Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kawat Yang Digunakan Untuk Las Karbit, Berikut Yang Recommend

Daftar Isi [Lihat]

Kawat yang digunakan untuk las karbit bermacam-macam jenis dan kualitasnya. Yang jelas Anda harus mengetahui kebutuhan pengelasan yang akan digunakan, simak artikel ini agar kamu tidak salah pilih.


Kawat Yang Digunakan Untuk Las Karbit


Jenis-Jenis Kawat Las Untuk Las Karbit

Kawat yang digunakan untuk las karbit bermacam-macam, berikut ini daftar merek las karbit:


  • TRUSCO Steel Wire
  • TRUSCO Stainless Steel Wire
  • TRUSCO Kawat Stainless Steel
  • TRUSCO Steel Wire
  • TRUSCO Stainless Steel Wire Small Type
  • Chosun Stick Electrodes Mild Steel
  • NIKKO STEEL Kawat Las Baja Lunak RD-460


Pada zaman industrialisasi sekarang ini, pengelasan sebagai tugas yang penting untuk mendukung pembangunan yang berbasiskan tehnologi, baik itu sektor konstruksi atau perlengkapan setiap hari. Awalnya kita sudah mengulas apakah itu pengelasan atau welding, dan bagaimanakah cara pilih mesin las terbaik.


Mesin las ialah alat yang digunakan untuk menyambung material seperti besi atau logam supaya jadi kesatuan wujud yang diharapkan sama sesuai perannya. Mesin las dipisah jadi 2 tipe, yakni mesin las karbit dan mesin las listrik.


Konsep kerja mesin las sendiri ialah dengan membakar atau memanasi sebuah kawat khusus untuk pengelasan dengan energi panas yang dibuat dari gas asetilena (acetylene) untuk mesin las karbit dan dari saluran listrik untuk mesin las listrik.


Saluran listrik dan gas asetilena (acetylene) diganti jadi api las yang nanti akan membakar, dan meluluhkan kawat las, hingga api dan lelehan yang dibuat itu bisa menyambung 2 ataupun lebih besi jadi kesatuan wujud yang diharapkan. Meskipun berlainan tipe sumber api, ke-2 tipe mesin las itu berkekuatan yang sama, hingga ke-2 nya baik untuk diterapkan dalam pengelasan industri atau rumah tangga.


Meski begitu, masih tetap ada ketidaksamaan dan kekurangan keunggulan pada 2 tipe mesin las itu, yang mana menjadi pemikiran saat menentukan tipe mesin las akan digunakan yang mana penggunaan kawat yang digunakan untuk las karbit dan listrik itu berbeda.



Tags: macam macam kawat las karbit, las karbit dengan lpg, harga kawat las karbit, kawat las bakar besi, kawat las acetylene, bahan las karbit, pakan las karbit, peralatan las karbit


MESIN LAS KARBIT

Mesin las karbit benar-benar pas untuk digunakan dalam pengelasan pada object kecil dan tipis. Kawat yang digunakan untuk las karbit pun berbeda-beda sesuai merek dan kualitasnya. Mesin las karbit ini mempunyai kekurangan dan kelebihan dibandingkan mesin las listrik, yakni seperti berikut:


Kelebihan


  • Perlengkapan yang digunakan tambah murah. Hanya memakai korek api dan kawat las.
  • Perawatan serta pemeliharaan mesin las karbit yang tambah murah.
  • Teknik pengelasan relative gampang (tak perlu pelajari teknik khusus).
  • Pas untuk pengelasan besi / logam kecil (optimal 2mm).


Kekurangan


  • Ukuran tabung besar, hingga susah untuk dipindahkan/dibawa ke lain tempat.
  • Harga tabung gas tambah mahal untuk modal awalnya.
  • Selang las panjang, membuat sedikit mengusik bila ingin lakukan pengelasan dengan beralih status.
  • Dengan optimal ketebalan yang cuma 2mm, mesin las karbit tidak pas untuk pengelasan besi / logam di atas 2mm.


Peralatan Las Karbit

Dalam pengelasan karbit kita membutuhkan beberapa peralatan yang harus dipersiapkan supaya proses pengelasan bisa kita kerjakan secara lancar dan hasil yang prima. Peralatan itu yaitu:


  1. Brander listrik
  2. Regulator
  3. Gas asetelyne
  4. Gas oksigen
  5. Katup pengaman
  6. Kacamata las
  7. Tang pencapit
  8. Sarung tangan
  9. Sumber api
  10. Palu besi
  11. Pencuci brrander
  12. Kunci tabung
  13. Sikat baja


Kawat tembaga. Kawat tembaga sebagai bahan penghubung yang dicairkan dengan api gas asetilen. Kawat ini dilebur bersama api.


Teknik Pengelasan Las Karbit

Dalam las karbit ada dua teknik pengelasan yang biasa digunakan yakni dengan arah maju atau arah kebelakang.


  • Teknik pengelasan maju

Pada pengelasan maju, bahan lebih menyusul brander. Pelelehan condong di bagian permukaan, hingga imbas bakar (penetratif) tidak dalam. Ada pemanasan pendahuluan menyebabkan wilayah panas jadi lebih luas hingga bisa memunculkan tegangan panas yang tinggi.


Logam yang dilas sepanjang proses pendinginan tidak terlindung, hingga lajur ikatan las yang prima sulit didapat. Keuntungan pada teknik pengelasan maju ialah pemakaian gas yang efektif karena ada panas pendahuluan.


Teknik pengelasan maju banyak digunakan untuk mengelas baja (bukan baja gabungan) dengan ketebalan sama ataupun lebih kecil dari 3 mm, pipa baja dengan ketebalan lebih kecil 3,5 mm, besi tuangkan, dan logam non-ferro.


Untuk logam sama ukuran tebal, semakin besar atau sama dengan 1,5 mm, pergerakan brander diayunkan/berayun. Dan 


untuk tebal kurang dari 1,5 m pergerakan ayunan makin sedikit.


  • Teknik pengelasan mundur

Teknik pengelasan kebelakang (mundur) brander las menyusul bahan lebih. Brander dibantu lempeng bekerja mundur, dan bahan lebih diselamkan dalam kampuh las sekalian mengaduk-aduk (berwujud spiral). Imbas bakar (penetratif) yang terjadi cukup dalam dan logam lasan sepanjang proses pendinginan memperoleh pelindungan oleh gas karbid yang belum terbakar.


Hingga untuk memperoleh hasil las yangs prima lebih gampang dibanding dengan arah pengelasan maju. Wilayah panas lebih sempit hingga penyusutan dan munculnya tegangan panas relatif kecil. Pada langkah pengelasan ini sela kampuh ikatan las bisa diperkecil, hingga volume kampuh las jadi kecil. 


Dengan begitu pemakaian bahan semakin tambah efektif. Kekurangan dalam pengelasan mundur ini ialah tidak ada pemanasan pendahuluan hingga pemakaian gas karbid jadi lebih banyak.


Baik teknik las maju atau mundur bila status benda luasan mencatatr tidak demikian merepotkan. Pada teknik pengelasan arah mundur dengan status di atas kepala, 


tepian lajur ikatan harus di leleh lebih cepat secara baik dan kawat diberikan betul-betul menembus ke atas.


MESIN LAS LISTRIK

Mesin las listrik sendiri terdiri dari beberapa macam dan peranan berlainan. Mesin las ini juga pas untuk lakukan pengelasan pada object las yang mempunyai ketebalan lebih dari 2mm. Awalnya kita akan ulas lebih dulu kekurangan dan keunggulannya di bawah ini:


Kelebihan


  1. Ukuran yang sesuaikan kemampuan yang kita tentukan, hingga bisa sesuaikan keperluan dan gampang bila ingin dipindahkan / dibawa dimanapun kita ingin.
  2. Harga kawat las yang tambah murah.
  3. Pemakaian listrik sesuaikan keperluan dalam pengelasan object yang bisa ditata.
  4. Di saat ini lebih banyak mesin las yang memakai tehnologi inverter yang bisa mengirit listrik.
  5. Selainnya listrik PLN, mesin las ini dapat juga digunakan dengan sumber listrik genset.


Kekurangan


  1. Dengan memakai listrik, memiliki arti kita harus mempersiapkan ongkos listrik yang akan digunakan , baik itu mengambil sumber dari listrik PLN atau genset.
  2. Untuk mesin las tertentu memerlukan kemampuan pengelasan yang khusus.
  3. Kabel listrik yang diberi dalam paket mesin las umumnya pendek, hingga tugas pengelasan harus dekat sama sumber listrik.


Tersebut beberapa ketidaksamaan dan kelebihan kelemahan pada masing-masing 2 tipe mesin las yang kita ulas di atas. Seterusnya prediksikan keperluan anda saat menentukan mesin las yang akan anda pakai saat lakukan tugas pengelasan anda, dan ingat menjaga selalu keselamatan dan keamanan anda dalam bekerja.


Demikian artikel mengenai kawat yang digunakan untuk las karbit. Semoga artikelnya bermanfaat, salam sukses selalu ya gaes.


Tags: macam macam kawat las karbit, las karbit dengan lpg, harga kawat las karbit, kawat las bakar besi, bahan las karbit, kawat las acetylene