Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ukuran Kolom Rumah 3 Lantai Is The Best

Ukuran kolom rumah 3 lantai, Kemungkinan sebagian dari Anda ada yang ingin cari tahu atau lagi kebingungan terkait bagaimanakah caranya hitung ukuran kolom rumah 3 lantai dengan tepat.


Pembangunan rumah 3 lantai benar-benar butuh hitungan yang lebih kompleks ketimbang rumah 2 lantai lantaran terdapat banyak perihal yang harus jadi perhatian seperti beban setiap lantainya.


Ukuran Kolom Rumah 3 Lantai
Ukuran Kolom Rumah 3 Lantai


Makin tinggi suatu rumah, jadi tentunya bangunan yang berada di lantai pertama harus bisa menyokong keseluruhnya bangunan itu apalagi untuk ukuran kolom rumah 3 lantai. Apabila hitungan melenceng sedikit saja, bukan tak bisa apabila efek buruk yang akan berlangsung yaitu kecelakaan.


Oleh lantaran itu, dalam bikin sebuah rumah utamanya untuk rumah 3 lantai, kolom adalah perihal yang palinglah penting untuk diantisipasi. Dengan begitu, rumah itu bisa berdiri kukuh serta meminimalkan efek berlangsungnya kecelakaan atau kerusakan.


Lalu, bagaimanakah caranya hitungan ukuran kolom untuk rumah 3 lantai itu? simak terus artikel ini sampai lengkap ya.


Dalam cari ukuran kolom rumah 3 lantai dengan cara tepat, minimal ada 3 perihal yang harus Anda kalkulasi, adalah:


Pertama kali, penting untuk hitung terlebih dulu dimensi balok induk serta balok anak sebelumnya bisa hitung dimensi kolom yang bakal dipakai dalam membentuk rumah 3 lantai itu.


Supaya satu sama lainnya bisa dihitung dimensi balok induk serta balok anak, penting juga untuk mempertimbangkan sejauh mana jarak di antara balok serta berapa tinggi balok yang bakal dipakai.


Peletakan balok serta ukuran tinggi balok penting menjadi perhatian dengan sebagus-bagusnya. Makin jauh jarak setiap balok, jadi makin tinggi juga balok yang ditempatkan.


Begitu juga kebalikannya, apabila peletakan setiap balok punyai jarak yang dekat, jadi tinggi balok dapat lebih menjadi rendah juga. Soal ini penting menjadi perhatian biar susunan bangunan tak melendut.


Tidak hanya itu, Anda pun penting melihat di antara tinggi balok dengan lebar dimensi balok. Makin tinggi balok yang bakal terpasang, jadi makin lebar juga dimensi balok itu serta kebalikannya.


Sesudah Anda mendapat hitungan dimensi balok induk serta balok anak yang bakal dipakai, jadi cara sesudah itu adalah hitung dimensi kolom. Hitungan dimensi kolom ini untuk mengenal berapakah besaran penampang kolom yang harus dipakai agar menyokong balok induk serta anak yang udah dihitung awal mulanya.


Anda penting hitung lebar penampang kolom dengan menambah 10 cm dari lebar balok yang dipakai. Kalau Anda gunakan kolom yang tipis, jadi untuk perhitungannya merupakan 15 dikali panjang kolom tipis itu.


Sesudah itu, untuk cara paling akhir, Anda penting hitung tebal plat pantai. Hitungan tebal plat lantai ini bergantung dengan susunan bangunan dan tipe besi yang dipakai.


Ukuran Kolom Rumah 3 Lantai gambar 2
Ukuran Kolom Rumah 3 Lantai


Untuk hitungan tebal plat lantai, Anda dapat hitung gunakan rumus 1/40 dikali bentang plat lantai. Sementara itu khusus untuk lantai yang gunakan beton, Anda penting mengikut ketentuan persis yang tertulis pada Aturan Beton Indonesia Bab 9 yang dicatat mulai sejak tahun 1971.


Apa sampai selama ini Anda udah mengetahui terkait metode hitung ukuran kolom rumah 3 lantai? Yakinkan Anda memperoleh hitungan yang cocok biar rumah yang dibikin bisa berdiri dengan kukuh serta bertahan lama.


Berapa ukuran sloof untuk rumah 3 lantai? ukuran penampang beton sloof rumah 1 lantai memanfaatkan ukuran 15 x 20 cm. Dengan penampilan gambar susunan design rumah minimalis simpel ini saya mengharapkan supaya bisa jadi buah pikiran buat pembaca yang memiliki rencana bangun rumah simpel 2 lantai dengan bentang rentang antara kolom 3 m.


Macam-macam Kolom Pada Bangunan

Berapa ukuran kolom untuk bangunan 2 lantai? Ukuran kolom rumah 3 lantai, pada tanah yang ada pada permukaan keras perlu suatu fondasi dengan ukuran kecil seperti fondasi batu kali fondasi menerus fondasi tapak dan lain-lain. Bila buat mushola 2 lantai ukuran 20m x 20m kurang lebih strousnya berapakah dalam ya pak dan pilecapnya berapakah x berapakah ya kurang lebih.


Tipe Tanah dan Kepadatan Tanah

Ukuran kolom rumah 3 lantai diameter besi beton tumpang penting sementara itu jarak sengkang 20 sampai dengan 25 cm. Performa sebuah beton kolom yang digunakan jenisnya beton kwalitas k 175 atau k 225.


Bila mau pelajari kalkulasi pelat lantai beton atau struktur rumah 3 lantai bisa disaksikan pada artikel design pelat lantai beton. Ada banyak hal yang sebaiknya di cermati dalam pembikinan fondasi rumah tinggal 2 lantai dan 3 lantai salah satunya. Laporkan k 175 dengan kombinasi 1 semen.


Untuk rumah tinggal dua lantai yang manfaatnya buat kamar mandi ruangan tamu tempat keluarga kamar tidur ruangan makan dan semacamnya di jarak antara kolom 3 m dapat memanfaatkan ukuran kolom 15 cm x 30 m dibentuk lima belas cm. supaya status kolom rata dengan dengan dinding jadi sedikit tonjolan.


Fondasi buat bangunan rumah 2 lantai atau 3 lantai kuat murah dan efektif strauss pile. Memanfaatkan besi tulangan diamater. 3 koral beton uk23 cm.


Berapa panjang besi beton? kebutuhan besi untuk rumah 3 lantai sendiri akan berbeda dengan bangunan rumah 3 lantai ukuran 513 bangus nya gunakan bata merah atau bata ringan. Apabila bebannya enteng, karenanya cukup pakai diamater besi yang kecil dengan jumlah sedikit kebalikannya bila bebanya berat karenanya mesti pakai diamater besi yang makin besar dan jumlah pula dibanyakin.


Ukuran besi kolom ringkas rumah 1 lantai butuh sesuaikan beban bangunan yang bisa ditahan oleh tiang. Jadi semakin beban yang disangga semakin berat maka diameter besi dan jenis besinya pun akan berbeda.


Demikian artikel mengenai ukuran kolom rumah 3 lantai yang bisa kami berikan spesial untuk Anda. Jangan lupa kunjungi artikel lainnya agar pengetahuanmu mengenai kontruksi bisa terugprade.


Salam sukses.