Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Apa Itu Teknik Konstruksi, Berikut Penjelasan Lengkapnya

Apa Itu Teknik Konstruksi ~ Berikut ini akan kami jelaskan lengkap mengenai Teknik Konstruksi dan Ruang lingkupnya.


Apa Itu Teknik Konstruksi
Apa Itu Teknik Konstruksi


Keyword: konstruksi adalah, perusahaan konstruksi, apakah yang dimaksud dengan konstruksi, apa yang dimaksud dengan konstruksi, proyek konstruksi yang termasuk pada jenis proyek teknik sipil kecuali, proyek konstruksi yang termasuk pada jenis proyek teknik sipil, kecuali, teknik konstruksi adalah, pengertian konstruksi, jasa konstruksi


Pengertian Konstruksi

Apa itu teknik konstruksi? Kata konstruksi tidak asing dalam telinga. Tetapi, tahukah kalian pengertian konstruksi sebenarnya? Berdasar Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), konstruksi memiliki arti mode atau tatanan letak satu bangunan, seperti jembatan, rumah, dan lain-lain.


Dan, apa itu teknik konstruksi menurut seorang pakar sebagai satu aktivitas membuat fasilitas atau prasarana. Dalam sektor arsitektur atau teknik sipil, sebuah konstruksi dikenal juga sebagai bangunan atau unit infrastruktur pada satu atau beberapa tempat.


Secara singkat konstruksi diartikan sebagai object keseluruhnya bangunan yang terbagi dalam beberapa bagian susunan. Misalkan, Konstruksi Bangunan ialah wujud atau bangun keseluruhannya dari susunan bangunan. Contoh yang lain teknik konstruksi ialah

  • Konstruksi Jalan Raya
  • Konstruksi Jembatan
  • Konstruksi Kapal dan sebagainya


Tipe-Jenis Konstruksi

Setelah kita mengetahui apa itu teknik konstruksi selanjutnya kita akan membahas tipe-jenis konstruksi. Berikut sejumlah tipe konstruksi yang penting kamu kenali.


Konstruksi Gedung

Yang ini ialah yang akrab sama kita. Konstruksi gedung terjadi di semua kota besar atau kecil. Dimulai dari konstruksi sarana umum seperti bangunan institusional, instansi pengajaran, dan tempat wisata. Konstruksi pada suatu gedung umumnya diperkirakan oleh arsitek dan insinyur sipil, sementara material yang diperlukan lebih ditegaskan pada aspek arsitektural.


Konstruksi Teknik

Konstruksi jalan yakni satu project yang mencakup penggalian, pengurugan, perkerasan jalan, dan konstruksi jembatan dan susunan drainase. Konstruksi jalan umumnya diperkirakan oleh departemen tugas umum di tempat dan berlainan dengan konstruksi bangunan dari sisi kegiatan di antara pemilik, perencana, dan kontraktor.


Konstruksi teknik yakni satu konstruksi yang mengikutsertakan susunan yang diperkirakan dan dibuat secara eksklusif oleh beberapa pakar dan dibikin untuk penuhi keperluan warga yang terkait dengan infrastruktur. Tipe Konstruksi ini dipisah kembali jadi dua sisi, yakni konstruksi jalan dan konstruksi berat.


Dan yang terhitung dalam konstruksi berat, yakni beberapa proyek utilitas satu negara seperti bendungan, penempatan pipa, lajur transportasi selainnya jalan raya, transportasi air, dan transportasi udara. Konstruksi ini umumnya diongkosi oleh pemerintahan atau kerja sama di antara pemerintahan dengan faksi swasta.


Konstruksi Industri

Yang terhitung dalam konstruksi industri ini umumnya project industri yang memerlukan detail dan syarat khusus sebagaimana untuk kilang minyak, industri berat atau industri dasar, pertambangan, nuklir. dan lain-lain. Rencana dan realisasinya memerlukan kecermatan dan ketrampilan, dan tehnologi yang detil.


Tahapan Proyek Konstruksi

Pada dasarnya, ada empat tingkatan proyek konstruksi. Diawali dari tahapan rencana atau rencana, tahapan perancangan atau desain, tahapan penyediaan atau pelelangan dan tahapan penerapan atau construction.


Tahap Pertama

Ditahap pertama ialah rencana, penentuan garis-garis besar gagasan project dilaksanakan, terhitung mengambil faksi konselor. Apa saja yang sudah dilakukan pada tahapan ini? Salah satunya ialah briefing, study kelaikan project, penyeleksian design, program anggaran sampai financing.


Tahap Kedua

Ditahap ke-2 , yaitu perancangan design akan dikerjakan dalam 3 masa, yakni masa prelimenery desain atau pra perancangan, masa desain development atau peningkatan perancangan dan masa design akhir dan persiapan document penerapan atau final desain and construction dokumen.


Tahap Ketiga

Pada tahapan ke-3 , tahapan penyediaan atau pelelangan, karena itu yang sudah dilakukan ialah penyediaan konselor rencana sesudah ide awalnya dan penyediaan konselor pengawas untuk lakukan supervisi pada project itu. Sesudah penyediaan konselor, penyediaan kontraktor dilaksanakan pada tahapan ini.


Tahap Aakhir

Paling akhir ialah tahapan construction yang disebut penerapan pembangunan konstruksi fisik sama sesuai ide design yang sudah disetujui pada tahapan awalnya. Pada tahapan ini, sesudah kontrak diberi tanda tangan, SPK atau Surat Perintah Kerja dikeluarkan, karena itu tugas bisa dilaksanakan.


Demikian artikel mengenail apa itu teknik konstruksi. Semoga bermanfaat, terimakasih.