Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Manfaat Lithium Dalam Kehidupan Manusia

Manfaat lithium sebagai bahan tambang ternyata cukup besar bagi kehidupan manusia. Lithium memiliki bentuk berwarna putih keperakan, dengan sifat yang lebih lunak dibanding material lain. Diketahui lithium banyak sekali manfaatnya bagi kehidupan manusia. Berikut artikel lengkapnya :

Manfaat Lithium Dalam Kehidupan Manusia

Manfaat Lithium
Gambar Baterai Lithium

Manfaat lithium selain digunakan untuk membuat baterai juga digunkan dalam perlengkapan kehidupan sehari-hari misalnya:

1. Bahan Keramik dan Kaca

Mineral lithium ternyata bisa digunakan untuk membantu pengolahan fluks dan silica pada industri keramik dan kaca. Dengan manfaat lithium ini bisa dimanfaatkan dalam pembuatan keramik maupun kaca yang akan menyebabkan efek glasir. Ini nantinya akan membuat koefisien ekspansi termal menjadi lebih rendah, untuk manfaat lithum jenis ini adalahLithium yang digunakan adalah lithium jenis karbonat. 


2. Listrik dan Peralatan Elektronik

Karena sifat lithium yang memiliki potensi electrode tinggi, maka dalam akhir abad 20, ia digunakan untuk berbagai keperluan listrik. Salah satunya adalah baterai ion lithium, manfaat lithium pada baterai ini banyak digunakan untuk keperluan gawai masa kini seperti smartphone, baterai leptop dan lainnya, untuk jenis baterai lain yang dibuat dengan memanfaatkan lithium adalah baterai kawat nano dan polimer lithium. 


3. Gemuk Lithium

Manfaat lithium jenis hiroksida memiliki basa yang kuat, sehingga cocok untuk dijadikan gemuk atau sabun lithium. Apalagi jika dipanaskan dengan lemak, sabun tersebut akan berubah menjadi lithium stearate. Kemampuan sabun ini adalah mengentalkan minyak dan bisa menjadi pelumas suhu tinggi. 


4. Metalurgi 

Manfaat lithium yang lainnya adalah digunakan untuk bahan aditif pengecoran yang dilakukan secara berkelanjutan. Fungsinya untuk meningkatkan fluiditas, lithium yang digunakana dalah jenis karbonat dan saat ini menyumbang penggunaan 5 persen lithium secara global. Lithium juga bisa dimanfaatkan untuk pengecoran besi demi mengurangi penguraian. 


5. Nano Silikon

Lasan silicon ternyata bisa diproses lebih mudah dengan bantuan lithium. Banyak penelitian yang mengungkapkan bahwa lithium bisa membuat komponen elektronik lebih maksimal penggunannya, misalnya pada baterai listrik dan baterai sejenis.

Selain lima manfaat lithium diatas, lithium juga bisa digunakan untuk pewarna piroteknik dan oksidator dalam kembang api. Lithium dari jenis klorida bahkan bisa digunakan untuk memurnikan udara dengan bahan tambahan.

Informasi mengenai manfaat lithium diatas semoga bisa menambah pengetahuan anda. Dengan berbagai manfaat tersebut, ke depannya lithium memiliki kemungkinan untuk dikembangkan lebih baik lagi guna menunjang kebutuhan manusia.