Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Teknik Yang Digunakan Pada Pembuatan Makrame Adalah

Teknik yang digunakan pada pembuatan makrame adalah, dalam artikel ini akan dibahas lengkap mengenai makrame. Untuk itu simak artikel ini sampai selesai ya.


Teknik Yang Digunakan Pada Pembuatan Makrame Adalah
Teknik Yang Digunakan Pada Pembuatan Makrame Adalah


Apa pengertian dari makrame adalah? Ini adalah salah satunya kerajinan yang terkenal di Amerika pada tahun 1970-an, yang saat ini sedang disukai kembali pada wujud perhiasan rami dan dompet rajutan. Dengan memakai beragam tipe simpul dan pendampingnya seperti manik-manik, Anda bisa membuat kerajinan makramé sendiri sama waktu singkat.


Keyword: teknik yang digunakan pada pembuatan makrame adalah, teknik makrame adalah, makrame merupakan salah satu contoh kerajinan yang menggunakan teknik, teknik yang digunakan dalam pembuatan makrame adalah, kerajinan makrame dibuat dengan teknik, sebutkan beberapa teknik yang digunakan dalam membuat kerajinan makrame


Teknik Makrame

Bagaimana teknik makrame? dibawah ini adalah beberapa metode untuk membuat makrame. Berikut, teknik apa saja untuk membuat makrame?

Membuat Dasar Makramé

  • Mencari benda yang dapat digunakan sebagai penumpu. Benda yang kerap digunakan umumnya cincin atau tangkai horizontal. Walau makramé direncanakan tetap pada penumpunya, Ada baiknya kalau Anda memakai pensil untuk latihan.
  • Anda bisa tidak memakai penumpu dan menyusun tali pada sebuah sektor datar -- tetapi yakinkan tali masih tetap terangkai dan sejajar dengan sektor datar itu.
  • Bila Anda ingin membuat kalung atau gelang, pakai penghubung atau penarik sebagai sandaran! Bila bisa terulir di sana, memiliki arti dapat digunakan.
  • Mulai mengikat simpul jangkar. Taruh tali pada atas jangkar dan tekuk. Ini adalah cara yang biasa untuk mengawali dalam membuat makramé.
  • Anda bisa mendapati tali untuk makramé di toko peralatan kerajinan. Bahan talinya bagus, tetapi seni makramé berada pada simpulnya. Anda dapat memakai tambang bila ingin.
  • Masukan tersisa panjang tali lewat lingkaran itu. Ambil tersisa panjang tali ini dari ke arah segi yang lain supaya lebih gampang.


Ambil ke bawah perlahan-lahan untuk membereskan simpul

Simpul jangkar usai! Berikut dasar yang dibutuhkan untuk mengawali pembuatan apa saja, dengan beberapa macam standard diantaranya:

  • Umumnya pembuatan memerlukan minimal empat utas tali. Bila pada keadaan ini, buat dua simpul jangkar berdekatan, atau buat simpul jangkar dalam simpul jangkar yang lain.
  • Untuk dua simpul jangkar berdekatan, pakai skema warna, misalkan, merah-merah-biru-biru. Tali merah-biru di sisi tengah bisa menjadi jangkar tali; merah bisa menjadi sisi kiri yang akan Anda lakukan, dan biru bisa menjadi sisi kanan. Dengan demikian, beberapa warnanya akan berlainan.
  • Untuk simpul jangkar yang ada dalam simpul jangkar yang semakin besar, skema berwarna merah-biru-biru-merah. Tali biru bisa menjadi jangkar tali; merah bisa menjadi simpul yang Anda lakukan. Dengan demikian, warna-arnanya akan sama.


Mengikat Simpul Mati

  1. Silangkan tali samping kanan ke samping kiri. Anda dapat mengawalinya dengan silangkan tali samping kiri -- mana saja yang diputuskan, hasilnya akan sama yakni simpul mati. Ini adalah simpul dasar yang ada pada umumnya pembuatan makramé. Bila Anda ingin membuat makramé, ini adalah simpul pertama yang harus Anda dalami!
  2. Masukan tali samping kiri lewat lingkaran yang tercipta oleh tali samping kanan. Pada dasarnya, ini sama dengan cara mengikat sepatu.
  3. Atur simpul. Yakinkan menarik dengan sama ke-2 sisi tali supaya simpul ada di tengah. Bila Anda stop sampai di sini, Anda akan memperoleh simpul 1/2 lilitan. Bila Anda mengulangnya terus-terusan, hasilnya adalah serangkaian spiral.
  4. Silangkan tali samping kiri ke samping kanan. Maknanya, bila Anda mengawalinya dari samping kanan, karena itu alurnya adalah kanan, kiri, kanan, kiri, kanan, kiri, kanan dan sebagainya.
  5. Masukan tali samping kanan lewat lingkaran yang tercipta oleh tali samping kiri. Satu kali lagi, simpul yang simpel ini diawali dari segi yang lain (untuk membuat simpul mati yang "sejajar").
  6. Atur kembali simpulnya.
  7. Ulang skema ini sejauh yang diharapkan. Jejeran simpul ini disebutkan "sennit". Berapakah panjang sennit yang Anda harapkan?

  • Macam dari simpul mati adalah simpul gepeng double. Simpul ini membutuhkan 4 buah tali. Awali dengan tali paling luar dan buat simpul mati seperti umumnya. Setalah itu, mengambil jangkar tali dan buat simpul mati disekitaran simpul paling luar yang awalnya dibikin. Meninggalkan sedikit ruangan ia ntara ke-2 simpul supaya kelihatan skema selang-seling yang menarik.
  • Makin banyak tali yang digunakan, memiliki bentuk akan makin memikat. Macam dari simpul mati membuat serangkaian cincin dengan 8 tali yang menarik. Buat simpul seperti umumnya, lalu mengambil pasangan samping kanan dan pasangan samping kiri dan buat simpul. Kemudian, buat simpul kembali seperti umumnya, dan kembali lagi ke pasangan yang lain. Kerjakan ini selanjutnya.


Mengikat Simpul Tidak Teratur

  • 1 Lingkarkan tali 2 ke arah tali 1. Untuk simpul ini, Anda cuman perlu dua tali. Tali 1 (pada bagian kanan) akan ditujukan sebagai "tali pemegang". Tali 2 harus diputar bersimpangan arah jarum jam.
  • Pegang tali kedua, dan lingkarkan ke bawah tali pemegang, selanjutnya lingkarkan pada tali tersebut. Ini membuat ikatan pertama. 2 Lingkarkan tali pemegang pada tali
  • Untuk ini, Anda akan bergerak sama arah jarum jam. Lingkarkan ke atas, bawah, dan ke atasnya kembali, dengan status akhir tali ada di kiri.
  • Ulang sampai panjang yang Anda harapkan. Saat ini, itu adalah dasar dari simpul tidak teratur. Ini kemungkinan kelihatan benar-benar simpel, tetapi dengan ketahui ini Anda bisa membuat semakin banyak simpu.
  • Dengan 3 dan empat tali, alurnya semakin lebih menarik. Untuk tiga tali, lingkarkan tali samping kiri dan kanan dengan skema itu disekitaran tali khusus. Untuk empat tali, mengambil tali paling luar di kiri dan tali paling luar di kanan dan lilitkan pada jangkar pasangannya masing-masing, lilitkan berganti-gantian disekitaran jangkar tali "ke-2 nya".

Simpul pertama akan ada di sekitaran tali yang satu, simpul ke-2 ada di sekitaran tali yang ke-2 -- sudah pasti berganti-gantian.


Mengikat Simpul Josephine

  • Buat lingkaran dengan tali paling luar samping kiri Anda. Tidak boleh lingkarkan ke tali yang lain, cukup lingkarkan ke tali tersebut. Ujung bawah tali harus ada di bawah ujung atas tali, tidak lebih. Lingkaran tali harus ada di segi samping kanan.
  • Mengambil tali samping kanan dan silangkan di atas lingkaran tali itu. Kemudian, mengambil ujungnya dan masukan melalui sisi bawah lingkaran tali.
  • Simpan tali 2 pada sisi atas lingkaran tali. Tidak boleh simpan pada lingkaran tali, tetapi cuman pada sisi atas lingkaran tali yang tidak terlingkar. Kemudian, simpan di bawah sisi atas lingkaran tali, pada tali tersebut (seperti pada cara 2) dan di bawah sisi bawah lingkaran tali.


Anda akan menyaksikan wujud angka 8 yang miring -- serupa dua cincin yang buruk pada simbol Olimpiade.


Mengencangkan Bagian Makrame

  • Yakinkan ke-2 seginya sama kuat
  • Untuk membuat makin menarik, buat dengan 4 tali
  • Bikinlah 2 buah tali jadi satu, jaga supaya masih tetap bersama
  • Ulang sesenang hati


Memakai Manik-Manik, dan lain-lain

  • Wujud sambungan makrame

Bila Anda membuat kalung atau gelang, Anda memerlukan suatu hal yang dapat digunakan untuk menyangkutkannya. Yang paling simpel adalah membuat kancing. Ada dua hal yang yang perlu dipikir, yakni sisi awalnya dan akhir.


  • Pada bagian awalnya, tidak boleh dahulu mengikatkan tali pada simpul jangkar. Meninggalkan ruangan supaya bisa geser kancing/manik-manik/hubungan.
  • Pada bagian akhir, cukup tambah benda pada semua sisi tali, ikat dengan simpul, dan lebih sedikit lem supaya semakin aman. Potong sisi yang sisa dan geserkan pada ruangan yang Anda sisakan barusan.


  • Tambah hiasan

Meskipun makramé telah kelihatan elok, bila Anda membuat perhiasan, Anda perlu tambahan manik-manik supaya kelihatan makin menarik kembali!

  • Dengan simpul mati, yang Anda perlukan adalah empat tali untuk dipertambah manik-manik. Geserkan manik-manik di dalam dua tali di tengah-tengah dan ikatkan dengan simpul mati.
  • Pakai manik-manik sebagai sandaran. Selanjutnya, buat simpul dengan 2 arah yang berlainan. Dengan 2 set tali, buat simpul sejauh yang Anda harapkan dan ikatkan ke-2 nya bersama saat telah usai.

  • Membuat hubungan yang dapat digeser

Membuat gelang yang dapat Anda gunakan dan terlepas secara mudah kelihatannya kelihatan sebagai pekerjaan pembikin gelang, tetapi sebetulnya gampang. Buat simpul dengan panjang tertentu dari tali dan tumpangkan pada lingkaran. Mengambil tersisa panjang tali (kurang lebih 10 cm) dan buat simpul mati pada masing-masing ujung tali.

Sesudah membuat simpul mati kurang lebih sejauh 1,27 cm, masukan ujungnya lewat belakang penutupnya. Ini bisa dituntaskan lebih gampang dengan kontribusi jarum. Panjang dari simpul mati membuat ujungnya masih tetap bersama-sama dan bisa digeserkan ke bawah dan ke atas.


teknik yang digunakan pada pembuatan makrame adalah
Teknik Yang Digunakan Pada Pembuatan Makrame Adalah


Menjaga Uraian Makrame

  • Mengumpulkan ujung-ujung tali
  • Tali-bertali yang banyak beresiko memunculkan keruwetan. Supaya tidak hancur dan kusut, Anda bisa mengikat ujung-ujung tali itu.
  • Diawali dari ujung bawah tali, lingkarkan tali pada ibu jemari Anda. Silangkan di atas telapak tangan dengan melingkarkan tali itu pada kelingking.
  • Ulang sampai Anda memperoleh ujung tali. Terus buat angka 8 sampai ujung tali.
  • Ikatkan tali atau pakai karet pada tali yang telah dihimpun barusan. Semakin lebih gampang bila Anda memakai tali tambahan saat Anda melakukannya.


Tips Membuat Makrame

  • Membuat simpul kepala adalah cara yang bagus untuk membuat gantungan kunci.
  • Bila Anda baru pertama kali membuat, tentukan skema yang simpel. Gantungan kunci atau gelang pas untuk yang baru memulai, sementara gantungan tanaman atau hiasan burung hantu adalah untuk tingkat lanjut. Dompet, hiasan tempat tidur atau bangku adalah untuk yang telah mengusai.
  • Belilah tali khusus makramé untuk pembuatan pertama Anda, dan berpindahlah ke tipe tali lain bila Anda telah mengusai dalam membuat simpul.


Peralatan Yang Anda Perlukan

  • Tali khusus makramé seperti tali rami
  • Gunting
  • Skema untuk makramé yang Anda ingin membuat
  • Penahan (Pensil, kayu, dan lain-lain.)
  • Manik-manik dan/atau hiasan yang lain (bila dibutuhkan)

Denukian artikel mengenai "teknik yang digunakan pada pembuatan makrame adalah" sempga bermanfaat. Jangan lupa klik iklan dan kunjungi artikel kotruksi bangunan dan lain sebagainya di website bacahape.com.

Salam sukses
Terimakasih