Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Bisnis dan Proyekan Letnan Jendral Dudung Abdurahman

Dudung Abdurahman adalah nama seorang Letnan Jendral yang akhir-akhir ini ramai di perbincangkan lantaran dirinya akan di calonkan menjadi Panglima TNI oleh Presiden Joko Widodo. Kabar yang beredar dari dalam istana menyebutkan posisi KSAD yang saat ini di pegang oleh Jenderal Andika Perkasa akan di ganti dengan Letnan Jendral Dudung Abdurahman.

Lalu apakah kelebihan Pak Letnan Jendral Dudung ini sehingga Presiden memilihnya menjadi pengganti Jendral Andrika? berikut fakta lengkapnya

Letnan Jendral Dudung Abdurahman

Letnan Jendral Dudung Abdurahman

Biografi Letnan Jendral Dudung Abdurahman

Nama lengkapnya adalah Dudung Abdurahman. Pria kelahiran Bandung, 19 November 1965 merupakan sosok yang tahan banting, eh bahasa kerennya pekerja keras. Hal ini karena dirinya didik dengan sangat ketat oleh ayahnya.

Sifat pekerja keras yang dimiliki oleh sah ayah menjadikan dirinya terinspirasi untuk mengikutinya. Pria asli sunda ini memang ditempa oleh kehidupan agar menjadi kuat dan tegas terbukti ketika ayahnya meninggal dunia akibat penyakit liver pada 1981 silam dirinya harus menjadi tulang punggung untuk mencukupi kebutuhan hidup keluarganya.

Sejak kecil memang beliau, Letnan Jenderal Dydung Abdurahman, sudah memiliki cita-cita menjadi seorang tentara karena terpengaruh lingkungan sekitarnya. Gayung bersambut beliau di mudahkan jalannya untuk menjadi tentara dengan peran serta keluarga sanak famili dan lingkungan dimana beliau tinggal.

Pengalaman beliau yang sangat dikenang ketika sedang berproses menjadi seorang TNI adalah dimana ketika beliau di tendang dengan keras oleh seorang perwira TNI. Sakit karena tentangan perwira itu membekas dirinya sebagai alasan untuk terus memperbaiki diri menjadi seorang TNI.

Perjalanan hidup lainnya yang perlu kita ketahui adalah bahwa beliau ketika masih muda, saat menjadi tulang punggung menggantikan ayahnya, beliau pernah menjadi seorang loper koran sampai berjualan kue di pasar dan di perumahan-perumahan lingkungan TNI.

Lantaran menjadi penjual kue dirinya bisa dikenal oleh para tentara. Dirinya sering diajak masuk kerumah para tentara bahkan diajak kemarkas. Hal ini mendorong dirinya lebih mantap untuk menjadi seorang TNI. Berkat kemauan yang kokoh, kerja keras, lingkungan yang mendukung dan doa orang tua dan keluarganya menjadikan dirinya bisa menjadi seorang TNI.

Bukan hanya itu, sejarah akan mengukir dirinya untuk dilantik oleh presiden menjadi Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) menggantikan Jenderal Andika Perkasa yang diangkat menjadi Panglima TNI. Rencananya pelantikannya akan dilaksanakan pada hari Rabu 17 November 2021.

Perlu di ketahui hal yang membuat karirnya cepat melesat adalah ketika beliau menyelesaikan perseteruan dengan Front Pembela Islam (FPI).


Harta dan Bisnis Letnan Jendral Dudung Abdurahman

Menurut data dari LHKPN KPK, pada tahun 2019, Dudung Abdurachman telah melapor harta kekayaan miliknya ke Komisi Pemberantasan Korupsi. Pada tahun itu harta yang dimilikinya sebesar Rp 610 juta dengan perincian sebagai berikut

➧ Tanah dan bangunan seluas 104 meter di wilayah Kabupaten Magelang bernilai Rp400 juta

➧  Mobil Toyota Veloz tahun 2019 seharga Rp180 juta

➧  Sepeda motor Honda PCX seharga Rp30 juta.

Selanjutnya pada tahun 2020, hartanya bertambah menjadi Rp1,8 M terjadi penambahan aset berupa

➧  Tanah dan bangunan seluas 144 meter di Bandung senilai Rp240 juta

➧  Mobil Toyota Fortuner VRZ tahun 2020 dari pembelian pribadi dengan nilai Rp525 juta

➧  Aset kas dan setara kas Rp110.870.275 

➧  Hutang Rp402.406.000

Untuk sementara tidak diketahui bisnis atau penghasilan tambahan yang miliki oleh Dudung Abdurahman karena memang tidak di perbolehkan menurut UUD seorang TNI aktif menjalankan aktifitas bisnis.

Peraturan ini dimuat di dalam UU Nomor 34 Tahun 2004 tentang Tentara Nasional Indonesia, pasal ini menjelaskan perihal larangan bagi prajurit TNI untuk beraktivitas bisnis diatur dalam pasal 39 ayat (3).


Baca juga artikel tentang dunia proyek disini