Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Desain Tangga Rumah Sempit Yang Luxurious

Daftar Isi [Lihat]
Desain Tangga Rumah Sempit
Desain Tangga Rumah Sempit


Desain Tangga Rumah Sempit Yang Luxurious. Tentunya bila anda beli tangga rumah yang minimalis semakin lebih murah dibandingkan harus beli mode tangga yang tidak minimalis, harga Lebih Dapat dijangkau.  Tipe tangga yang pas diterapkan untuk rumah minimalis dengan ruang cukup sempit yakni tangga spiral atau tangga putar.


Pilih desain tangga rumah sempit yang simpel saja agar tidak buat penampilan rumah semakin kelihatan sesak penuh. Yang unik dari desain tangga rumah sempit ini ialah anak tangga yang seperti terlihat melayang-layang karena rangkanya ditanamkan pada dinding karena pada umumnya tangga ini dengan bahan kayu.


Pada kontruksi rumah zaman dulu tangga yang mempunyai wujud semacam ini dipakai untuk naik kebagian loteng atau tempat menjemur baju. Rumah tinggi dan sempit perancangan seorang arsitek namanya Fujiwarramuro ini punyai banyak sela dan beberapa jendela kecil untuk jalan masuk sinar.


Tangga spiral ini banyak memiliki desain menarik hingga dapat menambahkan seni. Karena itu sisi dalam rumah terlihat ceria dan terbuka. Rack TV Simpel sebagai salah satunya perlengkapan rumah tangga yang berada di ruangan tamu atau juga bisa ada di ruangan keluarga.


Ingat efektifitas ruangan jadi poin penting pada rumah kecil sebaiknya tangga ditempatkan di tempat yang gampang dicapai penghuni rumah misalkan di ruangan. Tangga spiral ini lebih flexible dibanding dua tipe tangga di atas dapat mengirit ruangan dan tidak begitu memakan tempat.


Desain tangga rumah sempit tidak cuman berperan sebagai penyambung antara lantai tangga bisa juga memberi keelokan walau berpenampilan minimalis. Kecil namun longgar memungkinkan kamu lebih betah dirumah.


Desain tangga rumah sempit yang paling akhir adalah desain tangga dengan mode lempeng. Tenang saja jika penempatannya pas karena itu tangga ini sanggup menyokong berat beban.


Desain tangga rumah sempit yang berjenis spiral bertempat di ruangan tamu untuk menyongsong tamu agar ruangan terlihat luas dan elok. Terlibat perbincangan dengan keluarga jauh teman dekat atau famili mitra atau rekanan kerja dan tempat bergabung bila ada acara oleh karena itu untuk sebagian orang pasti mengatur ruangan tamu sebagus mungkin merupaka target utama dari desain tangga rumah sempit.


Desain Tangga Rumah Sempit


Tips Desain Tangga Rumah Sempit


Tips desain tangga rumah sempit akan kami tampilkan beberapa desain tangga yang pas untuk mezzanine-mu. Desain tangga rumah sempit minimalis diharap tidak merepotkan pemakainya.


Mode tangga rumah minimalis ruangan sempit yang dapat Anda pikirkan seterusnya desain spiral. Nach hal yang penting anda lihat saat membuat rumah bertingkat yakni desain tangga pada tempat tinggal anda. Yok baca saja pembahasan mengenai keunggulan pada desain tangga rumah minimalis berikut supaya lebih jelas..


Rumah minimalis dengan 2 lantai terakhir jadi tempat tinggal yang lumayan ramai pecintanya terutamanya di tengah-tengah kota metropolitan. Desain tangga rumah sempit simpel yang pertama kalinya ini dapat anda coba ialah memakai wujud spiral. Desain sederhana satu ini menjadi opsi kamu.


Desain tangga rumah sempit jadi jalan keluar untuk keluarga yang mempunyai tempat tinggal tetapi dengan tempat terbatas. Untuk memperoleh desain ruangan tamu simpel yang mengagumkan sering pemilik rumah tidak memiliki ide mengubahnya, penggunaan rona hijau muda ini menambahkan situasi ceria dan cerah di rumah yang simpel ini, boleh Anda coba itu.


Janganlah sampai tempat tinggalmu malah kelihatan makin sempit saat membuat tangga. Desain tangga rumah sempit dan Kecil Tangga rumah sebagai faktor yang penting untuk rumah 2 lantai atau rumah tingkat.


Karena seperti pembuluh darah pada manusia yang menyambungkan semua anggota badan tangga sebagai penyambung di antara lantai yang satu sama yang lain. Tangga rumah ini tidak mempunyai railing tangga umumnya memang jadi opsi supaya tidak mempersempit ruang.


Dengan demikian nilai seni interior rumah juga semakin elegan. Ruangan tambahan pada lantai 2 ini umumnya cukup sempit nach berikut mode tangga minimalis untuk rumah simpel dengan ruangan sempit.


Sebagai target perputaran vertikal antara lantai, tangga harus memberi rasa nyaman dan aman untuk penggunanya.


Tangga yang nyaman dan aman memiliki arti sang pengguna tidak berasa cemas saat jalan naik dan turun tangga. Berencana tangga yang nyaman memiliki arti harus memerhatikan faktor-faktor, seperti besar beban yang hendak diterima oleh tangga, tipe tangga, dan bahan yang hendak dipakai.


Sebagai target perputaran vertikal antara lantai, tangga harus memberi rasa nyaman dan aman untuk penggunanya.


Tangga yang nyaman dan aman memiliki arti sang pengguna tidak berasa cemas saat jalan naik dan turun tangga. Berencana tangga yang nyaman memiliki arti harus memerhatikan faktor-faktor, seperti besar beban yang hendak diterima oleh tangga, tipe tangga, dan bahan yang hendak dipakai.


Menurut Rita Laksmitasari, ST, dosen mengagumkan Jalur Arsitektur Kampus Trisakti, tangga akan nyaman dipakai jika pengguna tidak berasa susah dan capek saat memakainya. Karena dalam membuat desain tangga, lihat dahulu siapa saya yang memakai tangga; apa mereka anak -anak atau orang lansia. Pokoknya, siapa saja yang memakai tangga, mereka harus berasa nyaman.


Desain Tangga Rumah Sempit


Untuk memberi perasaan nyaman saat naiki tangga, ada faktor-faktor yang penting jadi perhatian saat rencananya, misalnya :


  • Tinggi dan ukuran anak (injakan) tangga
  • Kemiringan (kecuraman)
  • Pemakaian pagar tangga (railing dan bluster)
  • Pemakaian borders
  • Material anti slip, dan
  • Penerangan pada ruangan tangga


Anak Tangga

Istilah yang dapat digunakan saat membuat tangga ialah ukuran "tinggi" dan "lebar" akan tangga. Yang diartikan dengan lebar anak tangga ialah ukuran tempat pada anak tangga di mana kaki menginjak di atasnya. Dan tinggi anak tangga ialah ketidaksamaan tinggi di antara satu anak tangga dengan anak tangga yang lain.


Untuk capai tingkat kenyamanan yang bagus, ukuran lebar anak tangga pada rumah tinggal 20 - 33 cm, sementara tinggi anak tangga di antara 15 - 18 cm.


Supaya tidak mengusik kenyamanan, ada sebuah rumus yang menjadi dasar dalam tentukan lebar dan tinggi anak tangga. Tinggi anak tangga disimbolkan dengan (a) dan lebar anak tangga (b).


Baiknya ialah 2a + b = 60 - 65 cm


Bila 2a + b = 60 - 65 cm, karena itu tangga itu akan terjal. Dalam pada itu, bila 2a + b karena itu tangga akan agak miring. Mempunyai tangga terjal memang mengirit tempat, karena anak tangganya tidak lebar. Tapi tangga semacam ini tidak nyaman serta lebih beresiko untuk anak kecil atau orang lansia.


Ukuran lebar dan tinggi anak tangga memengaruhi kecuraman sebuah tangga. Makin besar tinggi anak tangga, akan makin terjal tangga itu. Dan bila Anda ingin tangga yang agak miring, karena itu lebar tangga harus besar.


Ketinggian tiap anak tangga harus juga pas sama dari yang paling bawah sampai yang teratas. Bila satu anak tangga saja berlainan ukuran, akan berasa canggung untuk yang melaluinya karena seorang umumnya selalu mengambil langkah dengan irama yang serupa.


Kemiringan Tangga

Ukuran kemiringan tangga (dalam derajat) ialah perbedaan tinggi tangga (lantai bawah dengan lantai atas) dengan panjang tangga (ruangan yang diperlukan untuk tangga). Koefisien kemiringan tangga bisa dihitung dengan rumus :


z = y / x


z = koefisien kemiringan tangga


y = tinggi tangga (cm)


x = panjang tangga (cm)


Koefisien kemiringan (z) = 1 memiliki arti y = x dan membuat kemiringan 450


Berdasar kemiringannya, tangga diperbedakan atas :

Lantai miring, 60 - 200

Koefisien kemiringan 0,1 - 0,36


Tangga agak miring, 200 - 240

Koefisien kemiringan 0,36 - 0,44


Tangga biasa, 240 - 450

Koefisien kemiringan 0,44 - 1,0


Tangga terjal, tangga irit, 450 - 750

Koefisien kemiringan 1,0 - 3,7


Tangga naik, tangga tingkat, 750 - 900

Koefisien kemiringan > 3,7


Untuk memperoleh tangga yang bagus dengan kemiringan 24o - 45o, tinggi tangga (y) jangan semakin besar dari panjang tangga (x), optimal y = x. tangga yang terlampau agak miring (y lebih kecil dari x) pun tidak nyaman, karena kaki mau tak mau naiki anak tangga semakin banyak dengan ketinggian tertentu.


Pagar dan Pegangan Tangga

Ada yang menjelaskan pagar dan pegangan tangga (railing) tidak dibutuhkan, asal tingkat kenyamanan dan keamanan lumayan tinggi. Maknanya, faktor kenyamanan dititikberatkan pada penataan ukuran tinggi dan lebar anak tangga. Tetapi, untuk keamanan, terlebih bila mempunyai bagian keluarga yang kecil, railing masih tetap dipakai.


Dan tiang pada pagar tangga (baluster) berperan sebagai pengaman. Karena ada baluster, orang akan terbebas dari risiko jatuh saat naiki atau menuruni tangga. Oleh karena itu baluster harus dibikin cukup rapat, tinggi 90 - 100 cm, dan tidak hasilkan sisi yang tajam, supaya anak -anak tidak cedera jika harus punya pengaruh pada bluster.


Bordes

Untuk memberi kenyamanan, ada juga ketentuan baku untuk pembikinan tangga. Tiap ketinggian maksimal 12 anak tangga (dengan tinggi 1,5 - 2m) harus dibikin bordes (landing).


Yakni satu basis datar yang lumayan luas untuk mengambil langkah secara horizontal sekitar lebih kurang tiga atau empat cara saat sebelum mendaki ke anak tangga selanjutnya. Tiap ketinggian maksimal 12 anak tangga (dengan tinggi 1,5 - 2 m) harus dibikin bordes (landing)..


Anti Slip

Bahaya yang kerap mengincar ketika orang memakai tangga ialah terpeleset (slip), umumnya terjadi pada ujung siku anak tangga. Untuk menahan ini, dikenali produk nosing (terkadang disebutkan tahap nosing) yang perannya membuat ujung siku anak tangga lebih kasar.


Tahap nosing ada yang dibuat dari karet, aluminium, atau keramik. Permukaan atasnya bergerigi supaya cara pengguna berhenti pada ujung tangga dan tidak tergelincir. Tahap nosing berbahan keramik terpasang saat memasangkan ubin keramik di anak tangga beton.


Triknya, di bagian ujung siku disisakan sela yang tidak tertutup keramik. Di bagian pinggir berikut terpasang nosing dari keramik.


Penempatan nosing dengan bahan lain, seperti karet atau aluminium, dilaksanakan sesudah anak tangga selesai. Triknya, nosing disekrupkan pada anak tangga.


Beberapa gedung atraksi yang ruangnya gelap, seperti bioskop dan teater, bahkan juga manfaatkan nosing sebagai pemandu cara ketika orang naiki tangga. Nosing ini memakai bahan fluorescent yang sanggup berpijar dalam gelap.


Penerangan

Penerangan terhitung aspek khusus yang pantas diamati saat membuat tangga. Penerangan pada tempat tangga, selainnya akan membuat performa tangga lebih kelihatan, menolong beberapa pemakai lebih berasa nyaman dan aman khususnya saat malam hari.


Bukan tidak lucu bila ada orang yang jatuh karena hanya minimnya sinar pada sekitaran tempat tangga?


Penerangan di siang hari seharusnya manfaatkan sinar alami. Oleh karenanya tempat tangga harus dikasih bukaan yang cukup hingga memungkinkannya sinar matahari masuk dan menyinari tempat ini.


Saat malam hari, penerangan seutuhnya mengambil sumber pada lampu. Penempatan lampu pada tempat tangga, selainnya menimbang faktor keamanan dan kenyamanan, penting diingat faktor seni. Hingga penampilan tangga jadi lebih bagus.


Lampu untuk menyinari tempat tangga dapat terpasang di plafon, di atas tangga atau di bawah tangga. Sekitaran lampu (tombol on/off) seharusnya terpasang pada dinding lantai bawah dan lantai di atas dan disambungkan secara paralel. Langkah ini untuk mempermudah pengguna tangga untuk mematikan dan menghidupkan lampu ketika akan naik atau turun dari tangga.


Tipe lampu pada tempat tangga seharusnya diputuskan lampu yang pancarkan sinar warna hangat supaya atmosfer dalam rumah betul-betul berasa dekat dan ramah. Beberapa lampu yang memberi sinar warna hangat ialah kuning atau jingga atau yang dekati warna sinar alami.


Demikian artikel mengenai desain tangga rumah sempit yang elegan. Semoga bermanfaat.

Terimakasih


Tags: tangga minimalis, tangga rumah minimalis, tangga rumah, model tangga rumah, model tangga minimalis, model tangga rumah minimalis, gambar tangga, model tangga