Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Lemari Dapur: 8 Tips Untuk Memperbaiki Agar Terlihat Baru

Jika Anda baru saja berbelanja lemari dapur baru, Anda tahu bahwa seringkali jauh lebih ekonomis untuk memperbaiki lemari lama Anda daripada membeli yang baru. Berikut adalah 8 tips yang akan membuat refinishing lemari dapur Anda sukses besar.


lemari dapur
Lemari Dapur


Lemari Dapur: 8 Tips untuk Refinishingnya

Jika Anda baru saja berbelanja lemari dapur baru, Anda tahu bahwa seringkali jauh lebih ekonomis untuk memperbaiki lemari lama Anda daripada membeli yang baru. Berikut adalah 8 tips yang akan membuat refinishing lemari dapur Anda sukses besar.


1. Jika lemari dapur Anda dicat, bersihkan cat dengan stripper kimia. Jika lemari dapur Anda ternoda atau dipernis, bersihkan permukaan dengan baik atau hilangkan sebagian besar noda atau pernis dengan bahan kimia.


2. Lepaskan pintu dari lemari dapur Anda dan lepaskan pegangan dan perangkat kerasnya. Akan jauh lebih mudah jika Anda meletakkan pintu rata untuk mengerjakannya.


3. Periksa untuk melihat seberapa banyak kerusakan yang terjadi pada lemari dapur Anda. Jika hanya ada kerusakan kecil, seperti noda gelap di sekitar gagang pintu, bersihkan saja area tersebut. Gunakan bantalan wol baja sintetis karena tidak akan melukai jari Anda atau tersangkut pada serat kayu.


4. Celupkan bantalan ke dalam pengencer cat, mineral spirits, atau terpentin, dan gosok nodanya. Kemudian gosok perlahan seluruh permukaan, bersihkan dan tumpulkan sehingga lapisan baru akan menempel.


5. Setelah Anda membersihkan permukaan dan menghilangkan noda gelap, usapkan pada lapisan bening berbahan dasar minyak seperti Minwax. Semua hasil akhir bening tidak berbau dan sebagian besar tersedia dalam warna mengkilap atau satin. Oleskan beberapa lapis untuk hasil akhir yang lebih tebal.


6. Jika Anda merasa perlu untuk mengulang lebih dari sekedar beberapa area bernoda, gunakan refinisher kimia - pembersih pelarut kuat yang melarutkan dan menghilangkan bagian dari pernis lama. Mintalah seorang ahli di toko cat lokal Anda untuk menyarankan penghalus kualitas yang baik.


7. Saat Anda menggunakan penghalus bahan kimia, kerjakan di area kecil, dan gosok lapisan akhir dengan bantalan wol baja sintetis. Refinisher kimia akan menghilangkan lapisan akhir dan meratakan warna kayu dan noda. Bilas pembalut dengan lebih refinisher ketika tersumbat dengan lapisan yang kotor.


8. Permukaan kabinet harus halus dan berwarna merata setelah Anda menggosok seluruh permukaan. Jika Anda menemukannya tidak, cukup bersihkan seluruh kabinet dengan sapuan panjang yang tumpang tindih dengan penghalus bersih dan wol baja bersih dalam sapuan panjang yang tumpang tindih. Sebagian besar warna noda akan tetap ada, dan kayunya akan sangat halus.


Sangat penting bagi Anda untuk mengenakan pakaian pelindung dan pastikan area kerja berventilasi baik saat memoles lemari dapurAnda. Dan jangan lupa untuk mengikuti semua tindakan pencegahan keselamatan pada saat memperbaiki lemari dapur Anda.


Dengan mengikuti 8 tips di atas, Anda pasti akan menikmati lemari lemari dapur cantik Anda yang baru selesai diperbaiki selama bertahun-tahun.


Tips Memilih Lemari Dapur


Pilih Bahan yang Tepat Untuk Lemari Dapur

Meskipun Anda ingin semua elemen desain dapur Anda mengalir, saat memilih bahan kabinet yang ideal, jadikan kebutuhan pribadi Anda sebagai panduan Anda. Ada berbagai macam bahan lemari dapur, dengan kayu dan bahan seperti kayu sebagai pilihan tipikal.


Namun, Anda dapat memilih dari beragam, termasuk kayu keras, papan serat, kayu lapis, baja tahan karat, logam, melamin, atau termofoil. Jika Anda mencari bahan lemari dapur berkualitas tinggi, kayu keras biasanya merupakan pilihan terbaik. Material papan partikel cenderung memiliki kualitas yang lebih rendah.


Jangan Lupakan Desain Lemari Dapur

Penekanan yang cukup besar ditempatkan pada pintu saat membeli lemari baru. Mereka tersedia dalam berbagai gaya, warna, dan sentuhan akhir. Sebelum memutuskan desain lemari dapur Anda, pastikan untuk meninjau kembali gaya keseluruhan dapur Anda dan mungkin rumah Anda.


Desain keseluruhan ruang dapur dan lemari dapur Anda harus saling melengkapi kecuali jika tujuan Anda adalah menciptakan sesuatu yang berbeda dan eklektik. Lemari dapur bergaya shaker adalah pilihan yang populer, berkat kualitasnya yang klasik, sederhana, dan fungsional. Mereka juga cukup serbaguna dan cocok untuk dapur tradisional dan modern.


Berusaha Untuk Estetika dan Fungsionalitas

Anda ingin lemari dapur Anda terlihat bagus dan juga memberikan manfaat yang Anda inginkan. Dengan demikian, estetika dan fungsionalitas merupakan komponen kunci dari pemilihan kabinet. Lemari terbaik akan meningkatkan tampilan dan nuansa ruang Anda, dan memberikan nilai fungsional, baik dapur Anda besar maupun kecil. Estetika adalah tentang desain/gaya, warna, hasil akhir, dan bahkan perangkat kerasnya.


Anda dapat memilih lemari dapur tradisional dengan pegangan atau memilih opsi tanpa pegangan yang licin. Ketika datang ke fungsionalitas, pikirkan penyimpanan, dan organisasi. Anda ingin semua barang Anda masuk dengan rapi ke dalam lemari dapur Anda dan dengan cara yang mencegah kekacauan dan menyenangkan Anda.