Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Sebutkan Daerah Penambangan Minyak Bumi di Indonesia

Sebutkan daerah penambangan minyak bumi di indonesia, Daerah Pemroduksi Minyak Bumi dan Gas Alam di Indonesia Jakarta - Sumber daya alam seperti minyak bumi dan gas alam menyebar tidak rata di sejumlah daerah di Indonesia. Minyak bumi dan gas alam termasuk sumber daya alam vital tidak terbarukan yang terkuasai negara.


sebutkan daerah penambangan minyak bumi di indonesia
Sebutkan Daerah Penambangan Minyak Bumi di Indonesia


Keyword: daerah penghasil minyak bumi, daerah penghasil minyak bumi di indonesia, sebutkan daerah penambangan minyak bumi di indonesia, tempat tambang minyak bumi di pulau jawa adalah


Minyak bumi dan gas alam disebutkan komoditas penting yang kuasai hajat hidup banyak orang dan memiliki peran penting dalam ekonomi nasional.


Berikut penyebaran sumber daya alam yang berada di Indonesia seperti minyak bumi, batu bara, dan gas alam. Jika ada pertanyaan sebutkan daerah penambangan minyak bumi di indonesia, berikut ini jawabannya:


sebutkan daerah penambangan minyak bumi di indonesia
Sebutkan Daerah Penambangan Minyak Bumi di Indonesia


Minyak Bumi


Minyak bumi adalah sumber daya alam yang tidak bisa diperbaharui. Minyak bumi mempunyai faedah yang paling penting untuk kehidupan manusia.


Ini karena perannya sebagai bahan bakar atau sumber energi.


Hasil pemrosesan minyak bumi bisa digolongkan jadi 4 tipe, yakni bahan bakar minyak misalnya minyak tanah, premium, dan avtur, bahan bakar nonminyak misalnya aspal, parafin, dan peluma/oli, elpiji (LPG/liquid petroleum gas), dan petrokimia misalnya pestisida, herbisida, dan pupuk.


Beberapa daerah penambangan minyak bumi di Indonesia salah satunya:


  • Pulau Sumatera yaitu di Lhokseumawe dan Peureulak (Aceh), Tanjung Pura (Sumatera Utara), Sungai Pakning dan Dumai (Riau), dan Plaju, Sungai Gerong, dan Muara Enim (Sumatera Selatan).
  • Pulau Jawa yaitu di Wonokromo, delta Sungai Brantas (Jawa Timur), dan Majalengka dan Jatibarang (Jawa Barat).
  • Pulau Kalimantan ada di Balikpapan, Pulau Tarakan, Pulau Bunyu Kalimantan Timur dan Amuntai, Tanjung, dan Rantau (Kalimantan Selatan).
  • Maluku ada di Pulau Horor.
  • Papua, ada di Klamono, Sorong, dan Babo.


Batu Bara


Batu bara terhitung sumber daya alam yang tidak bisa diperbaharui yang hasilkan energi. Batu bara berperanan penting untuk kehidupan manusia.


Batu bara dipakai untuk kepentingan industri, pembangkit listrik tenaga uap, pembakaran semen, batu gamping, dan darurat.


Daerah pemroduksi batu bara di Indonesia salah satunya Bukit Asam yang terpusat di Tanjung Enim di Sumatera Selatan, Kota Baru yang terpusat di Pulau Laut (Kalimantan Selatan).


Disamping itu di Lembah Sungai Berau yang terpusat di Samarinda (Kalimantan Timur), dan Ombilin yang terpusat di Sawahlunto (Sumatera Barat).


Gas Alam


Selainnya minyak bumi, sumber daya alam yang tidak bisa diperbaharui yang hasilkan energi ialah gas alam.


Gas alam bisa digunakan sebagai bahan bakar gas pada alat transportasi seperti bis, bahan bakar industri enteng, dan bahan baku industri pupuk.


Beberapa daerah pemroduksi gas alam di Indonesia salah satunya di Arun (Aceh), Bontang (Kalimantan), Jawa Barat, Sumatera Utara, dan Sumatera Selatan.


Jenis barang tambang yang sebagian besar dipakai dalam industri baterai yaitu berikut penjelasannya. Lihatlah kondisi sekitaran rumah kamu masing-masing!


Apa ada aktivitas penambangan yang sudah dilakukan oleh warga disekitaran rumah kamu? Aktivitas penambangan apa yang biasanya dilaksanakan oleh mereka?


Indonesia sebagai salah satunya negara di dunia yang kaya bahan tambang. Beragam bahan tambang ada untuk penuhi keperluan dalam negeri atau luar negeri.


Keyword: penghasil minyak bumi terbesar di indonesia, sebutkan daerah penghasil minyak bumi , sebutkan daerah penghasil minyak bumi di jawa, persebaran minyak bumi di indonesia


Demikian artikel mengenai sebutkan daerah penambangan minyak bumi di indonesia. Semoga bermanfaat dan jangan lupa klik iklan dan kunjungi artikel lainnya tentang 1001 fakta tambang emas di Indonesia.

Terimakasih

Salam sukses selalu