan produksi. Ini tentu saja terkait dengan usaha bekerja secara efektifitas dan efektivitas.


Jaga keproduktifan produk sebagai salah satunya langkah agar bisa penuhi sasaran yang telah ditetapkan. Keproduktifan produk ini harus dijaga supaya jalur produksi dapat berjalan mulus dan semua factor simpatisan dapat berperan secara baik.


  • Jaga Kualitas Produksi

Jobdesk operator produksi untuk jaga kualitas produksi. Ini mencakup hasil akhir yang dibuat dari keseluruhnya proses produksi. Untuk tentukan kualitas produksi, setiap perusahaan mempunyai standarisasinya masing-masing.


Nach, jobdesk operator produksi untuk mengecek kecacatan pada produk yang dibuat, kekeliruan pada produk, atau memeriksa apa hasil penuhi standard kualitas.


  • Pastikan Produk ke Proses Seterusnya

Sesudah usai mengolah bahan dengan mesin produksi yang digenggam, jobdesk operator setelah itu untuk pastikan produk sampai pada proses seterusnya.


Ini mencakup pengangkutan produk. Saat produk itu belum sampai pada proses seterusnya yang disebut arah produk dikirimkan, karena itu ini masih jadi sisi dari jobdesk operator produksi.


  • Memiara Media Kerja

Memiara media kerja sebagai sisi dari jobdesk operator produksi. Ini cukup dilaksanakan dengan ikuti SOP yang telah ditetapkan oleh perusahaan dan jalankan proses pemakaian dan perawatan mesin.


Maka dari itu, salah satunya jobdesk operator produksi mencakup lakukan pendataan saat lakukan agenda perawatan mesin. Seorang operator produksi harus pahami hal biasa yang terkait dengan mesin. Hingga bila ada kerusakan dapat terdeteksi lebih cepat.


  • Bekerja Sama sesuai Sasaran

Tiap operator produksi mempunyai sasaran produksinya masing-masing. Perihal ini pula yang jadi sisi dari jobdesk operator produksi. Sasaran produksi mencakup sasaran harian, mingguan, bulanan, atau masa. Bergantung peraturan perusahaan.


Bila ada seorang operator produksi tidak bisa penuhi sasaran produksi, karena itu ini dapat ikut memengaruhi semua proses produksi. Untuk perusahaan, sasaran produksi terkait langsung dengan client hingga dapat memengaruhi integritas perusahaan itu.


  • Membuat Laporan Produksi

Pekerjaan seterusnya dalam jobdesk operator produksi ialah membuat laporan produksi berbentuk harian atau bulanan. Laporan ini berisi mengenai info yang diperlukan perusahaan untuk menilai performa setiap sisi.


Disamping itu, mereka harus juga memberikan laporan bahan apa yang dipakai dan berapakah hasil produksi yang dibuat berbahan itu. Dari hitung laporan ini akan kelihatan adakah kekeliruan kalkulasi atau rugi dari setiap proses produksi.


Laporan kerja bisa juga berisi:


  1. Kualitas produk yang diraih
  2. Tipe produk yang dibuat
  3. Jam lembur
  4. Info tambahan yang lain

Pekerjaan dan Tanggung Jawab Seorang Operator Produksi

Selainnya mempunyai jobdesk operator produksi, ada banyak tanggung-jawab yang perlu disanggupi saat bekerja. Beberapa pekerjaan seorang operator produksi ialah:


  • Pastikan proses kerja yang sudah dilakukan telah sesuai yang ditetapkan saat briefing saat sebelum bekerja.
  • Pastikan segala hal dan semua proses produksi jalan sesuai SOP yang berjalan di perusahaan.
  • Mempersiapkan perlengkapan dan menjalankan mesin produksi dengan masih tetap patuhi peraturan perusahaan dan standard K3.
  • Pastikan sasaran produksi yang telah ditetapkan terwujud secara baik, lancar, efektif, dan maksimal.
  • Menolong atur jalur produksi dan membenahi kerusakan. Dan memberi laporan jika ada kekuatan kenaikan proses produksi.
  • Lakukan peninjauan dan perawatan perlengkapan secara periodik untuk pastikan kemampuan dan kualitas produksi terwujud dengan stabil.
  • Pastikan lingkungan kerja selalu bersih dan rapi.
  • Melanjutkan info briefing di saat penggantian shift kerja.
  • Jaga keamanan tempat kerja.
  • Pastikan dan membuat laporan kerja secara baik.


Dalam pada itu, tanggung-jawab dan jobdesk seorang operator produksi mencakup:


  • Pembikinan beragam produk
  • Pemantauan pada mesin atau alat yang dipakai
  • Memantau tiap pengepakan, pengangkutan, sampai mendokumenkan dari hasil proses produksi
  • Disamping itu, seorang operator produksi harus juga memahami mengenai standard dan peraturan produksi agar menjalankan mesin dengan aman, baik, dan efektif sepanjang bekerja.


Kwalifikasi Pekerja Operator Produksi

Dari beberapa jobdesk operator produksi, pekerjaan, dan tanggung jawabannya, ada banyak kwalifikasi umum untuk status penting ini.


Biasanya seorang operator produksi harus mempunyai minimum ijazah sekolah menengah atau sama dengan.


Beberapa perusahaan kemungkinan membutuhkan training khusus dengan mesin dan tehnologi tinggi. Maka dari itu, perusahaan harus melangsungkan on-the-job pelatihan untuk pegawainya dalam masalah ini.


Disamping itu, Anda pun perlu memerhatikan beberapa kekuatan penting yang perlu dipunyai operator produksi. Salah satunya ialah:


  1. Kekuatan menganalisa
  2. Kekuatan berbicara secara baik
  3. Kemampuan dan stamina fisik yang bagus
  4. Bisa menjalankan computer
  5. Mempunyai pengetahuan teknisi


Tiap perusahaan yang beroperasi di sektor manufacturing sebaiknya mempunyai rencana produksi yang masak dan tepat. Ini nanti akan punya pengaruh pada keefisienan dan kelancaran proses produksi.


Tidak itu saja, Anda harus juga memerhatikan tiap jalannya proses produksi. Khususnya dalam soal pendataan keuangan. Demikian keterangan berkenaan jobdesk operator produksi dalam suatu perusahaan.


Bila Anda memerlukan seorang operator produksi di perusahaan, dapat menyimpan lowongan pekerjaan di KitaLulus. Sekarang ini, program KitaLulus telah bekerja di Jabodetabek, Bandung, Makassar, Surabaya, Medan, Semarang, dan Gowa.


Demikian artikel mengenai pekerjaan operator produksi. Semoga artikel ini bermanfaat, terimakasih telah berkunjung ke bacahape, salam sukses selalu.


Tags: operator produksi gaji, operator produksi astra, pekerjaan operator adalah, tugas operator produksi di pt mayora, wewenang operator produksi, tugas operator produksi pabrik sepatu