Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tugas Helper Warehouse: Fenomena Pekerjaan Unik Bergaji Besar (Big Money)

Tugas helper warehouse. Pada artikel ini akan kami bahas lengkap mengenai helper warehouse. Bersamaan bertumbuhnya usaha e-commerce di Indonesia karena itu diperlukan juga infrastuktur yang memberikan dukungan semua proses jual-belinya, ada juga yang diartikan infrastruktur ialah dibuatnya pergudangan atau warehouse dan support model pengangkutannya.


Tugas Helper Warehouse
Tugas Helper Warehouse


Untuk penuhi ekosistem jual-beli e-commerce itu selanjutnya diperlukanlah peranan yang bisa mendukung aktivitas setiap hari dalam gudang ingin juga untuk memberikan dukungan pengangkutan barangnya. Maka untuk itu munculah suatu tugas helper warehouse untuk menunjangnya.


Apa peranan yang baiknya harus ada dalam industri Warehouse dan Logistic?


Tags: apa itu tugas resume, warehouse helper qualifications, job description for warehouse helper, duties of a warehouse helper, warehouse helper salary


Type Karyawan sektor Warehouse dan Logistics

Berikut ini beberapa jenis pekerja pada bidang Warehouse dan Logistik:


  • Warehouse Worker

Apa Itu pekerjaan warehouse?  Pekerjaan Warehouse worker mempunyai peranan yang meliputi banyak tugas sekalian. Apa yang umumnya terhitung dalam deskripsi tugas seorang Warehouse Worker?


  1. Ambil barang dari distribution center dan dimigrasikan pada shipping atau loading
  2. Terima barang dan pastikan barang yang hendak dikirimkan telah sesuai pesanan dan pastikan kualitas barang selalu terlindungi saat sebelum proses pengangkutan
  3. Mengenali dan membuat laporan pada supervisor jika mendapati barang yang hancur atau lenyap
  4. Menhitung dan pastikan stock barang sesuai SOP yang berjalan


Perlu dicatat jika setiap industri benar-benar memungkin untuk memerlukan peranan yang lebih detil kembali dan tidak pada umumnya seperti deskripsi tugas helper Warehouse Worker di atas.


  • Admin Gudang

Admin gudang atau helper gudang mempunyai peranan untuk lakukan kontrol SOP yang terhitung didalamnya pastikan jumlah dan kualitas barang berdasar inventory log.


  • Picker/Packer

Picker atau packer ialah dua tugas berlainan. Di mana picker berperan untuk ambil barang dan membagikannya pada seksi yang lain memerlukan (shipping/loading), dan untuk seorang packer, pekerjaannya berperan untuk membuntel barang pesanan sesuai SOP gudang.


  • Helper

Peranan helper dalam gudang untuk pastikan keadaan gudang sekondusif kemungkinan, misalnya:


  1. Mensortir barang yang perlu dibalikkan atau dialokasikan kembali ke rack dan alat/transportasi yang dipakai
  2. Menulis jumlah unit barang yang diatasi atau dipindahkan bereskan sesuai helai produksi/SOP
  3. Menyortir ekspedisi saat sebelum pemuatan dan perombakan
  4. Bersihkan dan jaga keadaan gudang sekondusif kemungkinan


  • Quality Kontrol (QC)

Peranan Quality Kontrol (QC) berperan untuk pastikan barang yang hendak dikirimkan sudah sama sesuai dan meminimalkan ada cacat atau kerusakan yang berpengaruh pada ketidak puasan kostumer atau berlangsungnya kembalikan atau barang yang perlu diganti atau dibalikkan.


  • Pengantar (Roda 2/Roda 4)

Untuk Anda yang bergerak di sektor logistik, pengantar mempunyai peranan penting untuk berjalannya usaha setiap hari. Yakinkan calon pengantar Anda mempunyai Surat Ijin Berkendara sesuai peranan kerjanya kelak.


Itu lah peran-peran yang baiknya bisa menolong usaha Anda meskipun sebagai PKHL. Sesudah kita pahami kerjanya, lalu bagaimanakah langkah mendapati dan mengambil karyawan gudang yang bagus?


  • Helper Produksi

Tugas helper produksi adalah menjalankan mesin yang dipakai pada proses produksi, atau menolong operator mesin. Check produk untuk mengonfirmasi kecocokan dengan standard kualitas. Perhatikan operasi perlengkapan hingga kerusakan bisa terdeteksi, dan memberitahu operator dari tiap malfungsi.

Cara Merekrut Karyawan Warehouse/Logistic

  • Beri Agunan Sosial dan Safety Wear

Agunan ini penting, tidak kecuali peranannya di gudang, karena Bekerja dalam warehouse/logistic akan mengikutsertakan banyak alat berat dan beberapa barang yang lain yang bisa saja beresiko untuk kesehatan karyawan.


Yakinkan Anda bisa memberi agunan sosial dari mereka sesaat akan bekerja, dengan memberi agunan sosial pada karyawan diharap ini menjadi nilai lebih untuk mereka. Jika diperlukan, Anda dapat memberi safety wear untuk calon karyawan Anda untuk menghindar ada kecelakaan kerja.


  • Kepastian dalam gaji dan deskripsi tugas

Seperti tugas secara umum, pahami hak mereka wujud tanggung-jawab perusahaan dan sebagai nilai lebih pada karyawan. Terangkan sebegitu rupa hal deskripsi tugas mereka, peranan apakah yang diperlukan dan apa peranan itu memerlukan kekuatan tertentu atau mungkin tidak perlu, sertai dengan pola jumlah gaji yang hendak diterima mereka, baca di sini untuk secara lengkap hal penggajian.


  • Beri mereka pelatihan

Tugas helper warehouse memang mudah-mudah sulit, hal ini dikarenakan jika tidak diberikan suatu pelatihan yang matang maka pekerjaan ini bisa memberikan kerugian. Jika memang diperlukan, Anda bisa memberi mereka pelatihan saat sebelum karyawan mulai aktif bekerja. Point ini bukan hanya memberi faedah pada perusahaan dari sisi efektivitas dan efektivitas kerja tetapi memberi nilai lebih pada karyawan berbentuk kemampuan tambahan.


  • Memakai Basis atau media yang pas

Banyak cara yang bisa Diambil untuk cari karyawan yang berkualitas. Pertama, Anda bisa lakukan penelitian lebih dulu, seperti apa figur karyawan yang hendak Anda temui? Dimanapun mereka kerap aktif? Dan bagaimana style komunikasi mereka.


Disamping itu kerjakan semakin banyak penelitian berkaitan basis ingin juga sektor jasa untuk perekrutran, ketahui keunggulan dan kontrak yang dijajakan juga, gunakan jaringan dari sisi sama-sama perekrut, jaringan dengan beberapa karyawan yang lain lewat program referal. Paling akhir, sosial media, Anda bisa manfaatkan account job board atau membuat sendiri lowongan Anda di account perusahaan (jika ada).


Gaji Warehouse

Berapa gaji seorang warehouse? adapun untuk gaji seorang helper warehouse tiap perushaan dan tiap daerah berbeda sesuai dengan UMRnya. Namun rerata gaji untuk helper warehouse atau staff gudang ialah Rp 3.588.992 /bulan di Indonesia.



Demikian artikel yang membahas tugas helper warehouse. Semoga artikelnya bermanfaat, terimakasih telah berkunjung ke bacahape.com, salam sukses selalu.


Tags: helper adalah, helper logistik adalah, tugas helper alfamart, tugas helper pengiriman adalah, apa itu helper gudang, apa itu helper produksi, helper toko adalah, gaji helper gudang wings