Pengertian Overburden Pertambangan Batubara Lengkap dan Tuntas

Jika kamu mau bekerja di pertambangan batubara alangkah baiknya simak artikel ini karena di pertambangan banyak sekali istilah-istilah yang harus di ketahui. Salah satu istilah di pertambangan batubara yaitu Overburden. Apasih Overburden atau OB  ?

Berikut penjelasan lengkapnya

Overburden atau OB adalah suatu lapisan penutup yang bentuknya bisa terdiri dari tanah (tanah lempung atau tanah humus) dan juga bebatuan. Lapisan-lapisan ini ketebalannya bermacam-macam sesuai dengan faktor geologi lokasi tambang batubara tersebut.

Bisa dikatakan juga bahwa overburden sebenarnya merupakan suatu lapisan yang menginkubasi bijih tambang secara alamiah selama berjuta-juta tahun. Wow, keren ya alam kita.

Overburden ini terdiri dari beberapa lapisan penutup di antaranaya Top Soil, Sub Soil, penjelasannya sebagai berikut : 

Overburden atau OB adalah

Gambar dari Howard Greenberg Gallery

Top Soil ketebelannya antara 1-1,5 meter dari permukaan tanah yang terdiri dari tanah humus. Tanah humus sangat bagus di gunakan untuk bercocok tanam.

Sub Soil adalah lapisan yang letaknya di antara top soil dan overburden atau lapisan penutup.

Overburden karena sifatnya menutupi bijih tambang, yang lapisannya sangat besar dan kuat maka perlu adanya proses penyisihan. Proses penyisihan ini membutuhkan alat-alat berat untuk menggali dan memindahkan lapisan tersebut.

Dikenal istilah Dozer Shovel pada proses penyisihan ini, istilah ini merupakan perpaduan dari alat yang di gunakan yang terdiri dari dozer dan juga shovel loader.

Dikarenakan lapisan-lapisan ini sangat tebal maka biasanya banyak serpisan atau pengotor yang ikut tercampur pada batubara murni ini. Istilah unruk serpihan yang mengotori batubara murni di sebut dengan istilah interburden.

Perlu di ketahui juga bahwa Overburden terkadang mengandung sulfida. Jika eksekusi memindahkan overburden tidak tepat maka dampak buruk bagi lingkungan pasti terjadi. Kegiatan penambangan ini harus selalu di pantau agar dampak-dampak buruk bagi lingkungan yang di akibatkan asam sulfida yang mencemari air dan tanah bisa di hilangkan atau di minimalisir.

Demikian penjelasan mengenai Overburden.

Simak artikel lain dunia proyek disini

Semoga bermanfaat.

Pencarian Berdasarkan Kata Kunci

https://www bacahape com/2021/11/overburden-atau-ob-adalah-suatu-lapisan html