Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

1001 Fakta Tambang Emas di Indonesia

Fakta Tambang Emas memang menarik untuk kita ketahui apalagi karena Indonesia khususnya Papua mengandung banyak sekali emas. Gunung Emas di Papua merupakan pemberian Tuhan yang Luar biasa besar yang bisa menjadi berkah untuk dan juga petaka untuk Indonesia .

Fakta yang yang selama ini kita tidak tahu adalah milik siapa emas-emas itu ? Apakah milik Indonesia? Jika milik Indonesia kenapa kesejahteraannya masih tidak merata? Apa penyebab emas di Indonesia tidak mensejahteraakan penduduknya?

Fakta Tambang Emas di  Indonesia

Indonesia merupakan negara yang memiliki kandungan emas yang sangat berlimpah ruah. Terbukti banyaknya perusahaan tambang emas yang beroprasi di beberapa wilayah Indonesia. Pada 2020 sebauh data dari pemerintah menyebutkan, akumulasi produksi dari hasil penambangan emas mencapai 160 MT. Angka yang besar. Lalu sekarang dimana?

Fakta Tambang Emas

➤ Negara kita adalah negara yang masuk dalam daftar sepuluh pertambangan terbesar di dunia. Hal ini dibuktikan dengan adanya gunung emas di Papua dan hadirnya salah satu raksasa perusahaan tambang emas terkemuka di Dunia yaitu Freeport. Bukan hanya itu sih perusahaan luar negeri juga ikut serta dalam penambangan emas di Indonesia.

Perusahaan tambang tersebar luas di beberapa wilayah di Indonesia. Anda pasti sudah familiar pertambangan emas yang ada di Papua, yups Freeport. Ada yang di Nusa Tenggara Barat letaknya di Gunung Dompu. Di pulau lainnya berada di Pulau Sumatera, bernama pertambangan Mertabe. Selanjutnya di pulau Sumbawa dan terahir di pulau jawa persisnya Jawa Barat di Gunung Pongkor.

➤ Tau nggak sih kalau PT Freeport itu merupakan perusahaan tambang terbesar di Indonesia yang mengekplorasi, menambang, dan memproses bijih tambang seperti emas, tembaga dan perak. PT ini mulai ada di Indonesia sejak tahun 1967 dan izin berdirinya Freeport di Indonesia di sahkan oleh Presiden Soeharto berbekal UU tentang penanaman modal nomor 1 tahun 1967.

Fakta Tambang Emas Indonesia

Fakta Tambang Emas Indonesia

Sudah setengah abad Freeport di Indonesia, selama itu pula kepemilikannya masih belum 100 % dimiliki oleh kita. Semoga suatu saat adanya Freeport bisa dimiliki seutuhnya oleh Indonesia dan bisa lebih mensejahterakan masyarakat Indonesia khususnya masyarakat Papua.

Berikut situs resmi PT Freeport Indonesia : https://ptfi.co.id/

➤ Negera kita bisa bersaing dengan negara besar seperti Cina dan Australia jika tambang emasnya di kelola dengan baik. Lalu apakah pengelolaannya sudah baik? sepertinya kamu sudah punya jawabannya, BELUM. Jika sudah mungkin hutang Indonesia sudah lunas, iya gak sih? Jika pemerintah Indonesia memang serius dalam melaksanakan tugasnya mengelola negara hal itu pasti selayaknya terlaksana.

Usaha memaksimalkan Freeport untuk kesejahteraan masyarakat sebenarnya sudah di lakukan oleh pemerintah saat ini. Hal ini dibuktikan dengan semakin banyaknya kepemilikan saham oleh Indonesia pada tambang emas di Papua.

➤ Freeport Untuk Dunia, ya PT Freeport Indonesia adalah perusahaan yang paling besar di Papua. Hasil tambang yang di produksi dari Papua itu lalu di jual keseluruh dunia dalam bentuk konsentrat emas, perak dan tembaga. Lalu apakah dengan menjual konsentrat tambang atau bahan mentah Indonesia dapat keuntungannya?

➤ Blog Wabu lebih besar kandungan emasnya dari pada di Grasberg. Pada tahun 2018 Blok Wabu telah diserahkan kepada pemerintah Indonesia karena habis kontrak karyanya. Penyerahan blok Wabu membuat pihak Indonesia sangat bergembira apalagi dengan adanya kandungan emas yang lebih besar dari pada blok yang dimiliki Freeport yaitu Grasberg.

Kesimpulannya, negara kita Indonesia memang benar diberi anugra Tuhan yang luar biasa besar dan tugas kita hanya mengelola, memanfaatkan anugra itu sebaik mungkin untuk kesejahteraan Bangsa Indonesia. Untuk kamu yang baca artikel ini semoga terdorong untuk lebih memperhatikan kekayaan alam Indonesia agar aktifitas pengelolaannya tidak dilakukan sembarangan bahkan merugikan oleh yang si penambang baik itu pemerintah maupun pihak swasta.

Demikian Fakta Tentang Tambang Emas Indonesia semoga benar-benar menjadi berkah kita semua.

Baca juga hal menarik lainnya tentang dunia proyek disini