Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Properti Yang Digunakan Pada Tari Kecak Adalah

Daftar Isi [Lihat]

Properti yang digunakan pada tari kecak adalah Berikut ini adalah berbagai keperluan properti dalam Tari Kecak Bali.


Properti Yang Digunakan Pada Tari Kecak Adalah

Properti Yang Digunakan Pada Tari Kecak Adalah


Tari Kecak merupakan tarian yang berasal dari Bali yang sampai saat ini masih ditarikan dalam upacara-upacara adat. Tari Kecak ditarikan oleh banyak orang, yang semuanya kompak dan yang paling penting adalah kesan magis pada saat tari berlangsung, hal ini didukung dengan adanya properti yang digunakan pada tari kecak.


Properti Yang Digunakan Pada Tari Kecak Adalah
Properti Yang Digunakan Pada Tari Kecak Adalah


Properti Tari Kecak

Tari-tarian akan bisa lebih mengena pesan yang disampaikan melalui seni gerak ini maka diperlukan properti, lalu apa fungsi properti tari kecak jawabannya tidak lain dan tidak bukan untuk mendapatkan hasil gerakan tari kecak yang sempurna. Berikut penejelasan properti yang digunakan pada tari kecak antaralaian adalah:


Bara Api

Bara Api jadi properti penting yang harus digunakan untuk Tari Kecak. Umumnya, baranya api akan digunakan oleh penari untuk diinjak dengan kaki telanjang.


Walau demikian, penari yang mencapai baranya api tidak akan berasa sakit atau cedera. Karena, tarian itu dipercayai memakai kontribusi mistik.


Bunga Kamboja

Untuk warga Bali, bunga kamboja sebagai sari alam yang bawa pencerahan dan sari kebaikan. Bunga ini sering digunakan untuk beragam upacara ritus tertentu.


Ini karena warga Bali yakin jika bunga sebagai alat untuk merajut jalinan dengan alam. Dalam Tari Kecak, bunga kamboja umumnya disembunyikan di salah satunya telinga penari.


Gelang Kerincing

Gelang kerincing akan hasilkan bunyi yang lumayan keras untuk menemani musik. Gelang itu biasanya dikenai pada pergelangan tangan dan kaki. Dalam Tari Kecak, gelang ini cuman dipasangkan di pergelangan kaki pria yang jadi Ramayana.


Selendang Hitam Putih

Pendamping tari Kecak umumnya memakai selendang memiliki motif kotak-kotak dengan warna putih hitam seperti papan catur.


Selendang itu dipasangkan sebagai bawahan saat menari. Bukan sekedar selendang, kain itu bermakna sendiri, yaitu ide Rwa Bhineda yang sama dengan putih hitam.


Topeng

Properti ini jadi hal yang harus dikenai saat mengadakan tarian Kecak. Kedok digunakan oleh penari khusus yang berperanan sebagai Hanoman, Sugriwa, dan Rahwana.


Tempat Sesaji

Bali sama dengan tempat sesaji yang umumnya ditempatkan di beberapa tempat. Sesaji dipercayai sanggup menampik kemalangan dan datangkan peruntungan. 


Selainnya digunakan di beberapa tempat, tempat sesaji jadi properti penting untuk Tari Kecak. Properti ini jadikan Tari Kecak makin keramat dan mistik di depan pemirsa.


Demikian artikel mengenai properti yang digunakan pada tari kecak adalah, semoga bermanfaat. Terimakasih dan salam sukses.


Tag: tari kecak berasal dari, tari kecak, tari kecak berasal dari daerah, properti tari adalah, properti tari, apa yg dimaksud properti tari, apa yang dimaksud properti tari, apakah yang dimaksud properti tari, apa fungsi properti tari, pola lantai tari kecak, tari kecak menggunakan pola lantai