Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Manfaat Lithium ︱ 1001 Manfaatnya Bagi Kehidupan Manusia

Manfaat Lithium 

Manfaat Mineral Lithium sudah dikenal sejak lama oleh manusia. Lithium sejak ditemukannya pada tahun 1970 sudah mengalami perkembangan yang signifikan sebagai bahan baku baterai. Di Indonesia akhir-akhir ini sedang ramai memperbincangkan baterai dengan bahan baku Lithium sebagai pengganti bahan bakar pada kendaraan bermotor yang terbuat dari minyak bumi, kita tau bahwa minyak bumi semakin hari semakin sedikit dan harganya sudah sangat mahal.

Manfaat Lithium yang saat ini yang sedang tren yaitu Baterai berbahan Lithium karena bisa di gunakan sebagai pengganti bahan bakar pada kendaraan. Hal ini merupakan terobosan terbaru didunia energi sejak ditemukannya pada tahun 1987. Sebenarnya banyak sekali manfaat lithium dan nanti akan kita bahas, yang jelas bahwa baterai lithium lebih ramah lingkungan dari pada minyak bumi.

Besarnya manfaat lithium membuat semakin meningkatnya permintaan lithium terutama bidang Industri. Salah satu industri yang saat ini sedang hangat di perbincangkan yaitu Industri Baterai. Karenanya itu banyak bermunculan proyek tambang lithium dibeberapa negara bahkan di Indonesia sendiri. Untuk saat ini pertambangan lithium terbesar pertama berada di Australia, kedua di Cili, Argentina, China, Zimbabwe, Portugal dan terahir Brazil.

Karena kebermanfaat yang luar biasa ini, Indonesia juga turut berkontribusi menyumbang lithium dengan mengadakan penambangan lithium di beberapa wilayah seperti di Morowali, Sulawesi Tengah, Bangka Belitung, Hatapang, Pegunungan Tiga Puluh, Aceh, dan tambang terbesar Lithiumterbesar di Indonesia saat ini berada di Sulawesi.

Manfaat Lithium Bagi Kehidupan Manusia

Manfaat Lithium
Foto Tambang Lithium
Lithium dalam perjalanannya yang cukup panjang sejak ditemukan pada tahun 1987 terus mengalami banyak sekali penemuan kebermanfaatannya bagi kehidupan manusia. Lithium juga semakin di kenal luas diseluruh dunia karena sangat membantu kehidupan manusia terutama pada bidang industri. Lantas apa saja sih manfaat lithium bagi kehidupan manusia?

Berikut beberapa Manfaat Lithium Bagi kehidupan manusia :

1. Mengurangi Polusi Udara

Meningkatnya permintaan masyarakat terhadap kendaraan listrik saat ini yang sangat pesat menyebabkan semakin tumbuh suburnya proyek pertambangan lithium diseluruh dunia. Hal ini dikarenakam banyaknya masyarakat yang mulai sadar akan pentingnya lingkungan. Masyarakat mulai sadar akan efek buruk yang ditimbulkan dari penggunaan minyak bumi sebagai bahan bakar. Maka dari itu alternatifnya ialah menggunakan kendaraan yang berbahan bakar listrik yang terbuat dari Lithium. Lithium sebagai pengganti minyak bumi bisa dijadikan andalan sebagai bahan bakar yang lebih ramah Lingkungan dibandingkan dengan minyak bumi.

2. Efisien dan Ringan

Manfaat Baterai Lithium dikendaraan listrik sangat berasa sekali. Apalagi untuk kendaraan yang memiliki bobot yang cukup besar sangat kentara penggunaan bahan bakarnya. Pasalnya semakin berat kendaraan akan semakin besar pula bahan bakar yang dikeluarkan untuk menghasilkan tenaga. Baterai dengan bahan baku Lithium adalah alternatif yang bisa di andalkan untuk menyelesaikan masalah ini. Baterai Lithium untuk kendaraan listrik juga diketahui sangat tahan lama penggunaannya. Artinya penggunaan lithium sebagai baterai untuk kendaraan listrik jadi lebih irit.

Di industri telephone genggam khususnya smartphone, lithium juga sudah dimanfaatkan untuk  pembuatan baterai. Lithium dijadikan bahan baku baterai untuk semartphone karena baterai yang dihasilkan lebih tahan lama dan juga beratnya ringan.
3. Fast Carger

Manfaat Lain Lithium yang di pergunakan sebagai baterai kendaraan yaitu cepat dalam pengisiannnya. Hal ini bisa menjadikan waktu kita tidak terbuang sia-sia hanya untuk mengisi bahan bakar kendaraan listrik kita. Hal ini bukan hanya berlaku pada baterai kendaraan loh ya, namun baterai smartphone juga.

4. Minim Perawatan

Penggunaan Baterai Lithium juga diketahui sangat efisien. Penggunaannya bisa menyebabkan dampak positif yaitu minim perawatan. Karena itu menjadikan mesin atau perangkat apapun yang menggunakan lithium sebagai bahan pembuatan baterainya akan menjadikan mesin itu awet.

5. Industri Nuklir

Kita tau nuklir itu bukan hanya memiliki dampak negatif bagi manusia namun juga memiliki dampak positif. Nuklir bisa di gunakan sebagai alternatif sumber tenaga litrik yang berkapasitas besar. Dan lithium pada industri nukril di gunakan pada produksi tritium untuk bahan baku perisai. Manfaat lithium lainnya di industri nuklir yaitu dijadikan bahan bakar nuklir

6. Sebagai pelindung pada reaktor fusi

7. Bahan untuk membuat senyawa organolithium khususnya butyllithium dan hidrida lithium

8. Sebagai pendingin pada alat penukar panas

9.  Sebagai larutan dalam amoniac cair untuk mereduksi Birch

10. Untuk bahan memurnikan alumunium

11. Dimanfaatkan pada industri keramik dengan jenis tertenu

12. Digunakan pada industri kaca

Dan masih banyak lagi manfaat Lithium yang masih belum ditemukan

Demikian tadi artikel tentang " Manfaat Lithhium Bagi Kehidupan manusia "

Semoga bermanfaat, jangan lupa kunjungi Fakta Dunia Proyek yang sangat jarang ditemui di Indonesia disini

Terimakasih