Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Struktur Bangunan Rumah Tinggal Yang Terletak Paling Bawah Adalah

Struktur bangunan rumah tinggal yang terletak paling bawah adalah. Berikut jawaban dan penejelasan lengkapnya:


Struktur Bangunan Rumah Tinggal Yang Terletak Paling Bawah Adalah

Struktur Bangunan Rumah Tinggal Yang Terletak Paling Bawah Adalah

Tags: proyek konstruksi bangunan gedung meliputi bangunan di bawah ini kecuali, konstruksi beton, yang berfungsi sebagai tiang pada bangunan gedung disebut, teknologi yang berkaitan dengan struktur bangunan disebut, bagian teratas pada struktur bangunan yang terdiri atas rangka dan genting adalah, konstruksi bangunan rumah tinggal di samping disebut, keterangan yang termasuk dalam teknologi rumah tangga adalah


Struktur bangunan rumah tinggal yang terletak paling bawah adalah pondasi. Pondasi sendiri banyak sekali jenis-jenisnya, hal ini dikarenakan setiap bangunan memiliki jenis dan bentuk berbeda-beda maka jenis pondasinya pun akan berbeda, dibawah ini akan kami jelaskan lengkap mengenai struktur rumah tinggal bagian bawah.


Pengertian Struktur Bangunan Bawah

Apa yang dimaksud bangunan bawah? Struktur bangunan rumah tinggal yang terletak paling bawah adalah pondasi yang letaknya berada di permukaan tanah. Bangunan bawah berfungsi untuk menopang beban berat yang terdapat dibagian atas, seperti atap dan lainnya.


Pada dasarnya bagian-bagian konstruksi bangunan dapat dikelompokkan ke dalam dua bagian yaitu bagian atas dan bangunan bawah. Bangunan bawah ialah sisi satu bangunan yang berada di permukaan tanah yang terdiri dari sisi bangunan bawah mencakup pondasi dan balok beton. 


Struktur Bangunan Rumah Tinggal Yang Terletak Paling Bawah Adalah

Struktur Bangunan Rumah Tinggal Yang Terletak Paling Bawah Adalah


Dan bangunan atas terdiri atap, dinding dan lainnya. Jika kita melihat struktur bangunan yang terletak diatas pondasi yang diletakkan secara horizontal adalah slof, slof  terbuat dari beton yang dibuat untuk menjadi tumpuan bangunan, letaknya diantara pondasi dan struktur atas, namun menurut kategorinya slof termasuk pada struktur bangunan rumah bagian bawah.


Apakah fungsi dari bangunan bawah? Dikarenakan pentingnya fungsi dari struktur bagian bawah maka proses pembuatannya harus sangat hati-hati dan benar-benar berkualitas. Pondasi sebagai penopang beban harus di buat sekuat mungkin akan bangunan diatasnya tidak mudah rusak dikarenakan goncangan.


Struktur Bangunan Rumah

Apa saja struktur rumah? adapun beberapa struktur bangunan rumah terdiri dari:

  • Pondasi Rumah
  • Balok Sloof
  • Kolom Rumah
  • Balok Tembok / Ring Balok
  • Plat Lantai
  • Kuda-kuda dan Rangka Atap


Jenis-Jenis Pondasi

Apa saja jenis pondasi? Banyak sekali jenis pondasi yang ada saat ini, dan semuanya memiliki fungsinya masing-masing. Berikut beberapa jenis kontruksi pondasi yang sering dipergunakan untuk struktur bangunan rumah:

  1. Pondasi Dalam
  2. Pondasi Dangkal
  3. Pondasi Tiang Pancang
  4. Pondasi Bore Pile
  5. Pondasi Piers
  6. Pondasi Memanjang
  7. Pondasi Raft
  8. Pondasi Sarang Laba-Laba
  9. Pondasi Cakar Ayam (kontruks si bangunan cakar ayam asli buatan Indonesia loh)

Demikian artikel mengenai struktur bangunan rumah tinggal yang terletak paling bawah adalah, semoga bermanfaat. Terimakasih, salam suskes selalu.


Tag: konstruksi bangunan, struktur bangunan, materi bangunan, sebutkan bagian bagian dasar rumah, kolom pipih rumah 2 lantai, struktur bangunan rumah tinggal yang terletak paling bawah adalah