Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kabel Yang Menghubungkan Mesin Las Dengan Benda Kerja Disebut

Kabel yang menghubungkan mesin las dengan benda kerja disebut ~ Pada kesempatan kali ini kita akan memberikan jawaban dari pertanyaan yang sedang kamu hadapi dan juga akan kami jelaskan secara rinci. Untuk itu simak lengkap artikel ini ya gaes.


Kabel yang menghubungkan mesin las dengan benda kerja disebut?


  • A. Kabel massa
  • B. Kabel listrik
  • C. Kabel elektroda
  • D. Kabel tenaga
  • E. Kabel PLN


Jawaban dari pertanyaan kabel yang menghubungkan mesin las dengan benda kerja disebut yang terbaik adalah: 

A. Kabel massa.


Nah, setelah kamu mengetahui jawaban dari pertanyaan kabel yang menghubungkan mesin las dengan benda kerja disebut, selanjutnya kita akan membahas peralatan las. Agar pemahamanmu lebih luas dan nggak gagal faham, dibawah ini akan kami jelaskan peralatan-peralatan las yang sebaiknya kamu ketahui, apa lagi jika kamu adalah seorang welder (tukang las).


Kabel Yang Menghubungkan Mesin Las Dengan Benda Kerja Disebut
Kabel Yang Menghubungkan Mesin Las Dengan Benda Kerja Disebut


Tags: kabel massa adalah, kabel elektroda adalah, supaya orang lain tidak tergantung oleh sinar las maka dibuatkan, fungsi kedok las adalah, alat untuk menghubungkan kabel masa dengan benda kerja adalah, di bawah ini berfungsi untuk melepaskan dan mengeluarkan terak las dari jalur las adalah


Dalam tugas pengelasan diperlukan beberapa alat yang mendukung kesehatan dan keselamatan kerja. Pada proses pengelasan diperlukan alat yang diverifikasi sebagai perlengkapan khusus dan perlengkapan tolong. Perlengkapan khusus sebagai beberapa alat yang memang terkait langsung dengan proses pengelasan.


Bila ada salah satunya alat yang digolongkan sebagai perlengkapan khusus tidak ada, karena itu sudah tentu tidak bisa dilaksanakan proses pengelasan. Yang terhitung perlengkapan khusus pada proses pengelasan salah satunya:


Kabel Yang Menghubungkan Mesin Las Dan Peralatan Lainnya

Apa alat las listrik? Alat las listrik ada bermacam-macam. Berikut ini beberapa peralatan las listrik yang harus kamu ketahui jika ingin menjadi seorang welder atau tukang las.


  • Mesin Las

Pada dasarnya, mesin las dipisah jadi 2 tipe yakni mesin las arus sama arah (DC Welding Machine / Direct Current) dan mesin las arus bolak-balik (AC Welding Machine / Alternating Current).


  • Kabel Las

Ada 2 kabel yang dipakai pada mesin las yakni kabel primer dan kabel sekunder atau umum disebut kabel las. Kabel primer (Primary Powe Cable) sebagai kabel yang berperan untuk menghubungkan mesin las dengan sumber tenaga.


Phasa pada mesin las berbeda dan jumlah phasa pada mesin las harus disamakan dengan jumlah kawat pokok yang ada pada kabel primer ditambahkan satu kawat yang berperan sebagai penyambung mesin las dan periode tanah (grounding).


Dan kabel sekunder sebagai kabel-kabel yang dipakai untuk proses pengelasan. Kabel sekunder terdiri dari 2 kabel yang masing-masing disambungkan dengan pencapit (holder) benda kerja dan pencapit (tang) elektroda.


Kabel-kabel sekunder ini harus gampang ditekuk atau digulung (tidak kaku). Kabel yang dipakai harus sama sesuai dengan kemampuan arus maksimal mesin las.


Makin ukuran panjang kabel atau makin kecil diameter kabel karena itu makin naik tahanan atau kendala kabel. Dan kebalikannya, kendala kabel akan makin rendah bila diameter kabel semakin besar dan semakin pendek. Untuk pengikatan kabel pada pencapit elektroda, pencapit periode, atau terminal mesin las terpasang sepatu kabel pada ujung kabel las.


  • Tang Las

Tang las berperan untuk menjepit elektroda. Pembikinan tang las tidak asal-asalan dan harus dibikin dengan bahan yang berisolasi tahan panas dan arus listrik. Pembikinan tang las memakai bahan tembaga atau kuningan.


Ebonit sebagai salah satunya bahan yang dipakai untuk membuntel tang las. Salah satunya langkah supaya mengecilkan kendala arus yang terjadi ialah dengan pastikan mulut pencapit selalu pada kondisi kuat dan bersih.


  • Klem Periode

Apa fungsi dari klem massa? Klem periode/pencapit dipakai untuk menghubungkan meja kerja/benda kerja ke kabel periode. Seharusnya bahan yang dipakai untuk klem periode/pencapit sama dengan bahan yang dipakai pada tang elektroda. Supaya arus mesin las tidak terhalang/terganggu, harus ditegaskan jika klem periode sanggup berperan dengan baik.


Perlengkapan pembantu terdiri diri palu terak, tang pencapit, sikat baja, helm las, meja las, tirai penghambat, dan beberapa alat yang yang lain. Perlengkapan-peralatan ini penting untuk dipahami dan dipakai supaya proses pengelasan bisa jalan dan memberi hasil yang baik.

 

Demikian artikel mengenai pembahasan soal kabel yang menghubungkan mesin las dengan benda kerja disebut. Semoga bermanfaat, terimakasih dan salah sukses selalu welder Indonesia.