Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pertambangan : Definisi, Jenis dan Lowongan Kerja Di Pertambangan

Pertambangan : Definisi, Jenis dan Lowongan Kerja Di Pertambangan. Bagi sahabat yang ingin bekerja di pertambangan alangkah baiknya mengenal apa itu pertambangan, jenis-jenis pertambangan dan lowongan pekerjaan di pertambangan. Oke langsung saja kita bahas apa itu pertambangan. Namun sebelum lanjut kasik klik dulu ya ke iklan di artikel ini, agar blog ini selalu berkembang dan memberikan informasi-informasi yang bermanfaat untuk sahabat semua.

Pengertian Pertambangan

Mining di artikan kedalam bahasa adalah pertambangan. Kalimat mining ini bisa di kaitkan ke banyak hal. Seperti mining minyak, mining batu bara atau juga di dalam dunia cypto di kenal dengan istilah mining bitcoin.

Mining atau pertambangan adalah suatu jenis kegiatan pengambilan barang atau jenis-jenis mineral yang berharga di dalam perut bumi. Pertambangan ini tentunya untuk mengambil sesuatu yang bernilai ekonomis dan bermanfaat bagi banyak orang. Nah untuk hasil pertambangan ini bermacam-macam, mulai dari gas atau minyak bumi, batubara, pasir besi, timah, bauksit, emas, perak, tembaga.

Penggalian dalam arti lain yaitu jenis kegiatan pengambilan seluruh jenis barang galian. Barang-barang galian ini berupa unsur kimia, mineral.

Untuk kegiatan penggalian ini di perinci lagi menjadi beberapa kegiatan seperti pemecahan ,peleburan, pemurnian dan segala proses pengolahan hasil pertambangan. Untuk penambangan ini di golongkan ke dalam kegiatan industri. Sahabat pernah tau kan kalau orang arab itu minum dengan air laut. Nah kegiatan pengambilan, pembersihan dan pemurnian air laut itu juga termasuk dalam kegiatan penambangan.

Pertambangan : Definisi, Jenis dan Lowongan Kerja Di PertambanganAdapun tahapan-tahapan dalam kegiatan pertambangan meliputi: prospeksi dan penelitian umum, eksplorasi, persiapan penambangan dan pembangunan, eksploitasi dan pengolahan, pengilangan, pemurnian. Untuk prospeksi di sini artinya suatu kegiatan menyelidi dan mencari endapan-endapan berharga di perut bumi.

Tahapan selanjutnya dalam dunia pertambahan yaitu eksplorasi. Eksplorasi di sini artinya bukan eksplor tempat angker loh sahabat. Hehehe namun eksplorasi di sini artinya kegiatan lanjutan setelah prospeksi. Kegiatan ini meliputi kegiatan-kegiatan untuk mengetahui ukuran, bentuk, posisi, kadar rata-rata dan besarnya cadangan. Kegiatan ini bertujuan unutuk menemukan kelayakan barang tambang yang akan kita gali. Banyak juga ya kegiatan pertambangan.

Jenis-Jenis Pertambangan

Sahabat harus tau bahwa negara kita tercinta Indonesia sebenarnya negara yang kaya raya. Terbukti banyaknya pertambangan-pertambangan di engara kita. Pertambangan ini tersebar di banyak wilayah di Indonesia. Jika sahabat cinta dengan tanah air kita dan memiliki keinginan untuk merawat tambang di Indonesia saya harap sahabat jangan pernah berhenti belajar belajar dan belajar khususnya dunia pertambangan. Dengan cara belajar nanti sahabat akan mengaplikasikan cinta tanah airnya ke dalam bentuk pemeliharaan tambang di negara kita. Agar pertambangan di negara kita tidak merusak lingkungan, ekosistem dan segala macam dampak buruk dalam pertambangan.

Nah. untuk jeniss-jenis tambang itu terdiri dari : Tambang Minyak Bumi, Tambang Batu Bara, Tambang Timah, Tambang Emas. Untuk urutan kesatu dalam pertambangan di Indonesia, pertambangan minyak bumi di peringkat pertama. Hampir di seluruh wilayah ada pertambangan minyak bumi. Oiya shabat, minyak bumi ini mempunyai peranan sangat penting di Indonesia loh. Karena di manfaatkan di banyak sektor industri. Selanjutnya Tambang Batu Bara

Tambang Batu Bara juga banyak diketemukan di wilayah Indonesia. Batu bara ini juga masih menjadi satu tambang yang dibutuhkan dikehidupan manusia, walaupun tidak se terkenal minyak bumi. Batu bara ini lebih banyak di gunakan untuk menciptakan energi listrik dan juga panas. Batu bara ini juga terdapat di bayank tempat di wilayah Indonesia. Selanjutnya tambang timah.

Walaupun tidak sefamiliar tambang minyak bumi dan tambang batu bara, tambang timah di Indoensia,  diam-diam menempati peringkat ke empat di dunia loh. Kebutuhan manusia akan timah termasuk tinggi. Timah biasanya di gunakan untuk melapisi baja atau keperluan industri lainnya. Wilayah yang paling terkenal di Indonesia yang memiliki tambang timah yaitu Bangka Belitung. Selanjutnya ialah tambang emas.

Siapa sih yang tidak tau emas. Bukan Mas Paijo loh ya. Hehehehe. Sahabat pasti pernah dengan PT Freeport. Yaps, tambang emas yang berada di Papua. Eh, katanya tambang emas di sana bukan milik Indonesia sepenuhnya loh. Ugh, miris ya. Kita berdoa bersama semoga seluruh tambang di Indonesia dapat di miliki oleh Indonesia sepenuhnya daaaan di kelola dengan baik untuk kesejahteraan rakyatnya khususnya emas. Emas memang dari dulu selalu eksotis.

Emas atau loga mulia dari zaman dahulu memang memiliki nilai ekonomis yang tinggi. Tambang emas di Indoensia bukan hanya di Papua loh ya, namun terdapat juga di beberapa wilayah lain. Wilayah lain juga turut menyumbang tambang emas yang cukup besar selain yang berada di Papua.

Lowongan Kerja Di Pertambangan

Siapa si yang tidak ingin gaji besar. Bekerja di pertambangan bisa menjadi alternatif sahabat yang ingin mendapatkan gaji yang besar. Namun perlu di perhatikan ya, gaji besar pasti memiliki resiko besar. Sahabat harus terima resiko ini dengan pertimbangan yang matang.

Salah satu resiko besar bekerja di pertambangan ialah kehilangan nyawa. Jika sahabat ingin mencari info lowongan pekerjaan di pertambangan disa klik disini ya. Dan untuk sahabat yang ingin mencari tau informasi tentang dunia proyek bisa klik disini.

Semoga artikel ini bermanfaat untuk sahabat yang sedang mencari tau mengenai dunia pertambangan. Salam sukses untuk sahabat semua.