Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tambang Nikel Indonesia Tidak Kalah Dengan 5 Negara Lainnya, Ini Buktinya

Perburuan Nikel saat ini amatlah pesat. Beberapa negara telah menggelontorkan dana untuk penambangan nikel. Hal ini dikarenakan laris manisnya penjualan kendaraan berbahan bakar lithium. Lantas apa hubungannya dengan tambang nikel? Simak artikel selengkapnya

Tambang Nikel Indonesia Tidak Kalah Dengan Negara Lainnya, Ini Buktinya

Pengertian Tambang Nikel

Tambang Nikel adalah suatu tempat kegiatan pengambilan kandungan senyawa berjenis nikel yang terdapat di dalam kerak bumi untuk di ambil manfaatnya untik keperluan manusia.

Pertambangan nikel sebenarnya sudah di mulai sejak lama dikenal sekitar 5 ribu tahun sebelum masehi, hal ini di buktikan dengan adanya penemuan benda-benda yang bahannya terbuat dari nikel.

Tambang Nikel di Indonesia paling besar dipegang oleh sebuah perusahaan tambang besar bernama PT Vale Indonesia. PT ini sudah sejak lama mengekplorasi nikel di daerah Sulawesi.


Eksplorasi Tambang Nikel

Kegiatan eksplorasi tambang nikel sebenarnya bagian dari serangkaian penambangan itu sendiri. Ekplorasi biasanya di pahami sebagai kegiatan mencari tau secara rinci seberapa kandungan nikel dan apa saja keperluan yang di butuhkan pada saat penambangan.

Ekplorasi Tambang Nikel biasanya dilakukan oleh para ahli di bidangnya. Mulai dari ahli geologi, yang mencari tau letak kandungan nikel ataupun mencari tau seberapa ketebalan yang harus di tembus dan lainnya. Untuk ahli di bidang tekhnik, menyiapkan peralatan penambangan, mulai dari exafator, dump truck, conveyor dan lainnya.

Seluruh tim dari beberapa divisi lainnya juga turut serta di pertambangan, semuanya kompak bekerjasama satu sama lain agar penambangan proses penambangan nikel bisa terlaksana dengan baik.


Tambang Nikel Terbesar di Indonesia

1. Tambang Morowali

Kita perlu bangga dengan adanya kandungan nikel yang bisa dikatan "banyak" terdapat di Indonesia. Hal ini adalah sinar harapan bagi Indonesia untuk memproduksi baterai listrik yang saat ini menjadi alternatif bahan bakar.

Dengan adanya tambang nikel terbesar di Indonesia di Morowali, yang di motori oleh PT Vale merupakan langkah awal untuk segera mewujudkan produk buatan negeri berupa baterai kendaraan litrik.

2. Tambang Kolaka

Pertambangan nikel yang cukup dikatakan besar juga yaitu yang berada di Kolaka dengan luas 3200 Kilometer Persegi yang letaknya pada perbukitan di dua kecamatan yaitu Kecamatan Pomalaa dan Kecamatan Latambaga. Untuk pertambangan nikel di sini di pegang oleh BUMN PT Aneka Tambang

3. Tambang Luwu Timur

Untuk urutan ke tiga terletak di Kabupaten Luwu Timur dengan luas 6,900 Kilometer persegi yang berada di kecamatan Manili dan Nuha sebagai wilayah yang paling besar dan dijadikan tempat utama pertambangan nikel disana.

4. Tambang Halmahera Timur

Pertambangan di Halmahera sebenarnya sudah berlangsung cukup lama yaitu sudah berjalan 25 tahun. Kabar terbaru mengenai pertambangan ini tentang pencemaran lingkungan yang di akibatkan aktifitas pertambangan yang dilakukan oleh PT Antam.

Dipertambangan ini tidak hanya dilakukan penambangan saja namun juga mengolah bijih nikel untuk dijadikan logam. Untuk wilayah pertambangan ini terdapat di wilayahnya Halmahera Timur, Maluku Utara.


Tambang Nikel Terbesar di Dunia

Perlu di ketahui untuk potensi kandungan nikel di Indonesia memang nomor satu di dunia namun untuk pertambangan atau pengolahannya masih ketinggalan jauh dari negara laian.

Berikut kami sajikan tabel yang berasal dari MiningIntellegence

Tambang Nikel Indonesia Tidak Kalah Dengan Negara Lainnya, Ini Buktinya


Demikian tadi artikel tentang Tambang Nikel di Indonesia, semoga bermanfaat

Salam sukses, jangan lupa kunjungi informansi tentang dunia proyek disini.