Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Konstruksi Baja Ringan Yang Benar

Konstruksi Baja Ringan Yang Benar, Berikut ini adalah artikel mengenai tutorial tehnis memasang atap baja yang benar sesuai SNI. Untuk itu langsung saja kita mulai pembahasannya.


konstruksi baja ringan yang benar
Konstruksi Baja Ringan Yang Benar


Konstruksi baja ringan yang benar pada bangunan sangatkah penting. Atap pada bangunan yang berperan sebagai penutup semua ruang yang berada di bawahnya pada dampak panas, debu, hujan, angin atau untuk kepentingan pelindungan.


Meskipun atap itu enteng, dampak luar pada konstruksi dan penutupnya baik pada temperatur (cahaya matahari), cuaca (air hujan dan kelembapan udara), dan keamanan terhahap style horizontal (angin dan gempa) dan kebakaran tetap harus ditanggung.


Atap bisa disebutkan berkualitas bila susunannya kuat/kuat dan tahan lama/bertahan lama. Factor cuaca jadi bahan pemikiran penting dalam membuat wujud dan konstruksi atap/bangunan.


Kehadiran atap pada rumah penting ingat perannya seperti payung yang membuat perlindungan seisi rumah dari masalah cuaca (panas,hujan dan angin). Oleh karenanya, sebuah atap harus betul-betul kuat/kuat dan kemampuannya bergantung pada susunan simpatisan atap.


Dengan konstruksi baja ringan yang benar dan kuat akan sanggup menyokong beban yang ada di atas pada atap rumah. Dalam penempatan konstruksi baja ringan untuk atap rumah akan ditangani oleh beberapa orang yang sudah eksper di bagian penempatan kerangka atap baja ringan yang diperlengkapi dengan perhitungan-perhitungan yang masak untuk tiap segi penempatan.


Baja ringan apakah kuat? bahan atau jenis Galvalum sebagai produk kerangka konstruksi baja ringan yang benar yang dibuat berbahan baja kualitas tinggi yang dilapis dengan Zinc-Aluminium atau Zinc Coated (Galvanized), hingga selainnya kuat tahan pada semua cuaca, tahan karat dan anti rayap.


Penempatan konstruksi baja ringan yang benar harus dilaksanakan dengan teliti dan ikuti standard dan proses yang sudah ditetapkan. Berikut syarat-syarat tehnis yang perlu disanggupi.

  • Jangan ada kerusakan susunan perlindungan pada baja ringan
  • Kerangka atap terpasang tegak lempeng pada pijakannya (ring balk)
  • Ikatan kerangka atap dan ring balk harus diperkokoh dengan baut angkur (dynabolt)
  • Pucuk kuda-kuda (apex) harus sama tinggi dan nok dipasang rata
  • Kemiringan kerangka atap harus sama rata (jangan bergelombang)
  • Jangan terjadi kekeliruan pembuatan yang mengakibatkan peralihan wujud


Tehnik Proses Perakitan Konstruksi Baja Ringan Yang Benar

Cara pasang baja ringan atap miring atau kerangka didudukkan langsung di atas sandaran (ring balk). Tetapi pada keadaan tertentu, bila sandaran tidak rata, karena itu kerangka atap bisa didudukkan di atas wall platesebagai mediator. Penempatan lewat tingkatan penyiapan, perakitan kuda-kuda, pengecekan sandaran, dan penempatan kuda-kuda dan kelengkapannya.


Beberapa hal yang perlu dipersiapkan saat sebelum penempatan adalah gambar gagasan atap yang menerangkan letak kuda-kuda. Dan perlengkapan kerja (meteran, waterpass atau unting-unting, mesin potong, mesin bor sekalian obeng, alat penyiku, palu).


Sedangkan bahan yang diperlukan sudah pasti baja ringan (sama sesuai keperluan). Seharusnya dipersiapkan perlengkapan keselamatan kerja (sarung tangan, kacamata, helm, sepatu kerja) supaya peroses pembuatan berjalan dengan aman.


Membuat dan Memasangkan Konstruksi Baja Ringan Yang Benar

Bila tidak dibikin di pabrik, konstruksi baja ringan yang benaruntuk atap bisa dibuat sendiri di lokasi. Prosesnya, pertama harus diukur lebar dan panjang sektor yang akan ditutup atap dan ketahui kemiringan atap. Ukuran dipakai sebagai dasar untuk tentukan panjang tangkai baja ringan pada kuda-kuda, mencakup tangkai luar atas atau segi miring (hebat chord), tangkai luar bawah (bottom chord), dan tangkai dalam atau pengaku (situs).


Detail baja ringan harus sama sesuai standard yang dianjurkan produsen. Sesudah dipotong, batang-batang dibuat jadi kuda-kuda sama sesuai rentang dan gagasan wujud atap. Wujud standard kuda-kuda baja ringan dapat berbentuk segitiga utuh (untuk atap pelana atau limas), segitiga terpancung dan segitiga kecil.


Langkah Memasang Konstruksi Baja Ringan Yang Benar

Cara memasang atap baja ringan umumnya diawali dengan perakitan kuda-kuda baiknya dilaksanakan di tempat terbuka yang rata dan kering, dapat di bawah atau di atas (contoh, ditempatkan pada cor beton). Supaya kemampuan dan konsistensi kontruksi bangunan pada atap terjaga, ikatan batang-batang baja harus dipakai baut khusus yang dibuat dari baja berkualitas tinggi dan anti karat.


  • Pengecekan kerataan sandaran dan pemberian pertanda

Saat sebelum penempatan, rangka atap rumah yang sudah dibuat perlu dicheck kembali - pakah sektor sandaran (ring balk)sudah rata dan siku. Harus ditegaskan juga ikatan di antara ring balk dan kolom di bawahnya telah berapa kuat. Selanjutnya kerjakan pengukur untuk tentukan titik penempatan kuda-kuda sama sesuai gambar gagasan, dan menandainya. Baiknya jarak maksimal antara kuda-kuda (as-as) ialah 1,2 mtr..


Konstruksi Baja Ringan Yang Benar 2
Gambar 1.1 Konstruksi Baja Ringan Yang Benar


Penempatan Kontruksi Baja Ringan Sebagai Atap Pada Sandaran

Sesudah sandaran siap, kuda-kuda yang sudah dibuat bisa diangkat dan didudukkan pada sandaran. Pengangkatan harus dilaksanakan secara berhati-hati supaya rakitan tidak hancur, dan dengan arah hadap dan status kanan-kiri yang akurat. Kuda-kuda didudukkan pada ring balk, persisnya di titik sandaran (pitching poin) sama sesuai pertanda.


Harus ditegaskan kuda-kuda sudah ada pada status yang pas dan tegak lempeng pada ring balk. Seterusnya kuda-kuda dan sandaran digabungkan dengan pelat L (L bracket). Untuk ikatan kuda-kuda dan pelat L dipakai skrup. Dan untuk penggabungan pelat L dan ring balk dipakai baut angkur (dynabolt). L bracket bisa dipakai produk pabrik atau dibikin sendiri dari profile C.


sistem penempatan atap baja entengSetelah kuda-kuda pertama dipasang, diteruskan dengan penempatan kuda-kuda selanjutnya, sama sesuai gambar gagasan dan pada sandaran yang sudah diikuti. Seterusnya harus dicheck semua pucuk kuda-kuda (apex) sudah sama tinggi supaya balok nok dipasang rata.


Penempatan Balok Knok, pengaku

Sesudah ditegaskan tinggi pucuk kuda-kuda sama dan kemiringan rata, terpasang kelengkapan kontruks atap, diawali dari balok nok yang menyambungkan pucuk kuda-kuda. Untuk jamin kemampuan susunan harus terpasang tangkai pengaku (bracing) sebagai pengikat antara kuda-kuda (di bagian bawah, tengah, diagonal, dan dekat dinding).


Seterusnya terpasang kelengkapan lain berbentuk kasau atau usuk (rafter), reng (roof batten), dan talang jurai. Aluminium foil, bila ada, terpasang antara kuda-kuda atau kasau dan reng dengan diapit, dipaku atau disekrup.Jarak reng disamakan dengan tipe penutup atap yang akan dipakai.


Pengecekan akhir dilaksanakan untuk pastikan kontruksi atap baja ringan sudah dipasang secara benar. Kemiripan kemiringan atap, kelurusan reng, keakuratan jurai, dan lain-lain. Apabila sudah penutup atap yang diputuskan (darurat keramik, darurat beton, darurat metal, dan lain-lain) bisa terpasang sama sesuai proses. Lantas diteruskan dengan penutupan nok, pembikinan daftar plank, dan tugas akhir lain.


Kesimpulan Konstruksi Baja Ringan Yang Benar

Begitu pembahasan mengenai konstruksi baja ringan yang benar dengan cermat supaya atap kuat dan tidak mempunyai potensi ambruk. kerangka atap baja ringan memang lebih cepat dan mudah terpasang. Tetapi perlu kecermatan dan kehati-hatian supaya tidak berpengaruh fatal. Selamat mempraktikkan, upgrade juga info megenai kontruksi gedung.