Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Proyek Konstruksi Yang Termasuk Pada Jenis Proyek Teknik Sipil Kecuali

Proyek Konstruksi yang termasuk pada jenis proyek teknik sipil kecuali, Apa yang dimaksud dengan proyek konstruksi? Proyek kontruksi ialah satu aktivitas yang memiliki periode waktu tertentu dengan peruntukan sumber daya yang terbatas, untuk melakukan satu pekerjaan yang sudah digariskan.

Proyek Konstruksi Yang Termasuk Pada Jenis Proyek Teknik Sipil Kecuali


Pangertian proyek kontruksi menurut para ahli seperti D.I Cleland dan W.R. King (1987) ialah kombinasi dari beragam sumber daya, yang digabungkan pada suatu tempat organisasi sementara untuk capai satu target tertentu.

Aktivitas atau pekerjaan yang dikerjakan pada proyek berbentuk pembangunan/pembaruan fasilitas sarana (gedung, jalan, jembatan, bendungan dan lain-lain) atau juga bisa berbentuk aktivitas riset, peningkatan.


Dari pemahaman di atas, karena itu proyek sebagai aktivitas yang memiliki sifat sementara (waktu terbatas), tidak berulang-ulang, tidak memiliki sifat teratur, memiliki waktu awalnya dan waktu akhir, sumber daya terbatas/tertentu dan ditujukan untuk capai target yang sudah ditetapkan.


Pemahaman proyek dalam ulasan ini bidatasi dalam makna proyek konstruksi, yakni proyek yang terkait dengan sektor konstruksi (pembangunan). Dari pemahaman dan batas di atas, karena itu bisa diuraikan beberapa karakter proyek seperti berikut:


  • Waktu proyek terbatas, maknanya periode waktu, waktu mulai (awalnya proyek dan waktu finis (akhir proyek) telah tertentu.
  • Hasilnya tidak berulang-ulang, maknanya produk satu proyek cuman sekali, bukan produk teratur/berulang-ulang (Pabrikan).
  • Memiliki tingkatan beberapa kegiatan berbeda, dengan skema pada awal sedikit, berkembang semakin banyak, turun dan stop.
  • Intensif beberapa kegiatan (tingkatan, rencana, tingkatan perancangan dan penerapan).
  • Banyak macam aktivitas dan membutuhkan kategorisasi tenaga bermacam juga.
  • Tempat/lokasi proyek tertentu, maknanya luasan dan tempat proyek telah diputuskan, tidak bisa sembarangan tempat.
  • Detail proyek tertentu, maknanya syarat yang terkait berbahan, alat, tenaga dan metode realisasinya yang telah diputuskan dan harus penuhi proses syarat itu.

Proyek Konstruksi Yang Termasuk Pada Jenis Proyek Teknik Sipil Kecuali

Jenis Proyek Konstruksi

Proyek konstruksi berkembang searah dengan perubahan kehidupan manusia dankemajuan tehnologi.

Sektor-sektor kehidupan manusia yang semakin bermacam menuntut industri jasa konstruksi, membuat beberapa proyek konstruksi sesuai keberagaman sektor itu.


Proyek konstruksi untuk bangunan pabrik pasti berlainan dengan bangunan gedung untuk sekolah.

Proyek konstruksi bendungan, terowong, jalan, jembatan dan proyek tehnik sipil yang lain memerlukan detail, ketrampilan dan tehnologi tertentu, yang pasti berlainan dengan proyek perumahan/permukiman (Real Estate).

Memang sedikit susah mengategorikan beberapa jenis proyek dalam kelompok-kategori /jenis yang detil dan tegas, tetapi pada umumnya (garis besar) kategorisasi/jenis proyek konstruksi bisa dipisah jadi.


Proyek Konstruksi Bangunan Gedung (Building Construction)

Proyek konstruksi bangunan gedung meliputi bangunan gedung perkantoran, sekolah, pertokoan, rumah sakit, tempat tinggal dan lain-lain. Dari sisi ongkos dan tehnologi terbagi dalam yang bertaraf rendah, menengah, dan tinggi.


Umumnya rencana untuk proyek bangunan gedung lebih komplet dan detil. Untuk beberapa proyek pemerintahan (di Indonesia) proyek bangunan gedung ini di bawah pemantauan/pengendalian DPU sub Dinas Cipta Kreasi.


Proyek Bangunan Perumahan (Residential Contruction/Real Estate)

Di sini proyek pembangunan perumahan/permukiman (real estate) diperbedakan denganproyek bangunan gedung dengan detail yang didasari pada klase pembangunannya serentak dengan penyerahan prasarana-prasarana pendukungnya, jadi membutuhkan rencana infrastruktur dari perumahan itu (jaringan transfusi, jaringan air, dan sarana yang lain).

Proyek pembangunan permukiman ini dari rumah yang paling simpel sampai rumah eksklusif, dan rumah atur. Di Indonesia pemantauan di bawah Sub Dinas Cipta Kreasi.


Proyek Konstruksi Tehnik Sipil

Konstruksi berukuran besar (Heavy Engineering Construction) biasanya proyek yang masuk jenis ini ialah beberapa proyek yang memiliki sifat infrastruktur seperti proyek bendungan, proyek jalan raya, jembatan, terowong, jalan kereta api, dermaga, dan sebagainya. Jenis proyek ini biasanya bertaraf besar dan memerlukan tehnologi tinggi.


Proyek Konstruksi Industri (Industrial Construction)

Proyek konstruksi yang terhitung dalam jenis ini umumnya proyek industri yang memerlukan detail dan syarat khusus sebagaimana untuk kilang minyak, industri berat/industri dasar, pertambangan, nuklir dan lain-lain. Rencana dan realisasinya memerlukan kecermatan dan ketrampilan/ tehnologi yang detil.

 

Pengertian Proyek Teknik Sipil

Proyek Tehnik Sipil (Heavy Engineering Construction) merupakan suatu proses tambahan dari bidang infrastruktur di suatu lingkungan terjaga (built environment). Pemilik proyek (owner) umumnya pemerintahan baik di tingkat nasional atau wilayah.


Pada proyek ini komponen design, keuangan dan pemikiran hukum tetap jadi pemikiran penting, meskipun demikian suatu proyek lebih memiliki sifat non-profit dan memprioritaskan servis kepada warga masyarakat suatu negara (public serviss).


Apa saja yang termasuk jenis proyek teknik sipil? Contoh proyek konstruksi yang terhitung pada tipe proyek tehnik sipil ini diantaranya

  • proyek pembangkit listrik,
  • proyek jalan raya,
  • proyek rel kereta api,

  • proyek pembikinan bendungan
  • Proyek pembuatan bendungan
  • dan lain-lain
    Proyek Konstruksi Yang Termasuk Pada Jenis Proyek Teknik Sipil Kecuali


Kesimpulan Proyek Konstruksi Yang Termasuk Pada Jenis Proyek Teknik Sipil Kecuali

Dari penjelasan diatas kesimpulannya adalah, bahwa suatu proyek apapun yang tidak ada kaitannyanya dengan pemerintah berarti dikatakan sebagai proyek non sipil.

Lebih mudahnya, jika suatu proyek dibangun oleh pihak swasta yang tujuan nya bukan untuk kepentingan masyarakat umum dan tidak ada campur tangan pemerintah dalam pendanaan maka bisa dikatakan sebagai proyek tekhnik sipil.


Contoh proyek yang tidak termasuk kedalam tekhnik sipil yaitu pembuatan gedung pertunjukan, pembuatan toko swalayan, pembuatan bioskop dan lain lain.

Kamu bisa mencari contoh yang lainnya dengan catatan bahwa proyek itu tidak ada campur tangan pemerintah pusat maupun daerah.


Demikian artikel mengenai "Proyek Konstruksi yang termasuk pada jenis proyek teknik sipil kecuali" semoga dapat membantu sahabat menemukan ilmu baru mengenai bidang kontruksi.

Jangan lupa klik iklan dan kunjungi artikel lainnnya di web ini ya, agar pengetahuanmu terus terupgrade.
Terimakasih dan salam sukses