Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Berikut Ini Yang Merupakan Bagian Bawah Dari Jembatan Adalah

Berikut Ini Yang Merupakan Bagian Bawah Dari Jembatan Adalah. Dalam artikel ini akan kami jelaskan secara lengkap mengenai jembatan dan ruang lingkupnya, untuk itu simak lengkap artikel ini ya agar tidak gagal fokus.


Berikut Ini Yang Merupakan Bagian Bawah Dari Jembatan Adalah
Berikut Ini Yang Merupakan Bagian Bawah Dari Jembatan Adalah


Keyword: berikut ini yang merupakan bagian dari konstruksi, bagian-bagian jembatan, konstruksi bagian bawah dari jembatan meliputi pilar dan, bagian konstruksi jembatan, berikut merupakan bagian dari jembatan, bagian bagian konstruksi jembatan, sebutkan yang termasuk bagian bawah dari konstruksi jembatan, gambar struktur jembatan, konstruksi jembatan beton, struktur jembatan beton


Apa pengertian dari jembatan? pengertian jembatan yang terpopuler dan kerap dipakai disampaikan oleh Struyk dan Veen (1984) yakni satu konstruksi yang fungsinya untuk melanjutkan jalan lewat halangan yang ada lebih rendah. Adapun halangan yang diartikan umumnya jalan lain berbentuk jalan air atau jalan jalan raya biasa.


Pengertian jembatan menurut istilah Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), jembatan ialah jalan (dari bambu, kayu, beton dan lain-lain) yang direntangkan di atas sungai (jurang, pinggir pangkalan dan lain-lain).


Dinas PUPR menerangkan pengertian jembatan sebagai suatu bangunan pendamping jalan yang berperan sebagai penyambung dua ujung jalan yang terputus oleh sungai, aliran, lembah dan selat atau laut, jalan raya dan jalan kereta api.


Apa itu konstruksi jembatan? Konstruksi jembatan ini didatangkan sebagai pendamping fasilitas transportasi jalan. Susunan konstruksinya mempunyai tiga sisi yakni fondasi, susunan bangunan bawah, dan susunan bangunan atas.


Kadang, ada batas dalam pemakaiannya. Misalkan ada jembatan yang diutamakan untuk orang berjalan kaki saja karena tidak mempunyai kekuatan dalam menyokong beban yang lebih berat yakni jembatan penyebrangan.


Ada pula jembatan yang cuman bisa dipakai untuk kendaraan seperti jembatan yang diketemukan di jalan raya.


Nah itu tadi pengertian jembatan, eh bisa membayangkan ngga sih kalau di zaman purba jembatan menggunakan apa? tulis dikolom komentar jawabannya ya. Oke lanjut lagi pembahasan mengenai jembatannya ya, berikut ini yang merupakan bagian bawah dari jembatan adalah sebagai berikut:


Berikut Ini Yang Merupakan Bagian Bawah Dari Jembatan Adalah
Berikut Ini Yang Merupakan Bagian Bawah Dari Jembatan Adalah

Jenis Jembatan

Ada berapakah jenis jenis jembatan? menurut struktur bagian konstruksi jembatan terbagi menjadi beberapa jenis seperti:

  • Beam Bridge (Jembatan Alang)
  • Truss Bridge (Jembatan Kerangka)
  • Arch Bridge (Jembatan Lengkung)
  • Cable-Stayed Bridge (Jembatan Kabel-Penahan)
  • Suspension Bridge (Jembatan Gantung)


Bagian Bawah Jembatan

Apa bagian bawah dari jembatan? Beberapa bagian konstruksi jembatan bagian bawah salah satunya yakni : Abutment ialah bagian konstruksi jembatan pada bagian ujung-ujung jembatan sebagai simpatisan untuk bangunan atas.


Pilar ialah bagian yang berada di tengah rentang di antara 2 buah abutment untuk menanggung beban-beban bangunan atas. Fondasi.


Berikut Ini Yang Merupakan Bagian Bawah Dari Jembatan Adalah
Berikut Ini Yang Merupakan Bagian Bawah Dari Jembatan Adalah

Struktur pada Jembatan

Apa saja struktur pada jembatan? Bila disaksikan dari type susunannya, jembatan bisa dibagi jadi beberapa jenis, salah satunya ialah :

  • Jembatan Pelat (slab bridge) : Komponen struktur horizontal yang berperan untuk salurkan beban mati atau berat hidup ke arah kerangka simpatisan vertical dari satu mekanisme struktur.
  • Jembatan Pelat Memiliki rongga (voided slab bridge) : pelat beton prategang yang umum dipakai untuk bentang yang lebih panjang pada jembatan.
  • Jembatan Gelagar (girder bridge) : terbagi dalam I girder, box girder dan U/V Girder.
  • Jembatan Kerangka (truss bridge) : membuat beberapa tiang jembatan yang berbentuk kerangka membuat segitig. Tiap sturktur truss yang tersambung harus ditegaskan pada beban statis dan beban aktif yang terterima oleh jembatan.
  • Jembatan Pelengkung (Arch Bridge) : Sebuah jembatan yang ada struktur berupa 1/2 lingkaran dengan abutmen pada ke-2 seginya.
  • Jembatan Menggantung (Suspension Bridge) : Berperan sebagai pemikul langsung beban jalan raya yang melalui jembatan itu. Semua beban yang melalui di atasnya ditahan oleh sepasang kabel penahan yang bertopang di atas 2 pasang menara dan 2 pasang block angkur.
  • Jembatan Kabel ( Cable Stayed Bridge) : memakai kable baja yang kuat dan kuat untuk meredam tiap beban yang melalui jembatan.
  • Jembatan Cantilever (Cantilever Bridge) : Pada sistem ini balok jembatan dicor (cast insitu) atau terpasang (precast), fragmen untuk fragmen sebagai kantilever di ke-2 segi supaya sama-sama menyeimbangi (balance) atau satu segi dengan penyeimbang balok beton yang telah dikerjakan terlebih dulu.


Berikut tadi artikel mengenai "berikut ini yang merupakan bagian bawah dari jembatan adalah" semoga membantu kamu yang sedang mencari jawabannya. Jangan lupa klik iklan dan baca artikel lainnya mengenai kontruksi jembatan ya.

Terimakasih

Salam sukses