Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Contoh Alat Musik Tradisional Yang Digunakan Untuk Mengiringi Tari Adalah

Daftar Isi [Lihat]

 

Contoh Alat Musik Tradisional Yang Digunakan Untuk Mengiringi Tari Adalah
Contoh Alat Musik Tradisional Yang Digunakan Untuk Mengiringi Tari Adalah


Contoh Alat Musik Tradisional Yang Digunakan Untuk Mengiringi Tari Adalah. Berikut ini akan kami jelaskan lengkap mengenai alat musik tradisional yang dugunakan untuk keperluan tari dan berikut penjelasan lengkapnya.


Contoh Alat Musik Tradisional Untuk Mengiringi Tari

Pengertian alat musik tradisional ciri khas Indonesia mengarah alat musik yang turun-temurun hidup dan berkembang di wilayah tertentu. Kehadiran alat musik tradisional sekalian jadi bukti tingginya khazanah pertimbangan dan kebudayaan Indonesia.


Pada umumnya dalam warga tradisi, ada tiga peranan alat musik tradisional. Pertama, alat musik tradisional berperan sebagai fasilitas upacara tradisi yang dilaksanakan turun-temurun. Ke-2 , sebagai pengisi latar musik pada pergelaran seni atau sendratari ciri khas di tempat.


Paling akhir, alat musik tradisional jadi fasilitas komunikasi, gestur, dan kreativitas dari kebudayaan warga di tempat. Menariknya, Indonesia mempunyai bermacam alat musik tradisional yang unik dan tidak dapat diketemukan di negara lain.


Sampai 2015 minimal terdaftar ada 34 alat musik tradisional Indonesia. Alat musik tradisional ini menyebar di beberapa wilayah dari Sabang sampai Merauke.


Sekarang beberapa alat musik tradisional bahkan juga sudah dikenali di mata internasional. Berikut lima alat musik ciri khas Indonesia yang sudah go-international.


Contoh alat musik tradisional yang digunakan untuk mengiringi tari adalah sebagai berikut:


Tifa

Alat musik tifa dari Maluku mempunyai nama lain, seperti tahito atau tihal yang digunakan. Alat musik petik adalah alat musik tradisional yang bisa keluarkan suara saat di petik senarnya.


Datang dari Timur Indonesia persisnya wilayah Papua dan Maluku, tifa sebagai alat musik tradisional ciri khas Indonesia yang mempunyai wujud seperti tabung dan dimainkan dengan dipukul. Tifa terdiri dari beberapa macam, yaitu

  • jekir
  • potong
  • dasar
  • bas


Biasanya tifa digunakan saat upacara tradisi, atraksi musik, dan mengiringi tarian tradisional. Alat musik ini mempunyai karakter yang benar-benar keramat, karena umumnya digunakan untuk mengiringi upacara tradisi suku simalungun.


Karena datang dari wilayah asia selatan, alat musik ini tersering digunakan untuk mengiringi atraksi tarian india dan. Pendek panjangnya dawai alat musik alat musik petik ini memiliki peranan yakni untuk mengiringi atraksi solo dan instrumen. 


Secara wujud, sedikit ada ketidaksamaan di antara tifa Maluku dan tifa Papua. Di Maluku, tifa mempunyai wujud tabung dan tidak dikasih pegangan. Dan di Papua sisi tengah tifa dibikin lebih meliuk, dan ada pegangan pada sisi tengah tifa.


Alat Musik Mandolin

Alat musik mandolin bisa dipadankan dengan beragam alat musik yang lain dalam performanya. Alat musik mandolin bisa dipadankan dengan beragam alat musik yang lain dalam performanya. Alat musik ini digunakan untuk mengiringi tarian dan panggil dan memberikan pertanda bahaya saat perang.


Karena datang dari wilayah asia selatan, alat musik ini tersering digunakan untuk mengiringi atraksi tarian india dan. Menyaksikan banyaknya keragaman jenisnya alat musik tradisional indonesia oleh karena itu dapat disebutkan jika indonesia benar-benar kaya dengan harta kebudayaannya.


Tidak bisa disangkal kembali jika alat musik ciri khas wilayah umumnya alat musik ini digunakan untuk mengiringi ritus pengobatan tertentu oleh suku kaili di. Ada beberapa alat musik tradisional yang cukup terkenal dan populer di rasio nasional sampai internasional seperti ansambel musik gamelan dan sasando yang datang dari nusa tenggara timur.


Alat Musik Angklung

Alat musik tradisional dari Jawa Barat ini namanya sudah go-international. Angklung dibuat dari bilah-bilah bambu yang diatur sebegitu rupa hingga saat digetarkan atau digoyangkankan hasilkan bunyi yang ciri khas. Untuk memperoleh suara yang serasi, angklung harus dimainkan oleh beberapa orang. Karena satu angklung cuman sebagai wakil satu tangga suara saja.


Angklung terhitung salah satunya daya tarik budaya Indonesia yang jadi daya magnet pelancong luar negeri. Ditambah, UNESCO sudah mengaku angklung sebagai Peninggalan Budaya Dunia, dan masuk ke daftar Representative Daftar of the Intangible Cultural Heritage of Humanity.


Salah satunya tujuan pariwisata Indonesia yang jadikan angklung sebagai sebagai daya magnetnya adalah Sanggahr Seni Saung Mang Udjo di Bandung.


Alat Musik Kolintang

Sebagai alat musik yang datang dari Sulawesi Utara. Peranan awalnya kolintang digunakan untuk mengiringi upacara ritus tradisi yang terkait dengan penghormatan arwah nenek moyang.


Kolintang terbagi dalam beberapa potongan kayu enteng yang diatur di atas rack kayu. Alat musik tradisional ini dimainkan dengan dipukul dengan pemukul kayu khusus.


Umumnya kolintang tidak dimainkan sendiri, tetapi secara barisan. Luar biasanya, pada 2009 permainan kolintang secara massal sukses pecahkan rekor dunia. Saat itu kolintang dimainkan 1.223 orang dengan kecocokan permainan yang serasi.


Sekarang ini peranan alat musik kolintang berubah ke industri inovatif. Alat musik ciri khas Indonesia ini berubah jadi pendamping tari, lagu, sampai orkestra.


Alat Musik Tradisional Sasando

Menurut pembicaraan warga tradisi, sasando sudah digunakan di Rote (Nusa Tenggara Timur) semenjak era ketujuh. Sasando sebagai salah satunya alat musik tradisional ciri khas Indonesia yang berbentuk dawai dan dimainkan dengan diambil.


Berdasar susunan suara sasando dibagi jadi dua tipe, yaitu sasando gong dan sasando biola. Sepintas tipe suara yang dikeluarkan sasando serupa dengan gitar, biola, harpa, dan alat musik dawai yang lain.


Hal unik dari sasando adalah sisi khusus berupa tabung panjang dari bilah bambu. Karena keunikannya itu, sasando menjadi satu diantara alat musik tradisional ciri khas Indonesia yang diusulkan memperoleh penghargaan UNESCO.


Gamelan

Gamelan sebagai kombinasi dari beberapa alat musik tradisional ciri khas Indonesia yang dimainkan secara bertepatan. Gamelan sebagai alat musik tradisional Indonesia yang terbagi dalam gong, kenong, gambang, saron, celempung, dan alat musik pengiring yang lain.


Gamelan sendiri terkenal di Pulau Jawa dan Bali, ada gamelan Sunda, gamelan Jawa, dan gamelan Bali. Tidak cuman di Indonesia, gamelan sudah lama dikenali di ajang internasional. Bahkan juga beberapa negara, seperti Amerika Serikat, Inggris, Australia, dan Kanada mengadakan pengajaran seni gamelan.


Gamelan sudah masuk sebagai alat musik yang dianggap UNESCO semenjak 2014. Dalam falsafah warga Jawa, harmonisme irama musik gamelan menyimbolkan kesesuaian hidup. Kabarnya, dahulunya gamelan digunakan untuk panggil dewa-dewa yang kuasai dataran Jawa.


Demikian artikel tentang musik tradisional khususnya contoh alat musik tradisional yang digunakan untuk mengiringi tari adalah. Semoga bermanfaat, salam sukses.


Tags: sejarah musik tradisional, musik tradisional nusantara adalah, alat musik tradisional, fungsi musik tradisional dalam kegiatan ritual adalah sarana, contoh musik tradisional dan asalnya, fungsi musik tradisional adalah, contoh musik tradisional, pengertian musik tradisional