Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Jelaskan Yang Dimaksud Dengan Konduktor Dan Isolator

Daftar Isi [Lihat]

Jelaskan yang dimaksud dengan konduktor dan isolator, dua hal ini merupakan jenis penghantar panas yang sangat banyak kita gunakan dikehidupan sehari-hari. Berikut ini akan kami jelaskan kedua hal tersebut lengkap dibawah ini.


Jelaskan Yang Dimaksud Dengan Konduktor Dan Isolator
Jelaskan Yang Dimaksud Dengan Konduktor Dan Isolator


Keyword: apa yang dimaksud dengan konduktor, apa yang dimaksud dengan konduktor dan isolator, apakah isolator itu beri 5 contoh isolator, apakah yang dimaksud dengan konduktor panas, contoh bahan isolator, apa yang dimaksud konduktor dan isolator, apakah yang dimaksud konduktor dan isolator, bahan yang termasuk isolator terbuat dari, fungsi konduktor, contoh isolator adalah


Apa itu sifat konduktor dan isolator? Berdasar jenis karakter benda yang terkait dengan panas yang diterima, karena itu benda dikelompokkan jadi dua yaitu yang cepat dan tidak dapat mengantarkan panas. Ke-2 nya, dikenali dengan konduktor dan isolator. Lantas, tahukah kamu mengenai pengertian konduktor dan isolator?


Jika ada pertanyan mengenai jelaskan yang dimaksud dengan konduktor dan isolator, artikel ini bisa membantu kamu menemukan jawabanya. Disini akan kami jelaskan mengenai pApa yang dimaksud dengan konduktor dan isolator beserta contohnya.


Pengertian Konduktor


Konduktor sebagai satu jenis bahan atau zat yang bisa mengantarkan panas dan arus listrik, baik pada wujud zat cair, padat, atau gas. Di mana kejadian ini disebabkan karena benda atau zat itu yang memiliki satu karakter yang konduktif.


Apakah kegunaan konduktor? Konduktor memiliki satu jenis mekanisme pertahanan tipe yang relatif benar-benar kecil, di mana tipe pertahanan ini bisa dikuasai oleh bahan atau material yang digunakan. Misalkan dari ukuran bahan, dan besarnya kekebalan yang kebalikannya dengan luas penampangnya, sehingga bisa kita gunakan untuk menghantarkan panas pada saat memasak dan lain-lain.


Contoh Konduktor

Apa itu benda konduktor? Contoh dari konduktor adalah 

  • logam
  • aluminium
  • baja
  • besi


Pengertian Isolator


Isolator sebagai satu tipe bahan atau zat yang susah bahkan juga tidak dapat mengantarkan panas secara baik dan tidak dapat di aliri listrik.


Isolator umum diketahui dengan panggilan sebagai penghalang saluran listrik. Disamping itu, bahan isolator bisa juga digunakan untuk pisahkan konduktor tak perlu keluarkan arus listrik dan dapat dijadikan penunjang beban.


Contoh Isolator


Sesudah kita ketahui pengertian isolator, sekarang kita akan memberikan contoh beberapa benda isolator yang ada disekitaran rumah.


Gagang wajan, gagang panci, dan gagang setrika umumnya dibuat dari kayu dan plastik/ebonit. Kayu dan plastik mempunyai karakter lamban dalam mengantarkan panas. Karena itu, gagang-gagang ini ialah isolator yang digunakan untuk menolong kita menggenggam panci supaya tidak panas terkena tangan.


Sarung tangan yang dibuat dari kain mempunyai karakter isolator. Karena, kain lamban dalam mengantarkan panas. Sarung tangan atau perlindungan tangan yang tebal dapat menolong kita mengusung wajan atau panci supaya tidak panas pada tangan.


Air panas yang diletakkan dalam termos tetap panas walau telah lumayan lama. Biasanya, termos dibuat dari kaca berdinding dua lapis di mana antara ke-2 dinding kaca itu ada ruangan kosong atau ruangan hampa udara (vakum).


Dinding kaca sisi dalam termos berperan sebagai konduktor, di mana kaca tidak mempernyerap panas dan panas dipantulkan kembali . Maka, temperatur air yang ada dalam dalamnya tidak menjalar keluar. Hingga temperatur air masih tetap panas.


Lantas, ruangan hampa udaranya berperan sebagai isolator, karena panas tidak bisa menjalar dalam ruang hampa udara.


Selanjutnya, termos diperlengkapi dengan tutup gabus atau bahan lapisan luar yang memiliki sifat isolator. Hingga temperatur panas tidak keluar termos dan termos tidak panas saat digenggam.


Demikian artikel mengenai "jelaskan yang dimaksud dengan konduktor dan isolator", semoga penjelasan tadi bisa membantu kamu yang sedang mencari jawabannya.


Sekian

Terimakasih