Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Posisi Tandon Air Rumah Minimalis Yang Penting Untuk Diperhatikan

Posisi Tandon Air Rumah Minimalis. Bak air sering disebut juga dengan toren atau tandon. Keberadaan tandon air untuk rumah dapat menjamin ketersedian air si pemilik rumah sampai 2 sampai 3 hari di depan, untuk itu sangat penting memperhatikan letak posisinya.


Posisi Tandon Air Rumah Minimalis
Posisi Tandon Air Rumah Minimalis

Keyword: ukuran tandon air, harga menara toren air 500 liter, meningkatkan tekanan air dari toren, instalasi air 2 tandon, dudukan toren, instalasi tandon air atas, tempat tandon air dari beton, desain tempat tandon air, tiang tandon air dari beton


Agar tidak gampang hancur dan dapat tahan lama, kamu perlu memahami dahulu posisi tandon air rumah minimalis atau tangki air. Tidak itu saja, menempatkan tandon air juga tidak boleh jangan asal-asalan.


Untuk tentukan ukuran bak air rumah tangga kamu dapat memakai rumus penghitungan gampang berikut ini:


Pemakaian × Banyak Pemakai = Kemampuan


  • Kemampuan: Besar volume tandon air yang bisa memuat air unit liter
  • Pemakaian: Jumlah pemakai air bersih dalam satu hari
  • Banyak Pemakai: Jumlah pemakai air bersih dalam satu hari


Contoh Penghitungan Tandon Air Rumah Minimalis


250 Liter x 4 Penghuni = 1.000 liter


Maka prediksi keperluan air per-orang rumah itu ialah 250 liter dalam satu hari. Selanjutnya, penghuni dalam rumah itu sekitar 4 (empat) orang.


Karena itu, jumlah prediksi keperluan air per-orang dikalikan jumlah penghuni. Hasil perkalian itu yang hendak tentukan kapasitas jumlah yang diperlukan oleh sebuah rumah tangga dengan 4 penghuni.


Walau demikian, contoh penghitungan di atas ialah deskripsi kasar. Pada prakteknya, keperluan tiap orang akan air bersih pasti berbeda.


Tetapi, kamu dapat memakai rumus di atas untuk pilih ukuran tandon air rumah tangga yang akurat.


Posisi Tandon Air Rumah Minimalis
Posisi Tandon Air Rumah Minimalis


Perhatikan Sebelum Menentukan Posisi Tandon Air Rumah Minimalis


Pada dasarnya posisi tandon air rumah minimalis bisa kamu bedakan jadi 3 tipe berdasar material pembikinannya, yakni:


  • Fiberglass
  • Stainless steel
  • Plastik PE (Polythylene)


Masing-masing tipe tandon air rumah minimalis ini mempunyai kekurangan dan kelebihan yang berbeda, sehingga Anda harus sesuaikan dengan keperluan dan kondisi bujet kamu.


Sebelum menempatkan dan membeli tandon merupakan hal yang wajib kita perhatikan agar saat pemakaiannya tidak mudah rusak dan bisa-bisa merusak bagian tertentu pada bangunan. Upayakan saat sebelum Anda putuskan posisi tandon air rumah minimalis, sebaiknya Anda memerhatikan lima hal berikut ini:


Jumlah Penghuni Rumah


Saat menentukan ukuran tandon air, kamu perlu memperhatikan jumlah atau berapa pengguna air di rumah itu. Karena, banyaknya orang dalam rumah harus sebanding dengan penggunaan air bersih yang dimuat didalam tandon..


Untuk itu penempatan tandon pada suatu rumah sangatlah penting. Makin besar jumlah penggunannya maka makin besar juga ukuran tandon airnya.


Perkiraan Penggunaan


Factor yang lain adalah perkiraan penggunaan air bersih di rumahmu. Maka saat sebelum tentukan ukuran toren air, seharusnya kamu mengestimasi pemakaian air bersih dalam rumah tangga lebih dulu.


Kualitas Tandon Air

Sekarang, makin banyak tipe tandon air rumah minimalis yang ada di pasaran Indonesia dari beragam merk. Pastikanlah kamu sudah lakukan penelitian dan menyaksikan beberapa ulasan di Internet saat sebelum memilih untuk membeli.


Karena, kualitas tandon akan tentukan berapa kuat dan tahan lama saat dipakai dalam waktu lama. Dengan pilih tandon air berkualitas, kamu jadi tidak perlu kerap membeli kembali di masa datang.


Harga Tandon Air


Selanjutnya, hal yang lain penting diingat dalam tentukan ukuran tandon ialah harga. Karena, ukuran tandon air lurus sebanding dengan harga yang dijajakan.


Makin besar ukuran tandon air, karena itu makin mahal juga harga. Karena itu, tentukan ukuran yang pas sama sesuai keperluan rumah tanggamu ya.


Ukuran Tandon Air


Ukuran tandon air tidak cuman mempengaruhi harga, tetapi tempat untuk memasangkannya di rumah. Ditambah lagi bila rumahmu memiliki ukuran tidak terlampau besar, karena itu ukuran tandon air akan penting.


Langkah memilih tandon air terbaik seterusnya ialah dengan menentukan kemampuan yang diperlukan. Ini penting karena kemampuan dan posisi tandon air rumah minimalis yang telah kamu kalkulasi semakin lebih pas target, cocok dengan bujet yang telah kamu siapkan.


Kamu dapat pakai rumus di atas untuk tentukan kemampuan air yang akurat.


Mengatur Volume Air dengan Pelampung Bola


Supaya volume air dalam bak atur secara automatis, kamu dapat memakai pelampung bola . Pelampung bola ini akan mengambang di permukaan air yang tersambung dengan keran.


Perannya untuk buka dan tutup keran secara automatis. Saat toren kosong, bola pelampung akan turun dan buka keran sampai air penuh.


Bola akan mengambang sampai batasan yang telah ditata hingga tutup keran secara automatis. Dan pelampung bola radar berguna untuk menarik tombol power pada pompa listrik.


Ada dua tingkat ketinggian yang dapat diatur. Yaitu tingkat bawah yang hendak membuat pelampung turun dan menarik tombol power hingga pompa berpijar.


Ke-2 , tingkat atas membuat pelampung melepaskan tombol power dan memutuskan jaringan listrik pada pompa.


Ciri-Ciri Tandon Air Untuk Rumah Yang Baik


Sebuah bak air bisa disebutkan punyai kualitas baik jika mempunyai dinding berlapis-lapis dan permukaan yang licin. Bak air yang mempunyai beberapa susunan dinding sekalian lebih bertahan lama dibanding tang berdinding satu lapis.


Ini karena bak itu lebih tahan pada temperatur ekstrim, tidak mudah bocor, tahan guncangan, bertaraf besar sampai bentrokan yang lumayan keras.


Disamping itu permukaan bak yang licin pada sisi dalam seharusnya kamu tentukan. Mengapa? Karena permukaan atasnya yang lembut akan mempermudah kamu untuk bersihkan bak air.


Bak Air Mempunyai Tutup Berulir


Kenapa kamu harus pilih penutup bak yang berulir? Supaya kamu dapat memasangkannya dengan kuat dan buka bak secara mudah setiap saat dibutuhkan.


Kualitas air yang diletakkan didalamnya akan terjaga.


Panduan Menempatkan Posisi Tandon Air Minimalis


Toren air sebaiknya dimana? Posisi yang baik akan membuat tandon menjadi awet dan berfungsi secara maksimal. Untuk itu penempatan posisi tandon air untuk rumah minimalis sangatlah penting, berikut ini panduannya:


Check Kemampuan Susunan Bangunan Rumah


Makin tinggi letak posisi bak air, karena itu makin beban berat yang dibuat. Maka jika kamu kita akan membuat menara sebagai tempat menempatkan toren air, diperlukan struktur fondasi atau bangunan rumah yang semakin kuat dibanding tanpa memakai menara.


Lihat Ukuran Tinggi Tandon Air


Berapa tinggi tandon? Lihat posisi ketinggian toren air jika ingin meletakkannya di atas tower. Kemampuan penekanan semburan air yang dikeluarkan dari dalam bak, benar-benar tergantung pada dua hal seperti, jumlah air dan posisi ketinggian bak.


Mengapa tangki air biasanya diletakkan di tempat yang lebih tinggi daripada lingkungan sekitarnya? Dan penetapan posisi ketinggian bentang jaraknya di antara dua titik yaitu titik keluaran keran air dalam rumah dan titik keluaran air pada bagian bawah tandon. Posisi tandon air rumah minimalis umumnya ditempatkan di atas rumah dengan tujuan agar supaya tidak terjadi aliran air yang lambat atau tersumbat, karena rumus air selalu mengalir kearah bawah.


Ketidaksamaan ketinggian ini membuat penekanan air yang lumayan baik untuk saluran ke semua rumah. Berikut detil ketinggian bak yang umum diterapkan di beberapa rumah:


Ketinggian Tandon Air Dengan Jarak  2-3 Meter


Jumlah debit air yang dibuat ada dalam range 3-5 liter per menit, Penekanan air yang dibuat benar-benar rendah untuk posisi ini.


Hingga jumlah penggunaannya mewajibkan kamu untuk irit air. Oleh karena itu, semakin tinggi jaraknya akan semakin baik, hal ini dikarenakan air yang mengalir dari atas akan semakin deras.


Jarak Tandon Dengan Rumah 4-6 Meter


Tingkat kemampuan penekanan air untuk ketinggian ini sanggup untuk "melemparkan" air (memakai nozzle) sampai jarak 5 - 6 meter dari titik keluaran keran air. Kemampuan semacam itu akan mempermudah saat air dipakai untuk kepentingan membersihkan mobil atau bersihkan/sapu kotoran disekitaran tempat sisi luar rumah.


Akan tetapi, walau berkekuatan, penekanan air pada bentang jarak ini tidak bisa dihandalkan untuk hidupkan pemanas air (water heater). Sebaiknya sesuakan posisi jarak tandonnya dengan kebutuhan air Anda.


Lebih Dari 7 Meter


Kemampuan penekanan air yang dibuat sanggup untuk menghidupkan water heater. Air bisa dipakai nyaris disegala keperluan tanpa kontribusi pompa air.


Tapi, harus kita ingat , jika makin tinggi penekanan air yang dibuat, karena itu makin banyak jumlah liter air per menit yang dikeluarkan. Artinya air yang dikeluarkan dari dalam tandon akan semakin boros.


Instalasi Tandon Air Yang Efisien


Ada dua mekanisme instalasi yang umumnya dilaksanakan. Pertama, bila kamu memakai mekanisme instalasi yang mengambil sumber langsung dari air PAM karena itu seharusnya memakai pelampung bola.


Karena, malam hari umumnya saluran air dari PAM keluar. Hingga pelampung bola menjadi lumayan kuat untuk isi bak secara automatis.


Kamu tidak perlu memakai pompa untuk isi bak. Dan, bila kamu memakai mekanisme instalasi yang mengambil sumber dari bak penampung air atau sumur bor, karena itu seharusnya memakai pompa air yang diperlengkapi dengan pelampung radar.


Pelampung radar akan aktifkan dan menonaktifkan pompa penyedot saat bak air telah capai batasan atas dan bawah yang sudah kamu tetapkan.


Alas Tandon Air Harus Kuat


Perlu anda kenali tiap 1000 liter air mempunyai berat 1 ton, hingga penting dalam menimbang pembikinan fondasi yang kuat supaya sanggup meredam berat keseluruhnya. Saat sebelum menimparkan toren air seharusnya tentukan alas fondasi yang tidak jatuh dan lempeng.


Kamu bisa membuat dengan fondasi atau beton/papan yang telah di tata. Siapkan alas yang datar untuk menempatkan tandon air.


Janganlah sampai ada kerikil atau batu yang kelak akan membuat toren air bocor. Untuk itu perlu memperhatikan alas yang sesuai dengan kebutuhan untuk tandon air.


Pipa Sirkulasi


Panduan paling akhir ialah janganlah lupa memasangkan pipa sirkulasi. Penempatan pipa sirkulasi udara ini penting untuk atur perputaran udara dalam bak air.


Demikian artikel mengenai posisi tandon air rumah minimalis. Terimakasih jangan lupa kunjungi, salam sukses.