Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Landasan Dasar Suatu Rumah Atau Bangunan Disebut Dengan

Landasan Dasar Suatu Rumah Atau Bangunan Disebut Dengan, kamu pasti sedang mencari tahu pertanyan itu. Oke lansung saja kita bahas dan jawab ya, simak lengkap artikelnya


Landasan Dasar Suatu Rumah Atau Bangunan Disebut Dengan
Landasan Dasar Suatu Rumah Atau Bangunan Disebut Dengan


Ok, kita awali dari beberapa bagian pokok dari rumah. Rumah terbagi dalam :

  • Fondasi
  • Beton bertulang (Sloof, Kolom, Ring Balok, Balok dan Pelat Beton)
  • Dinding
  • Atap

Adapun landasan dasar suatu rumah atau bangunan disebut dengan yaitu

  1. Balok sloof
  2. Dinding
  3. Ring Balok atau Kolom
  4. Ventilasi
  5. Balok latei
  6. Lantai
  7. Jendela dan Pintu


Berikut Ini Penjelasan Kontruksi Rumah

Sebagai tambahan (tetapi penting), dalam pembikinan rumah ada yang bernama tugas plafon, kusen dan lantai. Disamping itu, rumah harus juga diperlengkapi dengan instalasi listrik, sanitair dan instalasi air. Silahkan kita ulas satu demi satu.


Fondasi

Apa yang dimaksud dengan pondasi? Fondasi ialah landasan dasar suatu rumah atau bangunan yang lain. Kemampuan suatu rumah satu diantaranya ditetapkan oleh fondasi.


Dengan fondasi, konsistensi suatu bangunan pada beban dan style-gaya (baik luar atau dalam, baik vertikal atau horizontal) bisa terjaga. Pada umumnya, ada dua jenis fondasi, yakni fondasi dangkal dan fondasi dalam.


Fondasi dangkal dipakai jika bangunan yang ada di atasnya tidak besar. Rumah simpel misalkan. Fondasi ini bisa juga digunakan untuk bangunan umum yang lain yang ada di atas tanah yang keras.


Yang terhitung dalam fondasi dangkal adalah fondasi batu kali di tempat, fondasi jalur batu kali, fondasi tapak/plat di tempat (beton), fondasi jalur beton, fondasi strouspile dan fondasi tiang pancang kayu.


Dan fondasi dalam adalah fondasi yang digunakan pada bangunan di atas tanah yang benyek. Fondasi ini digunakan pada bangunan dengan bentang yang lumayan lebar (jarak antarkolom 6m) dan bangunan bertingkat.

landasan dasar suatu rumah atau bangunan disebut dengan
Landasan Dasar Suatu Rumah Atau Bangunan Disebut Dengan

Yang terhitung di dalamnya diantaranya fondasi tiang pancang (beton, besi, pipa baja), fondasi sumuran, fondasi borpile dan sebagainya.


Beton Bertulang

Apa yang dimaksud dengan beton beton bertulang? Beton Bertulang ialah unit cakupan tugas. Yang terhitung dalam tugas ini yakni sloof, kolom, ring balok, balok dan pelat beton.


Apa yang dimaksud dengan sloof? Sloof ialah beton bertulang yang ditempatkan secara horizontal di atas fondasi. Fungsinya adalah untuk meratakan beban yang diterima kolom ke arah fondasi.


Hingga tiap beban yang diterima suatu kolom, akan menyebar rata pada semua fondasi. Disamping itu, sloof berperan sebagai pengikat di antara dinding fondasi dengan kolom.


Apa yang dimaksud dengan balok dan kolom? Kolom beton (tiang beton) ialah beton bertulang yang ditempatkan dengan status vertikal. Kolom berperan sebagai pengikat pasangan dindng bata dan penerus beban di atas ke arah sloof yang selanjutnya diterima oleh fondasi.


Apa yang dimaksud ring balok? ini adalah sebagai dari beton bertulang yang berada di atas pasangan bata. Berperan sebagai sandaran konstruksi atap dan pengikat pasangan bata sisi atas supaya pasangan bata tidak roboh.


Apa itu balok beton? balok beton berfungsi sebagai sisi susunan yang dipakai sebagai dudukan lantai dan pengikat kolom lantai atas. Perannya sebagai kerangka penguat horizontal bangunan yang hendak beban-beban.


Apa yang dimaksud dengan plat beton? pelat beton yang perannya sebagai lantai pada bangunan bertingkat.


Dinding

Dulu dinding berperan sebagai susunan penahan beban atas ke arah fondasi. Tapi saat ini peranan itu tidak kita aplikasikan kembali.


Saat ini dinding hanya sebagai penutup dan perlindungan dari cuaca luar. Gampangan-nya, suatu rumah tidak ambruk bila tidak ada dindingnya. Walau begitu, dinding penting sebagai :


Pembatas antar-ruang

  • Penahan sinar, angin, hujan, banjir dan lain-lain
  • Pemberi nilai peranan artistik


Atap

Apa pengertian dari atap? Tugas atap terdiri dari 3 sisi, yakni kuda-kuda, kerangka atap dan penutup atap (genteng). Kuda-kuda sebagai formasi kerangka tangkai yang berperan sebagai simpatisan beban atap. Kuda-kuda terbagi dalam :

  • Reng
  • Gording
  • Kaso/Usuk
  • Nok/Bubungan 


Kelihatannya gampang pahami materi di atas ya. Memang saya usaha membuat lebih gampang dimengerti dan nyaman dibaca (meskipun ada yang belum memahami dengan apa yang saya beri barusan).


Tetapi yang penting saya pesankan ke beberapa pembaca, jika dalam membuat rumah tidak segampang yang kalian ketahui di atas. Dalam tiap pembikinan beberapa bagian rumah, ada hitungan-hitungan yang perlu dilaksanakan dengan cermat.


Dan memerlukan "naluri" seorang Engineer, agar dapat putuskan permasalahan yang di luar rencana tetapi tentu bisa terjadi. Saya pikir sampai disini. Minta maaf tidak seluruhnya sisi bisa saya terangkan.


Saya cuman menerangkan beberapa bagian pokoknya saja. Agar semakin selengkapnya, silakan mencari sendiri di beberapa buku yang berkaitan. Silakan menanyakan jika masih tetap ada yang kebingungan dan silakan memberi komentar jika tulisan saya di atas ada banyak kekeliruan.


Demikian artikel mengenai landasan dasar suatu rumah atau bangunan disebut dengan, semoga bermanfaat. Terimakasih jangan lupa klik iklan dan lengkapi infromasimu mengenai kontruksi bangunan gedung dan lainnya di web ini.

Salam sukses selalu