Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Komik Yang Tercipta Karena Kecanggihan Teknologi Internet Adalah

Komik yang tercipta karena kecanggihan teknologi internet adalah. Berikut ini jawaban serta penjelasan lengkapnya agar kamu jadi makin asik ketika membaca komik kartun kesukaan kamu.


Komik Yang Tercipta Karena Kecanggihan Teknologi Internet Adalah
Komik Yang Tercipta Karena Kecanggihan Teknologi Internet Adalah


Komik yang tercipta karena kecanggihan teknologi internet adalah...

  • a. Karikatur
  • b. Online
  • c. Buku komik
  • d. Potongan


Jawaban: Online


Tags: komik yang tercipta karena kecanggihan teknologi internet adalah, komik yang tercipta karena kecanggihan teknologi internet adalah berasal dari bahasa latin yaitu, komik yang tercipta karena kecanggihan teknologi internet disebut


Nah, setelah teman-teman mengetahui jawaban pertanyaan komik yang tercipta karena kecanggihan teknologi internet adalah. Selanjutnya agar teman-teman terupgrade pemahamannya mengenai komik kartun dan tidak asal menikmatinya saja yuk lanjutkan membacanya, karena ini penting untuk kamu ketahui agar semakin paham tentang komik.


Pengertian Komik Kartun

Secara umum komik dibikin di atas selembar kertas. Tetapi, sekarang ini telah banyak komik yang diupload berbentuk digital, hingga dapat dibaca lewat computer atau handphone.


Menurut Setiawan G sasongko dalam buku Panduan Menggambar Komik, kata komik kartun datang dari Bahasa Yunani, yaitu komikos yang dapat disimpulkan sebagai bergurau atau bersukacita. Komik dapat dihubungkan dengan humor, karena masih mempunyai keterikatan.


Walaupun mempunyai jalinan dengan humor, sekarang komik tidak selamanya mengulas hal yang lucu. Banyak komik dengan topik serius yang kerap dibikin dan dibaca oleh warga.


Mencuplik dari buku Komik Kartun (Dari Wayang Papar sampai Komik Digital) kreasi Indiria Maharsi, komik sebagai kelompok gambar atau simbol yang mempunyai posisi tertentu, maksudnya untuk memberikan info dan capai kesan-kesan estetis dari pembaca.


Beberapa pembikin komik atau komikus akan manfaatkan semua media dan teknologi yang ada untuk menempatkan gambar untuk gambar secara berurut, hingga membuat jalan cerita yang diharapkan.


Jenis komik

Dalam buku Peningkatan Media Evaluasi (2020) kreasi Cecep Kustandi dan Daddy Darmawan, komik dapat dipisah jadi beberapa jenis, yakni:


Kartun

Komik kartun berisi satu penampilan yang membuat gambar dan tulisan, umumnya berisi elemen kritikan, kritikan dan komedi.


Komik Potongan (comic strip)

Komik ini berisi bagian gambar yang digabungkan hingga membuat jalan cerita pendek. Komik potongan ini biasanya dibikin berlanjut atau narasi berlanjut.


Komik Tahunan (comic annual)

Komik ini diedarkan tiap sebulan sekali atau setahun sekali. Komik ini berisi gambar dan tulisan yang membuat jalan cerita.


Komik Online (situs comic)

Sama dengan komik yang lain yang berisi gambar dan tulisan, komik online berisi dua hal itu. Bedanya berada pada jenis media yang dipakai. Situs comic memakai media teknologi internet untuk menerbitkan komiknya, karena dipandang lebih gampang mencapai beragam kelompok.


Komik Ringan (comic simple)

Hampir serupa seperti komik yang lain, komik enteng berisi gambar dan tulisan. Namun comic sederhana sebagai hasil kreasi sendiri yang dipotretkopi dan dijilid seperti komik secara umum.


Buku komik (comic book)

Comic book berisi gambar dan tulisan yang membuat narasi, selanjutnya dibungkus jadi sebuah buku.


Ciri-ciri komik

Menurut Ricky W. Putra dalam buku Pengantar Design Komunikasi Visual dalam Implementasi (2020), komik mempunyai lima ciri-ciri khusus, yaitu:


Karakternya Seimbang

Beberapa ciri komik satu diantaranya ialah memiliki karakter seimbang yang memiliki makna jika komik dapat membuat pembacanya turut serta secara emosional dalam membaca komik. Pembaca berasa semacam jadi sisi dari jalan cerita komik.


Ada Bahasa Pembicaraan

Maknanya komik condong memakai bahasa pembicaraan setiap hari yang gampang dipahami oleh pembaca.


Ada Sikap Kepahlawanan

Maknanya komik dapat memunculkan rasa kepahlawanan (berasa seperti pahlawan) untuk beberapa pembacanya.


Pelukisan Karakter

Maknanya karakter dalam komik condong dilukis segampang dan sesimpel kemungkinan agar pembacanya lebih gampang pahami figur dan karakternya.


Memiliki Kandungan Komedi

Maknanya dalam komik berisi rasa komedi, hingga ceritanya berkesan enteng dan gampang dimengerti pembacanya.


Contoh komik

Berikut lima contoh komik:

Komik Mahabharata

Komik Mahabharata yang dibikin oleh R.A. Kosasih. Pada dasarnya, komik ini mengusung cerita Mahabharata yang mengikutsertakan Pandhawa Lima dengan Kurawa. Komik ini sukses bawa cerita perwayangan ke wujud buku komik.


Komik Sang Buta dari Gua Hantu

Komik Sang Buta dari Gua Hantu, kreasi komikus Ganeh TH. Komik ini memiliki kandungan cerita silat nusantara yang membuat beberapa pembacanya takjub. Sampai pada akhirnya pada 1970, komik ini dipilih jadi sebuah film berjenis pertandingan dengan judul yang serupa.


Komik Benny dan Mice

Komik Benny dan Mice yang disebut comic strip atau komik potongan. Komik ini diedarkan di koran Harian Kompas, tiap minggunya. Pada dasarnya, komik ini bercerita keadaan Jakarta sebagai kota metropolitan. Benny dan Mice dibikin oleh Benny Rachmadi dan Muhammad "Mice" Misrad.


Komik Gundala

Komik Gundala kreasi Hasmi atau yang dikenali Harya Suraminata. Figur Gundala pertama kalinya datang dalam komik Gundala Putra Petir. Nama Gundala diambil dari Bahasa Jawa, yaitu Gundolo yang memiliki arti petir. Gundala terhitung dalam komik superhero atau kepahlawanan.


Komik Put On

Komik Put On kreasi Kho Wang Gie, terhitung dalam comic strip jenaka atau humor. Komik ini pertama kalinya di-launching di Koran Sin Po pada 1931, persisnya zaman wargaan penjajahan Belanda. Dahulunya komik ini diedarkan 2x dalam satu minggu, hari Jumat dan Sabtu. Bahasa yang dipakai adalah Bahasa Melayu.


Demikian jawaban dari pertanyaan komik yang tercipta karena kecanggihan teknologi internet adalah dan pembahasan mengenai seputar komik. Semoga artikel ini bermanfaat ya tema-teman, salam sukses selalu.


Tags: komik yang tercipta karena kecanggihan teknologi internet adalah komik, komik yang tercipta karena kecanggihan teknologi internet adalah pengertian komik, komik yang tercipta karena kecanggihan teknologi internet adalah