Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Membuat Las Argon Sederhana Dan Steady

Cara membuat las argon sederhana ~ Bila Anda seorang welder pemula, membuat las argon merupakan tantangan tersendiri. Pasti ada beberapa kendala yang dihadapi karena kesalahan-kesalahan sederhana, nah untuk itu kami sajikan beberapa panduannya untuk membantu Anda, berikut langkah-langkahnya.

Cara Membuat Las Argon Sederhana
Cara Membuat Las Argon Sederhana

Tags: cara las argon tanpa gas, modifikasi las listrik menjadi las titik, las mma jadi argon, harga mesin las tig tanpa gas, cara menggunakan las argon manual, las argon otomatis


Cara membuat las argon sederhana merupakan suatu metode pengelasan yang mengunakan gas argon sebagai selubung api. Jika dilihat memang kelihatannya sangat mudah, namun pengelasan argon ini membutuhkan kecermatan didalam pengaturan-pengaturannya.


Cara membuat las argon sederhana menggunakan inti api. Yang dalam hal ini menggunakan tungsten sejenis wolfram yang bisa bertahan terhadap suhu dan tekanan tinggi.


Las argon sendiri sangat cocok untuk pengelasan stenlis steel dan juga aluminium. Namun yang akan kita bahas disini pengerjaan stenlis walupun sebenarnya pengaplikasian las argon alumunium tidak jauh berbeda.


Perlu diketahui ya, apabila Anda akan membeli travo inverter khusus untuk las argon pasti kocek yang Anda keluarkan akan mahal. Nah, untuk itu  akan kami berikan tips cara membuat las argon sederhana namun dengan hasil yang tentunya terbukti berkualitas.


  • Travo Inventer DC

Untuk pemilihan travo inventer sebaiknya Anda pilih yang ampernya halus.


  • Stang Las Argon

Untuk stang las, sebaiknya pilihlah yang manual tanpa menggunakan selenoit switch.

  • Regulator gas Argon
  • Tabung gas Argon
  • Khusus las allumium Gunakan travo AC

Gunakan sisi + sebagai masa &  -  untuk holder


Itu tadi beberapa peralatan yang sebaiknya Anda gunakan ketika akan membuat las argon sederhana. Cara membuat las argon sederhana ini akan berbeda-beda hasilnya jika peralatan yang diguanakan juga berbeda dan yang jelas kualitas skil si welder juga sangat menentukan hasilnya.


Cara Menggunakan Las Argon Manual

Hal yang penting dilaksanakan saat menyusun cara las argon sama sesuai standard operasional proses (SOP) ialah :


  1. Pengujian keadaan elemen peangkat las
  2. Menyambungkan paket slang ke mesin las, ikatan air pendingin dan gas
  3. Menyambungkan kontrol remot balik baik mekanisme pedal kaki atau setel tangan
  4. Menyambungkan kabel periode ke mesin dan klem periode ke meja atau benda kerja
  5. Pilih polaritas pengelasan. Pengelasan aluminium tombol ditujukan ke arus bolak-balik (AC), dan untuk pengelasan baja dan baja gabungan ditujukan ke arus sama arah (DCEN)
  6. Mempersiapkan elektroda tungsten
  7. Membuat pembakar las, longgarkan tutup pembakar las dan melepaskan tungsten dari pembakar. Melepas kolet dan nozle tembaga dari pembakar. memasangkan kolet dan dudukannya ke pembakar. Memasangkan kembali nozle ke pembakar. Selanjutnya memasangkan kawat las ke kolet pembakar las dengan munculnya ujung kawat las (elektroda) 3- 6 mm atau mungkin tidak melewati diameter dalam nosel gas, dan mengencangkap pentup pembakar las
  8. Buka sesaat katup gas untuk keluarkan kotoran sesudah pastikan gas pada status aman. Memasangkan regulator gas (geprekel saluran gas belum dibuka) pada botol gas. Menyambungkan mesin las dan slang. Check kerapatan ikatgan slang gas sama air sabun
  9. Menyambungkan connector daya khusus, pastikan catu daya terhubung dengan mesin. Menyambungkan stopkontak sama sesuai proses buku manual.
  10. hidupkan connector daya khusus, buka katup gas, selanjutnya menyetel saluran gas.
  11. Pastikan benda kerja untuk dilaksanakan eksperimen, penyalaan busur dan geprekelan kuat arus.


Demikian artikel mengenai cara membuat las argon sederhana. Semoga bermanfaat, terimakasih telah berkunjung ke bacahape.com, salam sukses selalu.

Selamat mencoba

Semoga berguna