Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Contoh Dari Kerajinan Berbahan Lunak Buatan Adalah

Contoh dari kerajinan berbahan lunak buatan adalah. Bahan lunak buatan sebagai satu bahan yang didapat lewat beberapa tahap proses hingga jadi bahan lunak yang dapat dibuat jadi benda kerajinan.


Contoh Dari Kerajinan Berbahan Lunak Buatan Adalah
Contoh Dari Kerajinan Berbahan Lunak Buatan Adalah


Keyword: kerajinan bahan lunak, salah satu ciri kerajinan berbahan lunak adalah, alat yang digunakan untuk mengukir bahan lunak dinamakan, contoh dari kerajinan bahan lunak buatan adalah, bahan lunak dibedakan menjadi dua berdasarkan sumbernya yaitu, patung dari bahan lunak biasanya mempergunakan bahan, contoh dari bahan lunak alami adalah


Contoh bahan lunak buatan condong harganya mahal dibanding berbahan alami karena pembikinannya memakai beberapa bahan kimia. Namun , salah satu satu ciri kerajinan berbahan lunak adalah mudah didapat, mudah dibentuk sesuai keinginan, harganya murah (untuk yang bahan alam).


Agar lebih lengkap pemahaman mengenai kerajinan yang berbahan lunak, berikut ini adalah contoh dari kerajinan berbahan lunak buatan adalah sebagai berikut:


Parafin

Parafin adalah bahan lunak yang didapat dari hasil olahan minya bumi. Wujud parafin umumnya berbentuk lurusan.


Tetapi, ada pula parafin yang berupa butiran. Kerajinan yang umumnya dibikin dengan parafin adalah lilin hias.


Bahan lunak buatan ini dibuat dari tersisa kertas yang tidak kepakai. Pembikinan bubur kertas dapat dilaksanakan dengan menambah koran sisa, air, lem, tepung kanji dan bahan yang lain yang diperlukan.


Harus diingat, bila kombinasi air, lem dan tepung kanji sebaiknya sama sesuai, supaya teksturnya tidak begitu benyek atau gampang remuk.


Sesudah sesuai kerajinan yang diharapkan, janganlah lupa beri warna supaya kelihatan semakin menarik. Contoh kerajinannya adalah

  • tempat pensil
  • patung
  • celengan
  • frame photo
  • dan lain-lain


Gips

Gips sebagai bahan mineral yang memiliki kandungan zat hidrat kalsium, sulfat, karbonat, sulfat nitrat dan yang lain. Gips wajarnya berupa bubuk dan digabung sama air, supaya jadi adonan kental.


Bila didiamkan, adonan ini akan berbeda mengeras. Sama dengan lilin, pemrosesan kerajinan dari gips dilaksanakan dengan tehnik cor atau bikin.


Gips condong mempunyai struktur yang gampang remuk, hingga pembikinannya harus dilaksanakan dengan berhati-hati. Contoh kerajinannya adalah:

  • patung hias
  • relief dinding
  • vas bunga
  • frame photo
  • dan lain-lain


Sabun

Kerajinan bahan lunak buatan yang lain adalah sabun. Kerajinan ini umumnya dibuat dengan sabun batangan.


Sabun akan dibuat selanjutnya dibuat seperti keinginan, seperti pola kaligrafi atau bunga. Langkah lain dapat dilaksanakan adalah dengan memarut sabun tangkai yang selanjutnya digabungkan dengan sagu dan sedikit air.


Akan terbentuk adonan baru yang bisa dibuat seperti keinginan.


Polimer Clay

Polimer clay adalah salah satunya tanah liat yang bisa mengeras dan memiliki kandungan material dasar polymer polyvinyl chloride.


Meskipun sebetulnya tidak ada kandungan tanah liat didalamnya benar-benar tetapi PVC ini mempunyai karakter yang serupa dengan tanah liat dan gampang dibuat.


Polimer clay akan mengeras jika dipanaskan. Disamping itu polimer clay dapat diwarnai sesuai yang diharapkan, karena itu dari itu benar-benar pas untuk dijadikan benda kerajinan.


Supaya hasil jadi rapi dan cantik, ada cara-cara dalam membuat, seperti membuat beberapa bentuk yang kecil dengan detil. Membuat kerajinan dari clay ini dapat memakai alat tolong cetakan yang umumnya dipasarkan di beberapa toko.


Itu tadi beberapa contoh dari kerajinan berbahan lunak buatan adalah merupakah bahan yang pada intinya mengandung kimia. Memang disamping praktis untuk mendapatkannya, tinggal beli terus dapet deh bahannya, tapi sebaiknya hati-hati menggunakan bahan yang banyak kimianya ya, jangan sampai tertelan.


Contoh Dari Kerajinan Berbahan Lunak Alami

Bahan lunak alam sebagai bahan kerajinan tangan yang didapat dari alam sekitaran. Pemrosesannya juga dilaksanakan secara natural serta tidak digabungi beberapa bahan kimia yang lain.


Contoh bahan lunak yang berasal dari alam adalah tanah liat, kulit, getah nyatu, bubur tisu, flour clay. Inilah beberapa hasil kerajinan bahan lunak alam dan elemen pembikinnya.


Tanah Liat

Tanah liat sebagai produk kerajinan bahan lunak alam yang sering dijumpai disekitaran warga. Tanah liat berasal dari alam dan umumnya digunakan untuk membikin vas bunga, guci, piring, tembikar, dan peralatan makan minum yang lain.


Rotan

Untuk kerajinan bahan lunak alam yang ini cukup spesial. Karena jika sudah diproses sebegitu rupa, bahan serat alam ini akan mempunyai harga yang paling mahal.


Seumpama rotan yang dibuat jadi bangku dan meja yang unik. Tidak itu saja, serat rotan yang lebih tipis kembali dapat menjadi kerajinan bahan lunak alam berbentuk anyaman.


Anyaman sendiri kerap dibikin untuk beragam hal contoh simpelnya untuk kandang hewan seperti ayam atau burung.


Kulit

Kerajinan bahan lunak alam selanjutnya adalah kulit. Kulit yang dipakai berasal dari kulit hewan yang telah tersamak hingga gampang dibuat.


Ada bermacam jenis warna dari kulit ini, mulai dari hitam, putih, cokelat atau krem, sesuai hewan yang dikuliti. Kulit hewan yang digunakan umumnya berasal dari kulit buaya, harimau, ular, sapi, dan sebagainya.


Biasanya kulit dipakai sebagai bahan pembikin tas, dompet, bahkan juga sabuk dan sepatu. Pemakaian kulit sebagai kerajinan bahan lunak alam telah ada dari dahulu, khususnya untuk pembikinan wayang.


Bahan lunak buatan sebagai satu bahan yang didapat lewat beberapa tahap proses hingga jadi bahan lunak yang dapat dibuat jadi benda kerajinan. Bahan lunak buatan condong tambah mahal dibanding berbahan alami karena pembikinannya memakai beberapa bahan kimia.


Berikut tadi artikel tentang contoh dari kerajinan berbahan lunak buatan adalah, dan bahan lunak alami. Semoga artikelnya bermanfaat.

Salam sukses

Terimakasih