Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Perangkat Lunak Pada Komputer Yang Digunakan Disebut

Perangkat Lunak Pada Komputer Yang Digunakan Disebut
Perangkat Lunak Pada Komputer Yang Digunakan Disebut


Keyword: software adalah, perangkat lunak, apakah yang dimaksud dengan komputer, apa itu software, apa yang dimaksud dengan software, pengertian software, perangkat lunak komputer, pengertian dari perangkat lunak adalah


Perangkat lunak pada komputer yang digunakan disebut juga dengan software. Berikut penjelasan lengkapnya.


Pengertian Perangkat Lunak Komputer

Perangkat lunak atau software ialah beberapa kumpulan data electronic yang disimpan dan dikontrol oleh perangkat komputer. Data electronic itu mencakup perintah atau program yang nanti akan jalankan perintah khusus.


Perangkat lunak dikatakan sebagai sisi mekanisme dalam komputer yang tidak mempunyai bentuk fisik yang diinstall dalam sebuah komputer atau netbook supaya bisa dioperasionalkan. Setelah mengetahui perangkat lunak pada komputer yang digunakan disebut software, selanjutnya akan kami jelaskan beberapa jenis dari perangkat lunak.


Perangkat Lunak Pada Komputer Yang Digunakan Disebut
Perangkat Lunak Pada Komputer Yang Digunakan Disebut


Jenis-Jenis Perangkat Lunak Komputer


Perangkat Lunak Berbayar 

Software yang mewajibkan pemakainya untuk bayar pada harga tertentu untuk dapat memakai perangkat lunak itu. Walau telah dibeli, tetapi lisensi untuk menebarluaskan tidak dikasih ke pemakai, karena perlakuan itu terhitung ilegal. Contoh software berbayar ialah Adobe Photoshop, Microsoft Office, Microsoft Windows dan lain-lain.


Freeware 

Perangkat lunak ini gratis dan bisa dipakai tanpa batasan waktu tertentu. Umumnya pengembang software membuat perangkat lunak ini untuk komune tertentu. Hak cipta masih tetap dipertahankan hingga siapa pun bisa mengupdate software terkini. Contoh software freeware ialah Google Krom, Mozilla Firefox, dan lain-lain.


Free Software

Pemakai harus beli perangkat lunak ini lebih dulu, kemudian pemakai bebas untuk lakukan penggandaan, modifikasi, sampai distribusi.


Shareware 

Perangkat lunak yang dibagi dengan gratis untuk kepentingan tertentu. Umumnya sebagai eksperimen dengan feature terbatas, dan pemakaian sama waktu yang terbatas (umumnya 15 atau 30 hari). Shareware dibagi dengan gratis untuk memberi pemakai peluang untuk coba memakai program saat sebelum beli lisensi versus komplet dari perangkat lunak itu.


Malware

Perangkat lunak ini dipandang seperti penghancur, hingga dapat beresiko bila disalahpergunakan. Arah perangkat lunak ini untuk menyelusup, bahkan juga menghancurkan mekanisme jaringan komputer. Contoh malware ialah spyware (perangkat lunak pengintai), adware (perangkat lunak untuk iklan yang tidak jujur), virus komputer, dan software yang lain yang dibikin dengan arah bikin rugi.


Open Source Software

Perangkat lunak yang memiliki sifat terbuka, hingga code sumbernya bisa didalami, diubah, dipertingkat dan ditebarluaskan. Perangkat ini umumnya didapat dengan gratis dan dipakai oleh komune tertentu untuk diperkembangkan dengan lisensi GPL (General Public License). Contoh perangkat lunak ini ialah Linux, yang perannya sama dengan Microsoft Windows.


Firmware

Perangkat lunak penyimpanan yang cuman bisa dibaca, atau Memori Read Only. Software ini memiliki sifat paten hingga tidak dapat dilaksanakan modifikasi atau peningkatan walau ada permasalahan dalam perannya. Umumnya firmware sudah bersatu dengan perangkat keras, hingga dipandang bukan perangkat lunak sepenuhnya.


Demikian artikel tentang perangkat lunak pada komputer yang digunakan disebut, semoga bermanfaat. Terimakasih