Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Konstruksi Baja Untuk Rumah Tinggal Investasi The Best

Konstruksi baja untuk Rumah Tinggal Investasi The Best. Pembangunan semakin hari semakin pesat, bentuk dan kontruksinya pun bermacam-macam. Hal ini dikarenakan berkembangnya tekhnologi dan kemajuan berfikir umat manusia untuk terus memutahirkan kemajuan, dan hal ini terjadi hampir diseluruh aspek kehidupan serta tidak luput pada kontruksi bangunan.


Kontruksi baja untuk rumah tinggal merupakan hal yang saat ini ramai dipergunakan oleh masyarakat kita saat ini. Karena banyak alasan positif yang melatarbelakanginya, untuk lebih mengetahui mengenai hal itu, kami akan sajikan artikel mengenai kontruksi baja yang dipergunakan sebagai kontruksi sebuah rumah tingga.


Konstruksi baja untuk Rumah Tinggal

Gambar 1.1 Konstruksi Baja Untuk Rumah Tinggal


Kontruksi Baja

Apa yang dimaksud dengan konstruksi baja? kontruksi baja adalah sebuah kerangka yang berbahan baja dan sering dipergunakan untuk sebuah kontruksi bangunan gedung, kontruksi ruko, dan bangunan lainnya. Kontruksi baja sendiri masih tergolong baru di Indonesia namun peminatnya semakin hari semakin banyak dikarenakan banyak sekali kelebihannya.


Kontruksi baja sendiri tergolong mudah didapat, banyak pabrik yang memproduksinya. Untuk kualitasnya pun berbeda-beda, sesuai harga pastinya. Ada uang adan kualitas, memang untuk ukuran kelas menengah penggunaan kontruksi baja tergolong mahal, namun dibalik itu sebenarnya menggunakan kontruksi baja untuk rumah tinggal merupakan suatu investasi jangka panjang, loh kok bisa, nanti dibawah akan kita bahas lebih detai.


Jenis-Jenis Kontruksi Baja

Apa saja konstruksi baja? baja sesuai dengan jenisnya terbagi menjadi dua yaitu jenis baja karbon (Carbon steel) dan jenis baja paduan (Alloy steel). Kedua mempunyai kelebihan dan kekurangannya masing-masing, penggunaannya juga diaplikasikan pada tempat yang berbeda.


Jenis kontruksi baja sendiri sangat bermacam-macam penggunaannya, seperti

  • Wide Flange
  • Baja UNP
  • Baja CNP
  • Plat Baja
  • Baja Siku
  • Pipa Baja


Penggunaan baja telah menemani kontruksi bangunan manusia dari sejak lam. Dahulu manusia hanya menggunakan baja sebagai perkakas, namun saat ini dengan kemajuan teknologi baja bisa bermacam-macam bentuknya seperti yang disebutkan diatas.


Kita tahu kalau bijih baja memang sangat berlimpah di Indonesia sehingga produksi baja setiap tahunnya terus bertambah. Konsumi baja yang semakin banyak ini menunjukan kemajuan dalam bidang kontruksi bangunan, sehingga kontruksi baja untuk rumah tinggal juga mengalami kenaikan.


Kontruksi Rumah

Apa iu kontruksi rumah? Kontruksi rumah adalah bagian-bagian yang ada disebuah bangunan atau gedung tempat tinggal. Kontruksi dalam rumah secara garis besar jenisnya sangat bermacam-macam, mulai dari kontruksi pondasi, dinding, atap, dan lainnya.


Kontruksi rumah sendiri berbeda-beda sesuai dengan fungsi bangunannya. Kontruksi gedung perkantoran akan berbeda dengan kontruksi gedung rumah sakit. Hal ini seperti yang disebutkan diatas, karakteristik kontruksi memang ditujukan untuk keperluan tertentu sehingga bentuknya pun bermacam-macam.


Pada kontruksi rumah terdapat bermacam-macam jenis dan bentuknya, berikut beberapa contohnya:

  • Fondasi
  • Balok sloof
  • Dinding
  • Ring Balok atau Kolom
  • Ventilasi
  • Balok latei
  • Lantai
  • Jendela dan Pintu

Setelah kita mengetahui hal-hal diatas, sekarang kita akan membahas kontruksi baja yang digunakan untuk rumah tinggal. Sebenarnya penggunaan baja untuk kontruksi rumah merupakan pengembangan tekhnologi yang diaplikasikan kedalam sebuah bangunan, hal ini baik dikarenakan dapat membantu menambah kualitas bangunan menjadi lebih baik.


Konstruksi baja untuk Rumah Tinggal 2

Gambar 1.2 Konstruksi Baja Untuk Rumah Tinggal


Kontruksi Baja Rumah Tinggal

Kontruksi baja untuk rumah tinggal adalah perkembangan dunia kontruksi yang hari ini sangat diminati oleh orang yang ingin membangun rumah tinggal atau gedung lainnya. Dengan menggunakan baja sebagai kontruksinya maka akan menambah performa brumah menjadi lebih baik, lalu apasaja sih kelebihan didalam penerapan kontruksi rumah menggunakan baja:


Kekuatan

Baja adalah salah satu material yang tergolong sangat kuat didunia. Material ini sudah dipergunakan lama oleh manusia untuk keperluan yang berhubungan dengan beban, kekuatan. Baja lebih tahan banting dalam sejarahnya dari pada material lainnya, oleh sebab itu penggunaan kontruksi baja untuk rumah tingga menjadi salah satu hal perlu dipertimbangakn bagi Anda yang akan membangun rumah.


Kecepatan

Jika kontruksi menggunakan beton maka memerlukan waktu yang lama, mulai dari pembuatan cor-corannya, menunggu kering setelah keringpun harus diperlakukan khusus. Nah, untuk baja sendiri lebih praktis dan efisien dalam penggarapannya.


Jadi, kontruksi baja rumah tinggal bisa lebih cepat pengerjaannya dari pada jenis lain. Durasi yang cepat bisa menghemat biaya para pekerja sehingga saku kita tidak terlalu kempis setelah bangunan selesai.


Hemat Biaya

Seperti yang dikatakan diatas, penggunaaan kontruksi baja lebih bisa menghemat karena cepat. Hal ini memang berkaitan erat dengan pekerjaan lainnya pada saat membangun rumah tinggal.


Penggunaan kontruksi baja rumah tinggal lebih bisa memangkas biaya sehingga uang yang seharusnya untuk keperluan lain, bisa kita alokasikan kedalam kebutuhan lainnya.


Nilai Investasi Bangunan

Rumah dan tanah merupakan jenis investasi yang sudah kita lihat bersama kalau nilainya semakin hari-semakin tinggi. Banyak para ekonom menyarankan untuk berinvestasi rumah dan tanah, untuk itu hal ini berkait dengan kontruksi baja sebagai rumah tinggal dikarenakan dengan menggunakan kontruksi baja nanti rumah kita bisa bertahan lama dan tetap kokoh.


Ya walaupun diawal pembanguna dengan menggunakan kontruksi baja itu mahal akan tetapi untuk jangka panjang sangat bagus. Dan yang jelas, penggunaan kontruksi baja untuk rumah tinggal bisa menjadi variabel guna berinvestasi tanah serta bangunan.


Gambar Konstruksi Baja Untuk Rumah Tinggal


Gambar 1.3 Konstruksi Baja Untuk Rumah Tinggal


Memiliki Daktilitas yang Bagus

Baja merupakan material yang memiliki daya daktilitas yang dapat menahan beban tanpa menyebabkan keruntuhan dan hal ini tidak dimiliki oleh kontruksi yang menggunakan beton. Menurut para ahli, rumah memiliki daya tarik yang sangat kuat disegala sisinya oleh karena itu penggunaan material baja sebagai kontruksi dapat mengalami pengurangan luas penampang sebelum mengalami keruntuhan.


Artinya menggunakan kontruksi baja untuk rumah tinggal cenderung lebih aman dibanding dengan menggunakan kontruksi beton.


Mudah Disambung

Sering kita lihat sebuah bangunan kontruksi beton yang telah ambrol atau runtuh disisi bangunan sangat sulit memperbaikinya. Jika pun ingin memperbaiki harus dibongkar ulang seluruhnya, namun hal itu tidak berlakuk pada kontruksi baja.


Kontruksi baja dapat dengan mudah disambungkan sesuai dengan kebutuhan Anda. Penggunaan kontruksi baja tidak memakan waktu yang lama karena proses penyambungan cenderung mudah dan praktis, hal ini bisa menghemat waktu pada saat membangun sebuah rumah tinggal.


Bisa di Daur Ulang

Masyarakat saat ini sudah banyak yang sadar akan pentingnya menjaga lingkungan, hal ini dikarenakan dampat buruk yang sering dialami seperti banjir, tanah longsor dan lainnya, sehingga kesadaran manusia semakin hari semakin bertambah. Bentuk kesadaran ini diaplikasikan kedalam sebuah kontruksi bangunan, dengan menggunakan kontruksi baja untuk rumah tinggal berarti Anda sedang mengurangi pencemaran lingkungan.


Hal ini dikarenakan baja bisa didaur ulang. Lain dengan beton yang hanya sekali pakai.


Sebenarnya masih ada banyak sekali kelebihan yang dimiliki oleh kontruksi baja, Namun, beberapa hal diatas kiranya sudah memberikan gambaran mengenaik kontruksi baja untuk tempat tinggal.


Agar lebih adil, kami juga akan membahas mengenai kekurangan menggunakan kontruksi baja. Hal ini bisa membuat lebih bijak ketika Anda akan memilih kontruksi apa yang tepat untu hunian tempat tinggal.


Kekurangan Kontruksi Baja

Apa kekurangan penggunaan konstruksi baja pada bangunan? kekurangannya banyak sebagaimana kelebihannya. Berikut kami akan paparkan beberapa kekurangannya:


Berisiko Mengalami Keruntuhan Getas

Perlu diketahui bahwa baja bisa juga kehilangan daya daktilitasnya karena beberap faktor. Jika hal ini terjadi maka bisa menyebabkan suatu bangunan runtuh, adapun faktor yang biasa terjadi pada hal ini dikarenakan oleh jenis beban fatik dan suhu yang rendah.


Membutuhkan Anggaran Yang Banyak

Harga mahal sebuah baja memang sangat membuat kantong kering. Apalagi jika penggunaannya sangat banyak untuk keperluan kontruksi baja.

Untuk itu, buat anggaran yang matang sebelum membangun sebuah rumah tinggal. Hal ini penting agar tidak mengalami kendala pada saat membangun.


Penutup

Demikian artikel mengenai kontruksi baja untuk rumah tinggal, semoga Anda terbantu didalam mencari informasi mengenai materi diatas. Jangan lupa kunjungi artikel lainnya di web ini agar informasi anda mengenaik kontruksi bisa terupgrade.