Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Apa Hak Dan Kewajiban Kita Terhadap Air Bersih

Apa hak dan kewajiban kita terhadap air bersih. Pada kesempatan kali ini kita akan memberikan jawaban dan juga penjelasan lengkap mengenai hak dan kewajiban kita sebagai makhluk bumi mengenai sumber kehidupan atau yang biasa kita sebut dengan air. Untuk itu simak lengkap artikel ini ya agar kamu nggak gagal faham mengenai penjelasan dari soal yang kamu cari jawabannya.


Apa Hak Dan Kewajiban Kita Terhadap Air Bersih
Apa Hak Dan Kewajiban Kita Terhadap Air Bersih


Apa Hak dan Kewajiban Kita Terhadap Air Bersih ?


Jawaban dari soal apa hak dan kewajiban kita terhadap air bersih adalah sebagai berikut: Air bersih ialah sumber air yang dapat dipakai untuk kepentingan setiap hari, misalnya untuk minum, mengolah, membersihkan, mandi, dan lain-lain. Karenanya, air menjadi satu diantara sumber daya alam yang perlu dijaga kelestariannya. Sayang, tersedianya air bersih di Bumi dapat menyusut karena jumlahnya keperluan terhadap air bersih.


Tags: 5 hak terhadap air bersih, apa hak kita terhadap air bersih, apa hak dan kewajiban kita terhadap air bersih brainly, hak terhadap ketersediaan air bersih kelas 4 sd, bukan hak terhadap air bersih, 10 contoh kewajiban terhadap ketersediaan air, hak terhadap ketersediaan air bersih 1 5, apa pentingnya menggunakan air bersih


Apa kewajiban terhadap air? Ini membuat kita harus dapat mengurus dan memakai air bersih sesuai keperluan, supaya tersedianya air bersih selalu terlindungi. Sebagai warga, kita mempunyai hak dan kewajiban terhadap tersedianya air bersih. Apa saja beberapa contoh hak dan kewajiban terhadap tersedianya air bersih?


Materi ini ada pada Buku Tematik Terintegrasi Kurikulum 2013 untuk kelas 4 SD. Yok, cari info kunci jawabnya!


Apa Hak Dan Kewajiban Kita Terhadap Tersedianya Air Bersih


Apa hak kita dalam menggunakan air? Berikut contoh hak terhadap tersedianya air bersih:


  • Memperoleh servis air minum yang bersih dan pantas.
  • Memperoleh air bersih yang cukup buat lakukan aktivitas setiap hari, seperti mengolah, mandi, dan membersihkan.
  • Memperoleh kebebasan memakai air, sebagaimana untuk irigasi sawah.
  • Terbebas dari pencemaran, sampah, atau buangan zat kimia yang bisa mencemarkan air.
  • Memperoleh beberapa informasi penting berkenaan tersedianya air bersih atau peningkatan air bersih.
  • Memperoleh akses air bersih secara mudah tanpa dirintangi seseorang dan tanpa dibedakan.
  • Memperoleh air bersih pada harga yang patut dan lumrah sama sesuai pemakaiannya.

  • Salah satunya kewajiban terhadap tersedianya air bersih dengan jaga lingkungan serapan air.


Apakah setiap manusia memiliki hak untuk mendapatkan air bersih? Itu tadi hak kita menggunakan air bersih untuk keperluan kehidupan. Nah, setelah kita mengetahui hak kita menggunakan air, selanjutnya apa saja kewajiban kita terhadap ketersediaan air.


Kewajiban Terhadap Tersedianya Air Bersih

Selainnya memperoleh hak, kita harus juga jalankan kewajiban terhadap tersedianya air bersih:

  1. Memakai air sesuai keperluan, tidak terlalu berlebih dan boros air.
  2. Mematikan keran air saat tidak dipakai, misalkan saat menyikat gigi. Ini dilaksanakan untuk mengirit air.
  3. Menolong jaga lingkungan hidup yang bisa mendukung tersedianya air bersih. Misalnya jaga kelestarian rimba atau tempat hijau.
  4. Tidak buang sampah atau sampah asal-asalan ke sumber air atau ke arah tempat yang dapat mengucur ke sumber air.
  5. Menyilahkan seseorang untuk memperoleh haknya atas tersedianya air bersih.


Nah, setelah kita membahas soal apa hak dan kewajiban kita terhadap air bersih. Selanjutnya kita akan membahas mengenai apa pentingnya menjaga kualitas air yang ada disekitar kita, berikut penjelasannya.


Tags: apa hak kita terhadap air bersih, 5 hak terhadap air bersih, bukan hak terhadap air bersih, hak terhadap ketersediaan air bersih 1-5, apa pentingnya menggunakan air bersih, apa hak dan kewajiban kita terhadap air bersih brainly


Apa pentingnya menggunakan air bersih

Air adalah komponen khusus di Bumi sebagai sisi tidak dipisahkan untuk semua manusia. Makhluk hidup tidak bisa hidup bila tidak ada air, hingga air benar-benar diperlukan untuk jaga keberlangsungan makhluk hidup. Mulai dari untuk minum, membuat makanan sampai membuat suatu konstruksi bangunan, semua membutuhkan air sebagai penopangnya.


Air pada tubuh manusia benar-benar berperan untuk isi cairan pada tubuh dengan minum air. Selainnya untuk pembasmi rasa haus dan faedah khusus yang lain air untuk badan, air mempunyai faedah yang lain benar-benar diperlukan untuk mendukung kehidupan.


Salah satunya wujud Sikap Hidup Bersih dan Sehat atau PHBS dengan memakai air bersih setiap hari. Karena kualitas air bisa memengaruhi kesehatan dan kehidupan setiap hari.


Air yang kita pakai setiap hari seperti minum, mengolah, mandi dan yang lain harus pada kondisi bersih hingga kita bisa terbebas dari penyakit yang dikarenakan oleh kualitas air jelek.


Dengan memakai air bersih kita bisa terbebas dari penyakit seperti diare, kolera, disentri, types, cacingan, penyakit kulit sampai keracunan. Untuk itu penting untuk semua bagian keluarga dalam memakai air bersih tiap hari dan jaga kualitas air masih tetap bersih di lingkungannya.


Kewajiban Kita Terhadap Air Bersih

Berikut ada banyak panduan dalam jaga kualitas air bersih di lingkungan.


  • Pisah jarak di antara sumber air dengan kloset dan tempat pembuangan sampah minimum 10 mtr.
  • Sumber mata air harus diproteksi berbahan pencemar
  • Sumur keduk, sumur pompa, keran umum dan mata air harus dijaga bangunannya gar tidak hancur
  • Lantai sumur seharusnya kedap air (diplester) dan tidak rengat, bibir sumur dan dinding sumur harus diplester dan sumur ditutup;
  • Ember penampung air diperlengkapi denga penutup dan gayung bertangkai, dijaga kebersihannya.
  • Air harus dihaga kebersihannya dengan tidak ada kubangan air disekitaran sumber air, dan diperlengkapi dengan aliran pembuangan air, tidak ada kotoran, tidak ada lumut, pada lantai/dinding sumur.


Demikian artikel mengenai pembahasan soal apa hak dan kewajiban kita terhadap air bersih. Semoga artikelnya bermanfaat untuk sahabat semua. Terimakasih telah berkunjung ke Bacahape.com, salam sukses selalu.