Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Contoh Gambar Finger Painting Yang Sebaiknya Kamu Lihat

Daftar Isi [Lihat]

Contoh Gambar Finger Painting Yang Sebaiknya Kamu Lihat. Pada artikel ini akan kami sajikan untuk kamu beberapa gambar finger painting untuk dijadikan ide atau gambaran manakala kamu akan mengambar menggunakan finger painting atau melukis menggunakan jari. Ayo langsung saja kita lihat gambar-gambar hasil karya luar biasa dari finger painting.


Contoh Gambar Finger Painting
Contoh Gambar Finger Painting


Contoh Gambar Finger Painting Yang Harus Kamu Lihat

Berikut ini adalah contoh dari hasil finger painting:


Contoh Gambar Finger Painting

Contoh Gambar Finger Painting

Contoh Gambar Finger Painting

Contoh Gambar Finger Painting

Contoh Gambar Finger Painting


Setelah kita mengetahui berberapa Contoh Gambar Finger Painting. Selanjutnya mari kita perdalam pemahaman kita mengenai dunia meluki dengan menggunakan metode finger painting.



Tags: contoh gambar finger painting sederhana, contoh gambar finger painting untuk anak tk, contoh gambar finger painting untuk anak sd kelas 1, contoh gambar finger painting anak sd, contoh finger painting pohon, gambar finger print, finger painting adalah, finger painting tema binatang


Finger Painting Adalah

Finger painting adalah proses menggambar menggunakan jari yang contoh gambar finger painting ada diatas. Hal ini sangat bagus dipraktekan untuk anak-anak. Dunia anak sebagai dunia yang sangat menarik, dunia bermain..sekalian belajar. ya dapat disebutkan tidak ada hari tanpa bermain baik di sekolah atau di dalam rumah sering banyak anak yang ditemui muram karena hanya tidak ada rekan atau mungkin tidak bisa bermain.


Berikut dunia anak-anak yang sarat dengan keceriaan, gurau dan tawa dan di dunia mereka berikut beberapa hal positif yang perlu diberikan atau dibiasakan supaya mereka jadi individu yang membahagiakan dan sanggup bergaul.


Lumayan banyak stimulan yang dikasih ke anak umur dini khususnya di sekolah supaya mereka bisa belajar secara membahagiakan, mereka bisa belajar dari pembiasaan, mereka dapat belajar pengalaman dari.


Seni merupakan salah satunya tempat yang bisa mengutarakan gestur seorang anak, seperti seni gambar, anak dapat menceritakan mengenai hatinya lewat lukisan dan anak dapat berfantasi lewat lukisan. melukis dapat dilaksanakan dengan beragam media dan tehnik melukis.media yang dipakai salah satunya :


  • krayon
  • cat air
  • bahan warna makanan
  • pensil warna dan lain-lainnya


Apa yang disebut dengan finger painting? Salah satunya aktivitas melukis yang bisa dilaksanakan dengan finger painting. Finger Painting sebagai salah satunya aktivitas seni di mana anak bisa menggambar dengan menggoreskan bahan warna langsung dengan jemari tangan sebagai kuasnya, di sini anak bisa menggambar bebas dengan semua jemari tangan, telapak tangan bahkan ke pergelangan tangan


Lewat aktivitas Finger Painting selainnya anak bisa latih motorik lembutnya, anak dapat berkeksperimen dengan menambahkan beragam warna untuk hasilkan beberapa warna yang lain, seharusnya dalam aktivitas Finger Painting memakai tiga warna dasar merah, kuning dan biru, hingga untuk hasilkan warna hijau anak dapat menambahkan warna hijau dan kuning.


Untuk hasilkan warna ungu dapat menambahkan warna merah dan biru, untuk hasilkan warna jingga dapat menambahkan warna merah dan kuning, dan lain-lain.


Selainnya latih motorik lembut yakni koordinir di antara mata dan tangan, lewat Finger Painting dapat latih perubahan Bahasa anak seperti anak bercerita hasil lukisannya.


Cara Membuat Finger Painting

Tidak perlu mahal-mahal membeli ke toko, turuti langkah simpel berikut ini untuk membikin finger painting sendiri untuk Sang Kecil. Jika, masih bingung untuk menggambar apa diatas sudah kami sajikan contoh gambar finger painting.


Bahan Membuat Finger Painting

Apa saja alat yang digunakan untuk membuat finger painting? dibawah ini merupakan alat yang digunakan untuk membuat finger painting yang sederhana dirumah kamu.


  • 4 sdm tepung maizena
  • Air dingin
  • 1 cangkir air mendidih
  • Bahan warna makanan


Langkah Membuat Finger Painting

Bagaimana cara membuat finger painting? berikut ini adalah cara membuat finger painting, mari simak tutorialnya.


  1. Pakai panci kecil untuk menambahkan tepung maizena sama air dingin seperlunya supaya tercipta jadi pasta.
  2. Tuang 1 cangkir air mendidih ke panci dan aduk perlahan-lahan sampai tidak ada gumpalan dalam adonan.
  3. Hidupkan kompor dengan api sedang dan aduk sampai tercampur rata. Adonan edible paint akan memperlihatkan garis-garis yang terang, Sesudah Anda menyaksikannya, api matikan dan terus aduk sampai kental seperti vla pada puding.
  4. Masukan adonan ke topeles, gelas atau tempat kosong, untuk rata sama sesuai jumlah bahan warna yang ada.
  5. Tambah bahan warna makanan pada adonan dalam tempat lalu campur sampai rata. Untuk beberapa warna dasar seperti merah, biru, dan kuning, cukup teteskan sekitar 3 tetes. Bila ingin membuat warna kombinasi seperti oranye, Anda bisa menambah 1 tetes bahan warna merah dan 2 tetes bahan warna kuning. Dan untuk membikin cat warna ungu, tambah 1 tetes bahan warna biru dan 2 tetes bahan warna merah.
  6. Sesudah tercampur rata, edible paint siap dipakai.
  7. Jika sisa, tutup tempat cat dengan plastik wrap dan taruh di almari es. Karena tidak memiliki kandungan pengawet cat ini cuma bisa ditaruh sepanjang dua minggu dalam kulkas.
  8. Tiap akan dipakai, selalu yakinkan tidak ada pertanda basi pada edible paint, seperti terjadi peralihan warna, struktur, dan berbau.
  9. Bila adonan mengeras sesudah diletakkan di almari es, tambah sedikit air mendidih atau biarkan edible paint itu sepanjang beberapa saat pada suhu ruangan sampai cat kembali lagi ke struktur yang semestinya.


Manfaat Finger Painting

Tiap-tiap kesibukan jelas punya maksud yang bakal dijangkau oleh anak yangmelakukan kesibukan itu. Disamping maksud yang bisa dijangkau satu kesibukan bisa pula berfaedah untuk anak yang melaksanakan kesibukan itu.


Finger painting memiliki maksud dan faedah yang bisa dicapai atau dirasa oleh anak umur dini. Maksud dapat terwujud bila berlangsung hubungan di antara guru dengan siswa hingga ada proses timbal baliknya.


Maksud kesibukan finger painting yakni bisa meningkatkan gestur lewat tempat tulis dengan pergerakan tangan, meningkatkan fantasi, khayalan, dan karya, latih otot-otot tangan jemari, pengaturan otot dan mata, latih kelihaian menggabungkan warna, memupuk hati pada pergerakan tangan dan memupuk kecantikan (Montolalu, 2009: 17)


Secara spesial maksud finger painting yaitu latih keahlian tangan, kelentukan, kerapihan, dan kecantikan. Searah dengan arahan Sumanto (2005:132) jika kesibukan finger painting bisa menolong anakuntuk latih pergerakan badan.


Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, lentuk yaitu berkeluk atau gampang dibengkok-bengkokkan (tak kaku). Dan kerapihan menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia adalahbaik, teratur, dan bersih; tepat. Hal yang dicermati ilmuwan yaitu kerapihan hasil finger painting anak.


Dalam perihal tersebut ilmuwan mencermati kelentukan jemari anak saat proses finger painting. Dalam kesibukan finger painting yang sedang dilakukan, anak disuruh bikin guratan dalam skema lingkaran di kertas yang sudah disiapkan.


Agar dapat penuhi skema lingkaran dengan cat diperlukan kelentukan jemari biar hasil finger painting anak bisa rapi.


Dan kerapihan menurut Kamus Besar BahasaIndonesia adalah baik, teratur, dan bersih; tepat. Hal yang dicermati ilmuwan yaitu kerapihan hasil finger painting anak.


Dari arahan di atas bisa diartikan jika kesibukan finger painting bisa berfaedah menjadi kesibukan yang bisa latih motorik lembut anak yang sertakan otot-otot tangan atau jemari, pengaturan otot dan mata, memupuk hati pada pergerakan tangan, dan bisa meningkatkan gestur lewat tempat tulis dengan pergerakan tangan.


Dalam soal memupuk hati pada pergerakan tangan bisa disaksikan waktu anak usaha berikan warna pada skema di kertas tanpa ada keluar garis. Soal ini perlu kehati-hatian biar hasil kreasi anak kelihatan rapi.


Kelentukan jemari amat berperanan peting dalam perihal tersebut untuk hasilkan kreasi dengan rapi. Lantaran itu, kelentukan dan kerapihan jadi unsur utama untuk mengenali sejauh berapa kebolehan motorik lembut anak di kesibukan finger painting.


Oleh sebab kesibukan ini bisa menolong meningkatkan kebolehan motorik anak karenanya kesibukan ini bisa menjadi salah satunya kesibukan yang bisa diputuskan oleh guru atau pengajar untuk menolong meningkatkan kebolehan motorik anak.


Dengan kebolehan motorik yang bagus karenanya kebolehan keahlian tolong diri seperti mengenakan pakaian dan menjaga diri dapat makin baik. Kesibukan finger painting ini bisa menolong anak untuk latih pergerakan badan (Slamet Suyanto, 2005a: 132).


Menurut Slamet Suyanto (2005a: 132) kebolehan mengatur pergerakan badan paling penting dalam bermacam sisi kehidupan. Makan, minum, lari, menaiki sepeda, dan mengemudikan mobil butuh pengaturan bermacam anggota badan. Dari arahan di atas bisa diartikan jika aktivitasfinger painting tergolong dalam kesibukan yang bisa latih kebolehan untuk mengatur pergerakan badan terutama jemari jari.


Berdasar teori Experential learning dari Roger (dalam Slamet Suyanto, 2005), belajar lewat dua sesi yakni sesi kognitif dan sesi pengalaman. Sesi kognitif terdapat sifat pengetahuan akademis dan sesi pengalaman merupakan sesi bagaimana gunakan pengetahuan itu untuk urusannya.


Lewat kesibukan finger painting ini diharap anak dapat belajar sesi kognitif lewat pengetahuan saat lakukan kesibukan finger painting dalam evaluasi yang sedang dilakukan di sekolah seperti belajar gerakkan jemari jari dengan gunakan cat untuk hasilkan lukisan yang dibutuhkan, belajar terkait macam-macam warna yang dipakai dalamkegiatan finger painting, dan belajar menguasai jemari jari untuk menggambar.


Diluar itu anak pun diharap bisa belajar terkait manfaat dan faedah kesibukan yang sudah dijalankan waktu finger painting seperti gerakkan jari-jarinya waktu melukis. Anak diharap bisa gunakan dan mengkoordinasikan jari-jarinya untuk kesibukan lain seperti memanfaatkan sepatu, menggembokkan busana, menulis, dll.


Demikian tadi artikel mengani contoh gambar finger painting. Semoga artikel ini bermanfaat, salam sukses selalu, jangan lupa bahagia.


Tags: contoh gambar finger painting sederhana, contoh gambar finger painting anak sd, contoh finger painting pohon, finger painting adalah, gambar finger print, finger painting tema binatang