Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Penjelasan Pengendalian Proyek Beserta Metode Lengkapnya

Penjelasan Pengendalian Proyek Beserta Metode Lengkapnya. Jika kamu cari tau tentang artikel " Pengendalian Proyek Adalah" berarti kamu sudah berada halaman yang tepat. Disini kamu akan mendapat informasi yang kamu cari.


Banyak hal yang terjadi diluar dugaan ketika kita berada di proyek. Mulai dari kurangnya material, kurang tepatnya pengukuran dan lain sebagainya.


" Namun semua kekurangan yang berada diproyek dapat diminimalisir menggunakan metode pengendalian proyek "

Pengendalian Proyek Adalah

Penjelasan Pengendalian Dalam Proyek

Sebenarnya banyak sekali pakar yang berpendapat mengenai definisi pengendalian dalam proyek. Ada lebih dari lima definisi yang berbeda-beda.


Namun, pada intinya semua definisi para pakar mengenai pengendalian dalam proyek sama. Kami sajikan rangkuman penjelasan tentang definisi dalam proyek. Agar kamu bisa lebih memahami maksud dari apa itu pengendalian dalam proyek.


Pengendalian dalam proyek adalah mekanisme pelaksanaan pengawasan mulai dari menganalisa kekurangan dan kelebihan, membandingkan pelaksanaan dengan tujuan utama proyek dan mengambil tindakan dari kekurangan dilapangan.


Ada pendapat lain menyebutkan, pengendalian dalam proyek adalah pekerjaan monitoring tentang fakta-fakta dilapangan sebagai bahan evaluasi kinerja. Bahan untuk evaluasi ini berupa waktu kinerja, kualitas bahan yang dibutuhkan, kebutuhan sumberdaya dan lainnya.


Pada intinya semakin rinci hasil pengamatan akan semakin menghasilkan bahan evaluasi yang lengkap. Jika evaluasinya lengkap maka kendala didalam proyek bisa diatasi secara cepat dan tepat.


Perlu dicatat, guna memaksimalkan pemantauan kinerja proyek dibutuhkan metode yang tepat agar hasil evaluasinya lengkap. Metode apa itu?


Metode Pengendalian Nilai Hasil

Metode nilai hasil adalah metode yang digunakan untuk menentukan perkiraan hasil kerja dimasa akhir suatu proyek. Hal ini tidak lain dan tidak bukan untuk melihat seberapa hasil kinerja sejak proyek berjalan.


Demikian tadi penjelasan mengenai pengendalian dalam proyek. Yang secara garis besar diartikan sebagai proses pengamatan secara menyeluruh didalam suatu proyek.


Didalam proyek banyak sekali kendala yang dihadapinya, salah satu yang penting untuk di kendalikan ialah sirkulasi keuangan didalam proyek. Jika keuangan ini tidak dikendalikan bisa berakibat kerugian dan juga hasil kerja yang buruk. Berikut metode pengendalian keuangan sebagai bahan evaluasi pengendalian didalam proyek.


Pengendalian Keuangan atau Biaya

Bagaimana cara pengendalian keuangan? Suatu proyek akan maksimal jika dua hal ini dikendalikan secara maksimal, yaitu pengendalian biaya dan waktu . Lalu bagaimana cara mengendalikannya?


Pengendalian biaya sebenarnya ialah langkah akhir dari proses pengelolaan biaya suatu proyek. Namun akan lebih baik jika pengendalian ini dilaksanakan juga diawal atau pada saat proyek berjalan.


Hal ini dikarenakan, agar supaya biaya dan waktu bisa dimaksimalkan dengan baik oleh seluruh elemen dalam proyek. Sebenarnya dua hal ini dengan mudah dikendalikan karena rencana waktu dan biaya sejak awal sudah ditetapkan. Kontraktor tinggal memantau waktu dan hasil kinerja beserta biaya yang telah dikeluarkan, dan yang jelas sesuai dengan apa yang dari awal direncanakan.


Pengendalian ini memerlukan keahlian yang khusus ketika ketika dilapangan. Kontraktor harus menguasai berbagai hal tekhnis dilapangan agar semua terpantau dengan cermat.


Dikarenakan pengendalian waktu dan biaya sangat penting, maka diperlukan refleksi khusus untuk membangun suasana. Hal ini agar tercipta lingkungan kerja yang sehat supaya dengan otomatis seluruh elemen proyek memantau pengendalian waktu dan keuangan proyek.


Lalu bagaimana cara mewujudkan suasana yang baik didalam proyek ? berikut beberapa hal pendukungn agar tercipta suasana proyek yang sehat.

  • Sikap Sadar Waktu dan Anggaran

Hal ini artinya semua pihak penyelenggara proyek baik itu kontraktor, pekerja dan semua elemen didalam proyek bisa menyadari dampak yang ditimbulkan dari aktifitas apapun terhadap waktu dan keuangan proyek.


  • Sikap Kreatif

Para pekerja yang kreatif merupakan aset berharga didalam proyek, apalagi jika semua pekerjanya bersikap kreatif. Apa itu bisa diciptakan? jawabannya bisa. Lalu bagaimana caranya?


Sikap kreatif akan membuat para pekerja ataupun kontraktor mencari solusi alternatif jika menemukan permasalahan dalam anggaran. Hal ini bisa dimulai dari membangun emosional seluruh warga proyek, tekhnisnya bisa dengan mengajak makan siang bersama, berlibur bersama dan lainnya.


Beberapa hal diatas memang penting dilakukan untuk merangsang sadar waktu dan anggaran. Namun akan lebih baik jika hal ini didukung dengan komunikasi yang baik didalam proyek.


Komunikasi yang baik didalam proyek akan menciptakan suasana yang saling pengertian antara kontraktor dan pekerja. Yang pada akhirnya terciptalah suasana sadar waktu dan anggaran.


Pengendalian Waktu

Langkah langkah dalam pengendalian proyek? Proyek akan berjalan dengan baik jika waktu yang disediakan dimanfaatkan dengan efektif. Maka penting diperhatikan pada saat awal merencanakan kebutuhan waktu pelaksaan proyek.


Dan pengendalian waktu didalam proyek bertujuan agar scedule yang ditetapkan berjalan dengan baik. Dengan pengendalian ini kontraktor bisa mengukur kinerja dan hasil pekerjaan suatu proyek.

  • Pengendalian waktu dalam proyek bisa dilakukan menggunakan beberapa alat bantu seperti :
  • Bar Chat Schedule
  • Kurva S sebagai indikator terlambat tidaknya proyek
  • Membuat jadwal yang lebih rinci
  • Membuat daftar alat dan bahan yangdibutuhkan para pekerja dan subkontraktor


Demikian penjelasan mengenai pengendalian dalam proyek. Yang pada intinya, seluruh pengendalian yang ada didalam proyek bertujuan untuk meminimalisir kesalahan yang ada didalam proyek.

Semoga bermanfaat.

Jangan lupa lengkapi informasi anda mengenai dunia proyek disini.