Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Menjinakkan Hamster Agar Tidak Galak

Cara Menjinakkan Hamster Agar Tidak Galak ~ Saat baru beli hamster, tentu perlu waktu untuk menyesuaikan dengan kandang anyarnya. Seharusnya, kamu tidak mengusik hamster dalam saat-saat ini.


Coba mulai menjinakkan hamster pada minggu ke-2 setelah kamu membeli. Karena hamster ialah hewan nokturnal, karena itu pilih waktu pada malam hari saat dia sedang aktif.


Setiap hamster mempunyai kekhasan tertentu. Ada yang langsung bisa jinak denganmu, ada pula yang perlu waktu yang lama untuk dijinakkan.


Cara menjinakkan hamster memang susah-susah gampang, perlu ada trik khusus untuk menjinakannya. Oleh karenanya kamu harus bersabar dan masih tetap teratur untuk lakukan beberapa cara untuk selalu berhubungan dengan hamster punyamu.



Cara Menjinakkan Hamster
Cara Menjinakkan Hamster


Tags: cara melatih hamster agar pintar, apakah gigitan hamster berbahaya, cemilan hamster, ciri-ciri hamster stress, kenapa hamster suka menggigit tangan, cara mengetahui umur hamster


Cara Menjinakkan Hamster

  • Diamkan Hamster Sesuaikan Diri

Cara Menjinakkan Hamster yang perlu diperhatikan ialah adaptasi hamster terhadap kandangnya. Kandang ialah tempat pertama yang hendak jadi pelabuhan hamster sesudah kamu membeli. Oleh karenanya, menempatkanya di lokasi yang pas sangat penting.


Simpanlah kandang itu di lokasi yang aman dari keributan dan lembab. Lantas tidak boleh cepat-cepat ajaknya bermain.


Karena dia perlu waktu untuk menyesuaikan pada tempat baru, sama dengan manusia yang perlu menyesuaikan di lokasi yang baru dan asing.


Minimal nantikan 2-3 hari, atau dua minggu untuk beberapa beberapa jenis hamster yang cukup susah dijinakkan, seperti hamster Roborovski.


Selama saat menanti, mengajak hamster mengobrol supaya dia mengenal suaramu dan awasi secara teratur apa dia lakukan beberapa aktivitas normal seperti makan, minum, dan bermain.


Penting untuk membuat keyakinan pada hamster yang kamu punyai di saat-saat ini. Harus bersabar ya, Sahabat Pandai!


  • Berikan Cemilan

Cara menjinakkan hamster yang selanjutnya adalah memberikan cemilan kesukaannya. Sesudah sekian hari menyesuaikan di kandang baru, hamster umumnya memperlihatkan beberapa pergerakan yang mengisyaratkan dia ingin tahu denganmu.


Nach, saat pertanda itu ada, kamu mulai bisa memberikannya makanan atau cemilan. Untuk lakukan ini, tunggu hingga dia betul-betul bangun tidur dan tidak dekati tempat pribadinya seperti tempat tidurnya.


Kamu dapat coba memberi makanan cemilan lewat jeruji kandang. Simpan tanganmu sampai hamster dekati dan coba ambil makanan hamster dari jemarimu secara perlahan-lahan.


Pastikanlah kamu telah membersihkan tanganmu lebih dulu dan upayakan tidak bergerak kebanyakan saat melakukan.


Ini dikarenakan oleh pergerakan tiba-tiba dapat membuat mereka ketakutan. Dan melakukan tahapan ini dengan benar-benar cermat, mungkin saja pada awal hamster kelihatan sedikit ragu.


Dengan cara ini, hamster akan berasa lebih dekat dan jadi perhatian. Hingga dia tidak kembali berasa takut dengan kamu.


  • Lakukan Mencium Berbau Tangan

Kerjakan cara selanjutnya dengan melatih hamster pada berbau tanganmu sebagai pemiliknya. Hamster mempunyai indera pencium yang paling tajam, oleh karenanya dia dapat secara mudah mengenal siapakah pemiliknya.


Bagaimana cara hamster dapat mengenal berbau tanganmu? Nach, kamu dapat kerap menukar alas kandang yang berbentuk serbuk kayu dengan tanganmu sendiri.


Selanjutnya, remas-remaslah serbuk kayu itu supaya berbau tanganmu tercampur di sana. Makin lama, hamster akan terlatih dengan berbau tanganmu.


Tidak cuman berbau, kamu bisa juga memperkenalkan suara kamu, apa lagi ingat pandangan hamster tidak demikian baik.


Sering-seringlah ajaknya mengobrol, khususnya dari sejak awalnya semenjak kamu membeli. Janganlah lupa untuk memberikannya nama supaya lebih dekat.


Cara Menjinakkan Hamster Agar Tidak Galak
Cara Menjinakkan Hamster Agar Tidak Galak


  • Kerap Sentuh Hamster

Cara menjinakkan hamster selanjutnya adalah lakukan sesering mungkin untuk menyentuhnya. Dalam periode ini, hamster cukup jinak dan dekat dengan kamu. Kerap menyentuhnya dan mengelusnya akan membuat makin ramah, jinak, dan dekat.


Tetapi kamu tidak dapat asal-asalan sentuh atau ambil hamster. Misalkan, jauhi ambil hamster dari sisi atasnya.


Ini karena naluri hamster sebagai makanan dari predator yang biasanya memakan mereka di atas akan bekerja. Mereka akan menduga tanganmu ialah teror predator dan menggigitnya.


Selanjutnya, tidak boleh ambil hamster saat dia dalam status mengubah badannya dan memperlihatkan giginya. Itu memiliki arti dia berasa terancam dan akan menggigitmu secara automatis.


Untuk pertama kalinya, kamu dapat memakai sarung tangan supaya semakin aman. Julurkan tanganmu ke hamster dan diamkan dia jalan sendiri ke tanganmu.


Selanjutnya mulai coba alihkan dari 1 tangan ke tangan yang lain, masih tetap diamkan dia yang beralih sendiri. Tidak boleh takut atau cemas saat hamster bergerak dengan cepat sekali.


Saat ada di tanganmu, kamu dapat mengelusnya secara halus. Pegang hamster dengan cara menangkupkan tangan supaya mereka merasakan aman.


Jika kamu berasa kakinya bergerak atau ada suara mendecit, selekasnya turunkan dia kembali. Yakinkan kamu tidak memegangnya terlampau kuat.


Ulang cara ini sekerap kemungkinan supaya dia terlatih disentuh dan digenggam olehmu. Dengan hubungan semacam itu, hamster mulai jinak, terlatih, dan yakin padamu.


  • Kerap Bermain Dengan Hamster

Seterusnya sesudah hamster mulai terlatih dengan kedatanganmu, karena itu kamu mulai bisa ajaknya bermain. Bermain dengan hamster dapat tingkatkan keakraban kalian berdua.


Kamu bisa juga coba ajaknya bermain di luar kandang. Siapkan kotak yang luas dan beberapa alat mainan yang dapat dipakai.


Untuk dapat ajaknya keluar kandang, kamu dapat memakai makanan atau cemilan. Tidak jadi permasalahan jika hamster ingin berlarian disekitaran badanmu dan menghirup bau badanmu.


Cara Jitu Menjinakan Hamster

Cara Jitu Menjinakan Hamster


Kenapa hamster suka menggigit tangan

Tentu dari kalian banyak menanyakan mengapa sich hamster kerap galak dan menggigit? Ini mau mencoba PetPi terangkan karena banyak factor yang membuat hamster jadi galak. Bukan lantaran karakter aslinya, tetapi ada faktor-faktor yang lain memengaruhinya. Berikut pemicu hamster jadi galak.


Sedang hamil atau menyusui, induk hamster yang hamil dan menyusui akan bertambah tingkat keagresifannya. Ia akan gampang terusik dan depresi karena akan jadikan segala hal yang menghampirinya selalu dipandang mencelakakan . Maka ia usaha membuat perlindungan anak-anaknya.


Trauma, trauma jadi pemicu paling besar mengapa hamster yang semula jinak jadi galak. Pemicu traumanya berbagai macam, seperti jatuh dari pegangan, berkelahi dengan hamster lain dan perlakukan kasar padanya.


Terusik, hamster ialah hewan yang nokturnal. Ia aktif di sore hari sampai mendekati pagi. Siangnya tentu ia gunakan untuk istirahat. Bila dia terasa terusik di siang hari, tentunya hamster akan berasa depresi dan beralih menjadi galak saat kita pegang.


Turunan/gen, nach ini ialah permasalahan yang susah kita pecahkan. Umumnya tipe hamster memang tercipta galak. Ini sebetulnya lumrah ingat pada komunitas aslinya, hamster memang memiliki karakter yang agresif dengan benda asing terhitung manusia. Berlainan dengan hamster yang dari kecil kamu rawat hingga ia memandang manusia sebagai benda yang tidak memberikan ancaman hidupnya.


Begitu beberapa cara menjinakkan hamster yang dapat dicoba supaya tidak menggigitmu. Bila digigit hamster, seharusnya tidak boleh berteriak, cemas, atau singkirkan hamster itu.


Sebagai tukarnya, secara perlahan-lahan simpanlah hamster kembali lagi ke kandangnya, lalu bersihkan sisa gigitannya dengan sabun dan air.




Jika hamster telah jinak dan terlatih dengan kamu, tidak boleh stop memberikannya perhatian seperti mengobrol dan mengelusnya.


Demikian artikel mengenai Cara Menjinakkan Hamster, Semoga bermanfaat, salam sukses selalu.