Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Apa Langkah Awal Membuat Patung Dengan Teknik Konstruksi

Daftar Isi [Lihat]

Apa langkah awal membuat patung dengan teknik konstruksi ~ Langkah-langkah membuat patung agar terlihat sempurna ialah sebagai berikut.


Apa Langkah Awal Membuat Patung Dengan Teknik Konstruksi
Apa Langkah Awal Membuat Patung Dengan Teknik Konstruksi


Keyword: teknik membuat patung, contoh bahan yang dapat dipahat dalam pembuatan patung adalah, sebutkan bahan-bahan yang dapat digunakan untuk membuat patung, pada teknik membutsir bahan patung yang cocok digunakan adalah


Pengertian Patung Kontruksi




Apa itu patung konstruksi? patung konstruksi ialah membuat patung dgn langkah membuat bahan, baik dgn rangka atau tanpa rangka. Langkah membuatnya bisa direkatkan dgn lem, dilepa, di las/dipatri. Bahan yang dipakai berbentuk semen, kawat,plastisin,bubur kertas,atau bahan sisa.


Langkah pembuatan konstruksi patung adalah? Suatu proses pembuatan patung seni rupa tiga dimensi yang dapat dibuat dari semua segi. Membuat patung ialah aktivitas seni yang cukup susah.

 

 Apa saja bahan dapat dijadikan patung dengan teknik konstruksi? Ada banyak material dasaryang diperlukan, sebutkan bahan-bahan yang dapat digunakan untuk membuat patung tanah liat, kayu, gipsum, logam dan lain sebagainya.


Langkah Awal Membuat Patung Teknik Konstruksi

  • tentukan tema
  • buat sketsa
  • siapkan bahan
  • lakukan step by step (sesuai tema)
  • amati lalu simpulkan


Langkah-Langkah Membuat Patung Dari Tanah

Berikut ialah beberapa langkah membuat patung dari tanah liat diantaranya:

  1. Tempatkan tanah liat pada meja putar atau papan
  2. Selanjutnya wujud dengan pijat berlahan sampai terciptanya rangka yang belum jadi
  3. Bila tanah liatnya kurang dapat lebih sedikit-dikit, bila terlalu berlebih dapat di turunkan
  4. Wujud dikit demi sedikit dengan memakai sudip, dimulai dari hidung, mata, dan sisi yang lain
  5. Sempurnakan dengan kontribusi alat butsir
  6. Sentuhan paling akhir ialah pembangunan detil dan dilumatkan


Setelah kita mengeathui apa langkah awal membuat patung dengan teknik konstruksi. Selanjutnya kita akan membahas mengenai teknik-teknik yang digunakan dalam pembuatan patung.


Teknik Membuat Patung

Apa saja teknik membuat patung? Berikut penjelasan beberapa jenis teknik membuat patung.


Teknik Butsir

Butsir adalah sebagai salah satunya teknik pembikinan patung dengan langkah kurangi bahan lunak seperti tanah liat, gips malam dan bahan yang berstruktur lunak yang lain hingga terbentuk kreasi patung yang mempunyai nilai seni.


Apa Langkah Awal Membuat Patung Dengan Teknik Konstruksi
Apa Langkah Awal Membuat Patung Dengan Teknik Konstruksi


Teknik Modeling

Fashion atau modeling sebagai teknik dalam membuat patung dengan langkah membuat mode lebih dulu dan kemudian dibuat patung sebetulnya.


Teknik Merakit

Teknik ini nyaris serupa dengan permainan puzzle, yakni dengan langkah membuat material dasar patung selanjutnya menyusunnya.


Teknik Cor

Teknik ini umumnya dipakai di proses pembikinan patung dengan material dasar logam. Pembikinan dimulai dengan memanasi logam sampai mencair selanjutnya dituangkan dalam cetakan patung yang sudah dibuat rupa patungnya.


Teknik Membentuk

Teknik ini sebagai teknik pembikinan patung dengan langkah membuat patung dengan bertahap hingga terbentuk patung yang diharapkan. Dalam teknik ini lebih memerlukan kecermatan dari senimannya.


Tapi kualitas patung yang didapat umumnya lebih baik karena memakai hati atau perasaan dalam membuatnya.


Teknik Pahat

Teknik pahat umumnya dilaksanakan di proses pembikinan patung dengan material dasar keras. Contoh bahan yang dapat dipahat dalam pembuatan patung adalah seperti kayu, tulang, batu ganit, batu granit dan material dasar yang berstruktur keras yang lain dengan langkah kurangi beberapa bagian tertentu pada material dasar sampai membuat patung yang diharapkan.


Demikian artikel mengenai apa langkah awal membuat patung dengan teknik konstruksi, semoga bermanfaat. Salam sukses, terimakasih.