Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Teknik Pembuatan Patung Yang Cocok Digunakan Untuk Bahan Logam Adalah

Daftar Isi [Lihat]

Teknik Pembuatan Patung Yang Cocok Digunakan Untuk Bahan Logam adalah ~ Pada artikel ini akan kami berikan jawaban beserta penjelasannya, untuk itu simak lengkap artikelnya ya guys. Oke langsung saja kita bahas.


Teknik pembuatan patung yang cocok digunakan untuk bahan logam adalah?


Jawabannya: Teknik mengetuk


Setelah kita mengetahui jawaban dari pertanyaan teknik pembuatan patung yang cocok digunakan untuk bahan logam adalah, mari kita bahas apa itu teknik membuat patung.


Teknik Pembuatan Patung Yang Cocok Digunakan Untuk Bahan Logam Adalah
Teknik Pembuatan Patung Yang Cocok Digunakan Untuk Bahan Logam Adalah


Tags: teknik pembuatan patung yang cocok digunakan untuk media berbahan batu adalah, teknik butsir adalah, pada teknik membutsir bahan patung yang cocok digunakan adalah, teknik pembuatan patung yang cocok untuk bahan yang encer disebut teknik, teknik membuat patung dengan menambahkan atau mengurangi bahan disebut teknik, patung dari bahan lunak dapat dibuat dari, untuk membuat patung dengan bahan yang keras digunakan teknik, sebutkan tiga teknik pembuatan patung yang bisa diterapkan pada bahan sabun


Patung adalah satu diantara kreasi seni rupa tiga dimensi yang kerap ditemui di kehidupan tiap hari. Menurut KBBI, patung adalah tiruan wujud orang, hewan, dll yang dibikin dari batu-batuan, kayu, dan lain-lain.


Teknik Pembuatan Patung Yang Cocok Digunakan Untuk Bahan Logam

Patung terhitung category seni rupa murni. Dalam kata lain, seni patung lebih berpedoman di guna kecantikan atau seni dibanding dengan guna pakainya. Umpamanya, untuk menghiasi area, maka menambahkan munculkan keamanan dan kecantikan.


Mengambil buku Seni dan Budaya untuk Kelas XII Sekolah Menengah Atas oleh Harry Sulastianto dkk, ada enam metode membikin patung yang bisa dipraktikkan. Beberapa cara itu perlu disamakan dengan bahan dan alat yang tersedia.


  • Mengukir

Mengukir berarti membikin patung dengan mengurangi atau kurangi dan buang sisi tersendiri yang diperlukan sampai hasilkan wujud yang diingini. Teknik ini lebih digunakan untuk membikin patung dari bahan keras, seperti: 


  1. kayu
  2. marmer
  3. granit
  4. batu

 

Saat itu, alat yang digunakan dapat berbentuk martil dan besi.


  • Memahat

Teknik memahat adalah pekerjaan menggores, mengukir, dan menoreh skema di permukaan benda yang dibuat. Selainnya untuk membikin patung, teknik ini bisa pula ditempatkan dalam pembuatan sabun lilin dan padat.


Tidak serupa dengan mengukir, memahat lebih dikedepankan di pembuatan patung dengan bahan dasar kayu dengan arah membikin hiasan (ukir-pahatan). Model kayu yang dapat digunakan untuk membikin patung misalnya kayu jati, kayu kayu sawo, dan mahoni.


  • Teknik Mengecor (Mencetak)

Untuk membikin patung dengan teknik mengecor, banyak pematung mesti membikin cetakannya ditambah dulu. Kemudian, beberapa bahan yang udah dilelehkan anyar dimasukkan pada dalamnya maka hasilkan wujud mirip cetakannya.


Beberapa bahan untuk membikin patung dengan mengecor misalnya semen, gips, fiberglass, marmer, dan logam (kuningan, perunggu, emas, dan besi).


  • Teknik Mengetuk

Teknik ini biasanya digunakan untuk membikin patung dari bahan lurusan logam. Lurusan logam dibuat dengan diketuk sisi luarnya dan dalam. Lurusan-lempengan logam yang udah diketuk dihimpun dengan dilas sampai membuat sebuah patung.


  • Teknik Membuat

Membuat adalah metode membikin patung dengan bahan logam dengan teknik las. Disebutkan membuat karena prosesnya libatkan teknik menyambung dan membuat bahan yang udah tercipta.


Mengenai beberapa bahan untuk membikin patung dengan teknik ini misalnya kawat, tangkai besi, dan pipa.


  • Teknik Membutsir

Pembuatan patung dari bahan lunak atau benyek disebutkan membutsir. Bahan yang banyak digunakan adalah tanah liat. Lempung (jawa) yang baik adalah yang punyai tingkat kelenturan tinggi, ringan dibuat, dan tak pecah selesai kering.


Selainnya lempung (jawa), bahan lunak lain yang dapat digunakan untuk membikin patung dengan teknik ini adalah plastisin. Semestinya, plastisin yang difungsikan adalah plastisin yang punya kandungan banyak lemak maka ringan dibuat dan tak ringan kering.


Demikian artikel pembahasan soal teknik pembuatan patung yang cocok digunakan untuk bahan logam adalah. Terimakasih telah berkunjung ke bacahape.com, salam sukses selalu.