Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Zat Yang Ditambahkan Kedalam Bensin Untuk Menaikkan Bilangan Oktan Adalah

Daftar Isi [Lihat]

Zat yang ditambahkan ke dalam bensin untuk menaikkan bilangan oktan adalah. Berikut ini adalah jawaban dan penjelasan lengkapnya.


Zat Yang Ditambahkan Kedalam Bensin Untuk Menaikkan Bilangan Oktan Adalah


Zat yang ditambahkan ke dalam bensin untuk menaikkan bilangan oktan adalah


  • A MTBE dan TEL
  • B. MTBE dan dibromoetana
  • C. TEL dan dibromoetana
  • D. LPF dan MTBE
  • E. pertamax dan pertamax plus


Jawaban A. MTBE dan TEL


Keyword: bensin pertamax mempunyai bilangan oktan sekitar, apa yang dimaksud dengan bilangan oktan, suatu jenis bensin memiliki bilangan oktan 85 berarti, suatu bensin memiliki bilangan oktan 82 artinya


Zat Yang Ditambahkan Kedalam Bensin Untuk Menaikkan Bilangan Oktan Adalah


Setelah kita menjawab pertanyaan Zat yang ditambahkan ke dalam bensin untuk menaikkan bilangan oktan adalah. Selanjutnya kita kan membahas bagaimana cara meningkatkan bilangan oktan pada bensin.


Cara meningkatkan bilangan oktan pada bensin

  • Menambah dengan ssenyawa hidrokarbon yang mempunyai rantai karbon
  • Pemakaian bahan aditif atau tambahan
  • Lakukan cracking untuk merusak senyawa hidrokarbon pada bahan ahli


Penjelasan:

Bilangan atau Angka oktan ialah angka yang ada pada bahan bakar yang dipasarkan di pasar, khususnya pada bensin yang dipakai untuk kendaraan motor.


Zat Yang Ditambahkan Kedalam Bensin Untuk Menaikkan Bilangan Oktan Adalah
Zat Yang Ditambahkan Kedalam Bensin Untuk Menaikkan Bilangan Oktan Adalah


Faedah angka oktan untuk tentukan berapa gampang atau susah satu bahan bakar berpijar secara spontan saat alami ketukan atau penekanan pada mesin.


Makin tinggi angka oktan karena itu makin susah satu bahan bakar terbakar sendiri saat terjadi ketukan atau penekanan. Maknanya makin tinggi angka oktan makin bagus satu bahan bakar.


Angka oktan bahan bakar didasari pada bagaimana bahan bakar berpijar secara automatis, di bawah penekanan atau ketukan (knocking). Ini didasari pada rasio di mana isooktana mempunyai angka oktan 100 (pengapian minimum atau sulit terbakar di bawah penekanan) dan heptana mempunyai angka oktan 0 (gampang terbakar di bawah penekanan).


Nilai angka oktan turun bersamaan dengan pertambahan panjang rantai karbon. Nilai angka oktan bertambah dengan rantai karbon bercabang. karenanya, salah satunya cara meningkatkan angka oktan dengan menambah senyawa hidrokarbon yang mempunyai rantai karbon pendek seperti etanol (C2H5OH).


Sistem ke-2 ialah pemakaian bahan aditif atau tambahan. Senyawa timbal (Pb) organik dulu sering dipakai untuk kurangi peluang penyalaan awalnya dan dengan begitu meningkatkan angka oktan bahan bakar. Tapi, timbal organik sudah bisa dibuktikan beracun dan tidak dipakai saat ini, dan diganti dengan aditif yang lain bisa meningkatkan angka oktan.


Sistem ke-3 dan terbanyak dipakai untuk meningkatkan angka oktan dengan Cracking, yakni ialah proses merusak senyawa hidrokarbon pada bahan ahli jadi alkana organik yang lebih kecil ataupun lebih pendek rantainya. Dengan memakai katalis tertentu, perpecahan ini bisa dilaksanakan.


Demikian pembahasan mengenai Zat yang ditambahkan ke dalam bensin untuk menaikkan bilangan oktan adalah. Semoga bermanfaat, terimakasih.